Follow Us

6 Perbedaan WhatsApp Business dan WhatsApp Messenger yang Mencolok

Hesti Puji Lestari - Sabtu, 20 Januari 2018 | 16:00
Perbedaan WhatsApp Business dan WhatsApp Messenger
Eyosis

Perbedaan WhatsApp Business dan WhatsApp Messenger

Laporan Wartawan Nextren, Hesti Puji Lestari

Nextren.grid.id - WhatsApp memang sedang booming dalam beberapa tahun terkahir ini.

Pasalnya, pasca dibeli oleh Mark Zuckerberg beberapa waktu lalu, aplikasi chatting ini berkembang makin pesat dan luar biasa.

Ya, beberapa fitur baru yang menarik juga telah diselipkan di aplikasi ini.

Fitur tersebut antara lain WhatsApp Story, Enkripsi End-to-End, Live Location, dan masih banyak lagi.

Hal ini tentu saja menambah variasi penggunaannya selain hanya untuk saling bertukar pesan teks, auido, video, dan data penggunanya.

(BACA: Facebook Ajak Penggunanya Interaksi Sosial yang Lebih Bermanfaat)

Namun, kesuksesan WhatsApp seolah tak membuat perusahaan berhenti berinovasi.

Pasalnya, kini adapula WhatsApp Business yang bisa digunakan oleh pelaku jual beli online dalam memasarkan dan membeli sebuah produk.

Pada dasarnya, antara WhatsApp Business dan WhatsApp Messenger memiliki beberapa perbedaan.

Nah, buat kamu yang penasaran dengan perbedaan apa saja yang ada pada kedua aplikasi ini, tim Nextren punya informasinya buat kamu.

(BACA: Mirip Samsung Galaxy S9, Meizu M6S Harganya Jauh Lebih Murah)

1. Logo

Antara WhatsApp Messenger dengan WhatsApp Business memang sedikit memiliki perbedaan logo.

Meski keduanya membawa warna dasar yang sama yaitu hijau, tapi keduanya berbeda.

WhatsApp Messenger memiliki gambar telepon di logonya, sedangkan WhatsApp Business mengusung huruf B sebagai gambar logonya.

2. Nomor telepon

Jika WhatsApp Messenger hanya menghendaki nomor hape penggunanya, lain pula WhatsApp Business.

Aplikasi ini, memberikan kamu kemudahan dengan mendaftarkan nomor hape, nomor telepon rumah, ataupun nomor kantor.

Jadi, nggak melulu cuma nomer hape kan?

3. Cek statistik

Seperti aplikasi jual beli pada umumnya, kamu juga bisa melihat statistik aplikasi WhatsApp Business ini nih.

Statistik tersebut berkaitan dengan jumlah pesan dikirim, jumlah pesan diterima, jumlah pesan tersampaikan, dan jumlah pesan dibaca.

Hal ini bisa memonitor sirkulasi bisnismu, apakah sudah maksimal atau belum.

4. Label

Hesti

Hal ini juga tak dimiliki oleh WhatsApp Messenger.

Pasalnya, sebagai salah satu alat bisnis, WhatsApp Business memiliki fitur Label yang bisa kamu gunakan untuk mengetahui pesananmu.

Jadi, mirip kayak Lazada, Bukalapak, dan Shopee gitu kan ya?

(BACA: Samsung Galaxy S9 dan Samsung Galaxy S8, Mana yang Lebih Baik?)

5. Setelan bisnis

Hesti

WhatsApp Business juga memiliki setelan yang menunjang aktifitas bisnis kamu loh.

Kamu bisa melihat statistik, kemudian menyetel pesanan diluar jam kerja, mengucapkan salam otomatis kepada calon pembeli, bahkan, membalas chat dengan kalimat yang telah di default.

Balas cepat ini memungkinkan pembelimu untuk tetap mendapat respon meski saat itu kamu sedang tak bisa meresponnya.

Canggih nggak?

6. Tak bisa ganti nomor

Tak seperti WhatsApp Messenger, di mana nomor yang terdaftar bisa kamu ubah sesuka hati.

WhatsApp Bussines tak mengizinkan hal tersebut.

Pasalnya, jika kamu masuk ke menu ganti nomor maka kamu akan disuguhi notification seperti ini:

Hesti

(*)

Editor : Kama

Baca Lainnya

Latest