Follow Us

Jadi Negara Mitra Resmi, Indonesia Bakal Lakukan Ini di Hannover Messe 2021

Yussy Maulia - Selasa, 22 Desember 2020 | 15:55
Indonesia kembali menjadi Official Partner dalam pagelaran Hannover Messe 2021 mendatang.
Dok. Kemenperin

Indonesia kembali menjadi Official Partner dalam pagelaran Hannover Messe 2021 mendatang.

HAI-Online.com – Indonesia siap menjadi negara mitra resmi (official partner country) di ajang bergengsi Hannover Messe yang akan digelar pada April 2021.

Hannover Messe merupakan pameran berskala internasional yang rutin diadakan setiap tahun di Jerman. Meski demikian, acara ini sempat tertunda akibat pandemi di sepanjang 2020.

Adapun acara itu memamerkan aneka inovasi startup, teknologi informasi (IT), robotika, energi, kendaraan listrik, dan produk teknologi lainnya.

Keikutsertaan Indonesia dalam ajang tersebut menjadi peluang bagi Indonesia untuk memperkenalkan kekuatan teknologi industri 4.0 serta mendorong terjalinnya hubungan dengan jejaring rantai suplai global.

Baca Juga: Keren! Indonesia Siap Pamerkan Kekuatan Industri di Hannover Messe 2021

Direktur Jenderal Ketahanan, Perwilayahan dan Akses Industri Internasional (KPAII) Kemenperin Dody Widodo mengungkapkan, kesempatan ini harus dimanfaatkan sebaik-baiknya.

“Tentunya hal ini berperan penting dalam memperkuat hubungan bilateral dan kerjasama ekonomi Indonesia dengan Jerman, tidak hanya terbatas pada perdagangan, investasi dan industri saja, tetapi juga akan menyentuh pada dimensi pembangunan berkelanjutan (sustainability development),” ujar Dody melalui keterangan tertulis, Selasa (15/12//2020).

Sejalan dengan tema Hannover Messe 2021 “Industrial Tranformation”, Indonesia membawa misi utama yaitu untuk mempromosikan roadmap Making Indonesia 4.0 dengan tagline “Connect to Accelerate”.

Menurut Dody, tagline tersebut menjadi sebuah strategi branding yang menggambarkan ajakan dan undangan kepada semua pemangku kepentingan, seperti lembaga pemerintah, industri, dan investor, baik dalam maupun luar negeri.

Baca Juga: Jadi 'Kid Of The Year' Majalah TIME, Berikut Penemuan Ilmuwan Muda Gitanjali Rao: Salah Satunya Teknologi Pendeteksi Cyberbullying

Cara tersebut diharapkan dapat membangun kolaborasi untuk mempercepat dan memperkuat pertumbuhan industri Indonesia melalui penerapan teknologi industri 4.0.

Adapun 7 sektor prioritas dari Making Indonesia 4.0 yang akan dipamerkan melalui Hannover Messe 2021, yakni makanan dan minuman, tekstil dan busana, otomotif, elektronik, kimia, farmasi dan peralatan medis.

Editor : Hai

Latest