Follow Us

Kembangkan Desa Digital, XL Axiata Donasikan 100 Laptop, Internet dan Pelatihan ke 12 Pesantren

Wahyu Subyanto - Selasa, 04 Mei 2021 | 17:20
Ilustrasi Bekerja di Depan Laptop
FREEPIK

Ilustrasi Bekerja di Depan Laptop

Nextren.com - Dewasa ini akses internet seakan menjadi hal wajib agar masyarakat belajar dan berkembang. Sebagai sumber ilmu dan segudang layanan, internet wajib diakses hingga ke daerah, termasuk pondok pesantren.

Operator XL Axiata menyalurkan donasi 100 unit laptop dan sarana akses internet untuk 12 pondok pesantren di sejumlah daerah, sebagai program pengembangan “Desa Digital” yang diinisiasi sejak 2020.

XL Axiata memandang pesantren merupakan komunitas yang memiliki potensi sebagai penggerak ekonomi di pedesaan.

Dengan donasi laptop dan sarana akses internet, XL Axiata berharap para santri bisa meningkatkan literasi digitalnya sehingga bisa mendorong dan membimbing masyarakat pedesaan ikut memanfaatkan sarana digital secara produktif.

Baca Juga: Inilah 3 Laptop Gaming Terbaru dengan GPU Nvidia RTX 30 Series

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Republik Indonesia, Mohammad Mahfud MD dan Presiden Direktur & CEO XL Axiata, Dian Siswarini hadir secara daring dalam acara penyerahan donasi, Selasa (4/5). Menurut CEO XL Axiata, Dian Siswarini, salah satu fokus pemberdayaan masyarakat yang digagas adalah mendigitalkan masyarakat Indonesia.

Saat ini kalangan pesantren menjadi target untuk menerima program peningkatan literasi digital agar bisa menjadi penggerak ekonomi digital di pedesaan. Diharapkan akan tumbuh generasi di pedesaan yang lebih siap menghadapi tantangan ke depan.

Menurut Dian, kehadiran teknologi digital di tengah-tengah masyarakat merupakan bagian dari gerak zaman, yang tidak bisa dihindari. Tidak mungkin dilawan atau dihentikan.

Agar kita tidak terlindas, maka yang bisa kita lakukan adalah menyesuaikan diri dan memanfaatkannya agar membawa kebaikan bagi kita.

Ke-12 pondok pesantren yang menerima donasi laptop adalah:1. Ponpes Al-Huda, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah2. Ponpes Ummul Quro’ Assuyuty, Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur3. Ponpes Al Mardliyyah, Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur4. Ponpes Al Huda, Malang Jawa Timur5. Ponpes Al Falah, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah6. Ponpes Al Ikhsan, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah7. Ponpes Raudlatul Ulum, Kabupaten Malang, Jawa Timur8. Ponpes Al Utsmaniyah, Kabupaten Bogor, Jawa Barat9. Ponpes Al Ashr, Kabupaten Bogor, Jawa Barat10.Ponpes Bina Ilmi, Kabupaten Musi Banyuasin, Sumatera Selatan11.Ponpes Insan Quran Mulia, Nusa Tenggara Barat12.Ponpes Al Ishlah, Gorontalo

Baca Juga: Inilah 3 Laptop Gaming Terbaru dengan GPU Nvidia RTX 30 Series

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya

Latest