Follow Us

Begini Cara Memilih Monitor Gaming Lewat 7 Hal Penting, Prosesor Kencang Saja Tak Cukup

Wahyu Subyanto - Rabu, 18 Maret 2020 | 20:35
MSI Curved Gaming Monitor
MSI

MSI Curved Gaming Monitor

Nextren.com - Seorang gamer perlu mengetahui beberapa faktor utama agar gaming experience atau pengalaman saat bermain game selalu optimal dan menyenangkan.

Selain pemilihan game yang cocok dengan selera, ‘wajib hukumnya’ performa sistem komputer/PC gaming yang digunakan layak atau mumpuni untuk menjalankan game-game pilihannya.

Selain performa sistem yang terkait dengan pemilihan jenis prosesor (CPU), graphic card, RAM, dan storage, masih ada satu hal yang tidak kalah pentingnya yang perlu dicermati seorang gamer yakni monitor, dalam hal ini monitor gaming.

Monitor gaming bukan hanya penting bagi pengguna PC, tapi juga bagi penting bagi pengguna konsol (PlayStation atau Xbox) sebagai perangkat output visualnya.

Baca Juga: Operator Tri Indonesia Pakai Teknologi Massive MIMO 32T32R, Gaming Diklaim Lancar di Jam Sibuk

Meskipun mobile device, seperti smartphone (83%) telah menjadi platform favorit gamer di Indonesia, platform PC/laptop (45%) dan game console (18%) masih cukup signifikan digunakan di Indonesia.

Ini dapat menjadi indikasi jika pasar monitor gaming di Indonesia masih akan terus berkembang sejalan dengan perkembangan industri game di Indonesia.

Meskipun ada sedikit unsur subjektivitas dalam hal merek, desain, dan unsur selera lain, namun ada panduan atau batasan jelas yang harus diperhatikan dalam memilih monitor gaming ideal bagi seorang gamer.

Agar tidak salah memilih monitor gaming, ada beberapa istilah penting yang perlu diketahui seorang gamer, yaitu Resolusi, Refresh Rate, Response time, Adaptive Sync, Jenis Panel, Color Gamut, dan Dukungan Konektor.

Baca Juga: Hape Gaming Xiaomi Black Shark 3 5G Akan Dilengkapi Baterai 5.000 mAh dan Fast Charging 65W

Belum mengerti istilah-istilah penting untuk monitor gaming itu? Berikut ini penjelasannya.

1. Resolusi

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya

Latest