Laporan wartawan Nextren, Fahmi Bagas
Nextren.com - Pola belanja masyarakat Indonesia sudah menunjukkan pergeseran cukup pesat.
Para konsumen saat ini dilaporkan banyak beralih ke platform digital.
Kondisi pandemi yang membatasi aktifitas warga kurang lebih 8 bulan pun menjadi alasannya.
Baca Juga: Inilah 3 Hal yang Bisa Dilakukan Agar Sukses Bisnis Online Saat Pandemi
Sama halnya dengan calon pembeli, saat ini penjual pun mencoba peruntungannya dengan memanfaatkan platform e-commerce.
Data idEA mencatat kalau selama periode dari bulan Juni hingga November 2020, ada sekitar 3,2 juta UMKM yang sekarang sudah melenggang secara online.
Namun dari adanya tersebut, tentunya terdapat sebuah masalah yakni persaingan ketat.
Hal itu pun disampaikan oleh Haikal Bekti Anggoro, selaku SVP Traffic Operations & Seller Engagement Lazada Indonesia, pada acara virtual hari Jumat (27/11).
Haikal mengatakan kalau saat ini di Lazada sudah banyak bermunculan merchant-merchant UMKM baru.
Lebih lanjut, salah satu pengisi acara yakni Aseel Abri, sebagai pebisnis UMKM pun menyampaikan tipsnya agar bisa mendapatkan pelanggan.