Follow Us

Parah! Jual Beli Foto Selfie Pegang KTP di Facebook Cuma Seharga Kopi

None - Jumat, 25 Juni 2021 | 20:45
Arti NIK KTP
kompas

Arti NIK KTP

Nextren.com - Kebocoran data masyarakat di lembaga Indonesia, baik swasta maupun pemerintahan sudah sering terungkap.

Jika ada yang terungkap di publik, tentu ada lebih banyak lagi data yang bocor dan beredar secara ilegal, tanpa diketahui masyarakat.

Data kartu tanda penduduk (KTP) warga negara Indonesia berikut foto selfie pemiliknya ternyata banyak diperjualbelikan di media sosial seperti Facebook.

Hal ini dilaporkan oleh akun Twitter dengan handle @recehvasi, baru-baru ini.

Baca Juga: Cara Registrasi Akun Aplikasi Bank Jago, Cukup Modal KTP Doang!

Melalui sebuah kicauan, akun @recehvasi menyertakan sebuah tangkapan layar dari sebuah grup Facebook yang menawarkan jasa jual-beli data dan foto selfie KTP.

"Data dan fotomu bisa dijual oleh orang-orang tidak bertanggungjawab. WASPADALAH!" demikian twit @recehvasi.

Berdasarkan penelusuran, ternyata praktik jual beli foto selfie pegang KTP ini sudah marak, kebanyakan penjual menawarkan data KTP dan foto selfie di grup-grup Facebook.

Pengguna Facebook bisa dengan mudah mencari penawaran ini.

Mereka bisa dengan mudah menemukan grup-grup Facebook yang menjual data-data foto selfie pegang KTP, hanya dengan melakukan pencarian di dengan kata kunci "jual KTP", "ready KTP", atau "jual selfie KTP".

Makin serem nih mendengar fakta bahwa data-data kita bisa saja beredar secara ilegal di internet. Yuk simak informasi lebih jauh di halaman berikutnya.

Misalnya, kami menemukan sebuah grup Facebook yang anggota/komunitasnya menjual data KTP dan foto selfie tersebut, seperti yang terlihat dalam tangkapan layar di bawah ini.

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya

Latest