Follow Us

Indonesia Siap Raih Peluang Sebagai Negara Mitra Resmi di Hannover Messe 2021

Yussy Maulia - Selasa, 22 Desember 2020 | 15:55
Indonesia kembali menjadi Official Partner dalam pagelaran Hannover Messe 2021 mendatang.
Dok. Kemenperin

Indonesia kembali menjadi Official Partner dalam pagelaran Hannover Messe 2021 mendatang.

HAI-ONLINE.com – Menyambut Hannover Messe 2021, Presiden Joko Widodo mengarahkan bahwa Indonesia siap hadir sebagai negara mitra resmi atau official partner country.

Hannover Messe sendiri merupakan pameran teknologi industri manufaktur berskala internasional yang rutin diadakan setiap tahun di Jerman.

Keterlibatan Indonesia di Hannover Messe pun menjadi peluang besar bagi Tanah Air untuk menunjukkan kemampuannya di mata dunia dalam bertransformasi menuju industri 4.0.

Direktur Jenderal Ketahanan, Perwilayahan dan Akses Industri Internasional (KPAII) Kemenperin Dody Widodo turut mengungkapkan, ajang ini bisa menjadi momen untuk membangun kolaborasi industri secara global.

Baca Juga: Keren! Indonesia Siap Pamerkan Kekuatan Industri di Hannover Messe 2021

“Tentunya hal ini berperan penting dalam memperkuat hubungan bilateral dan kerjasama ekonomi Indonesia dengan Jerman. Tidak hanya terbatas pada perdagangan, investasi, dan industri saja, tetapi juga akan menyentuh pada dimensi pembangunan berkelanjutan (sustainability development),” ujar Dody melalui keterangan tertulis, Selasa (15/12//2020).

Sejalan dengan tema Hannover Messe 2021 “Industrial Tranformation”, Indonesia membawa misi utama yaitu untuk mempromosikan roadmap Making Indonesia 4.0 dengan tagline “Connect to Accelerate”.

Menurut Dody, tagline tersebut menjadi sebuah strategi branding yang menggambarkan ajakan dan undangan kepada semua pemangku kepentingan, seperti lembaga pemerintah, industri, dan investor, baik dalam maupun luar negeri.

Pada acara itu, Indonesia juga akan fokus pada pembahasan soal pemulihan ekonomi pascapandemi dan penambahan industri farmasi dan alat kesehatan (alkes) ke dalam sektor prioritas.

Baca Juga: Kisah Inspiratif Moorissa Tjokro: Insinyur Muda Indonesia di Balik Teknologi Autopilot Mobil Tesla

Hal tersebut dilakukan untuk menunjukkan resilience atau kemampuan industri Indonesia untuk bertahan selama krisis, serta keterbukaan Indonesia dalam kerjasama relokasi serta pengembangan rantai suplai global.

Dody pun turut menyampaikan dukungannya bagi para pelaku industri di Indonesia, serta Kementerian dan lembaga terkait untuk ikut menyukseskan partisipasi Indonesia dalam Hannover Messe 2021.

“Hal ini penting untuk membawa pesan kuat national branding, dimana akan menunjukkan Indonesia sebagai salah satu kekuatan baru perekonomian dunia, serta pemain manufaktur global dengan visi misi yang jelas dan terarah,” ungkap Dody.

Editor : Hai

Latest