Follow Us

Anggaran Militer China 15 Kali Lipat, Taiwan Hanya Bisa Bertahan 2 Minggu Jika Perang dengan China

None - Jumat, 06 November 2020 | 20:42
Dua kapal perang jenis Destroyer milik China saat melakukan latihan
kontan

Dua kapal perang jenis Destroyer milik China saat melakukan latihan

Nextren.com - Seorang jenderal Taiwan mengungkapkan, negaranya pallng mentok bertahan dua minggu jika terjadi perang melawan China di kawasan selat.

Letnan Jenderal Yeh Jen-wen, perwira angkatan laut selama 32 tahun memberikan peringatan kepada Presiden Tsai Ing-wen agar "tak bermain dengan api".

Dikutip China Review, Dia menyoroti kebijakan pemerintahan Tsai yang meningkatkan belanja senjata dengan Amerika Serikat ( AS).

Salah satunya adalah pembelian sistem rudal Harpoon senilai 2,37 miliar dollar AS, atau sekitar Rp 34 triliun, dilansir Newsweek Rabu (4/11/2020).

Baca Juga: Ketua ICMI Minta Indonesia Waspadai Ancaman Perang Dunia Ketiga, Setelah Melihat Tanda Ini

Kemudian pada Selasa (3/11/2020), Kementerian Luar Negeri AS menyetujui penjualan empat drone Reaper dengan harga 600 juta dollar AS (Rp 8,6 triliun).

Ini merupakan transaksi jual beli senjata kesepuluh yang terjadi antara Taiwan dengan AS sejak Presiden Donald Trump berkuasa pada 2017.

Berdasarkan UU Relasi Taiwan, Washington berkewajiban untuk menyediakan senjata yang membuat pulau itu bisa mempertahankan diri.

Tetapi berdasarkan argumentasi Yeh, rudal Harpoon yang bisa menjangkau jarak hingga 241 kilometer bisa dianggap senjata agresif.

"Pembelian terbaru terhadap Harpoon jelas mengancam kapal induk milik China dan upaya mereka untuk mengakses kawasan Pasifik," kata dia.

Mantan wakil komandan di angkatan laut itu menuturkan, pemerintahan Tsai dan Trump secara sengaja sudah "memprovokasi" Beijing.

Yeh mengeklaim jika Harpoon itu sampai didatangkan dan dipasang di lepas pantai, "Negeri Panda" jelas bakal bertindak karena mereka merasa terancam.

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya

Latest