Follow Us

Masih Galau Pengin Nokia 2, Simak 6 Nilai Lebihnya Biar Tetap Pede

Wahyu Subyanto - Selasa, 16 Januari 2018 | 17:01
Kelemahan Nokia 2
Kompas Tekno

Kelemahan Nokia 2

Laporan wartawan Nextren, Wahyu S.Nextren.grid.id-Nokia 2 masih menjadi pembicaraan setelah launching resminya minggu lalu.Tentu saja banyak orang membandingkan dengan Xiaomi Redmi 5A yang sedang heboh itu.Secara spek, Nokia 2 memang terlihat ketinggalan dibanding smartphone lain sekelasnya di harga Rp 1,5 juta.Pasalnya, di bawah Rp1,5 juta, masih banyak pilihan smartphone lain yang lebih kencang.Saat ini, Nokia 2 sehagra Rp1.5 juta ini bisa dibeli eksklusif di JD.id.

Sementara di toko-toko baru akan tersedia tanggal 30 Januari 2018.

(BACA : 5 Kelebihan dan Kelemahan Nokia 2, Apakah Layak Dibeli? )Spek utama dari Nokia 2 yang baru dipasarkan adalah layar 5.0 inci IPS resolusi 1,280 x 720 pixel; Kamera belakang 8MP, LED flash; Kamera depan 5MP; OS Android 7.1.1 Nougat; Chipset Qualcomm Snapdragon 212 quad-core 1.3GHz; Memori RAM 1GB; internal 8GB; dedicated microSD slot, dan baterai 4,100mAh Li-Ion; 4G LTE, GPS; radio FM.Namun, apapun itu umumnya ada keunggulan tertentu dari sebuah smartphone.Apalagi, ini produk dari Nokia, sebuah merek perintis smartphone yang pernah merajai pasar hape dunia.

Mereka punya segudang pengalaman dalam membuat sebuah smartphone.Paling tidak ada beberapa nilai lebih dari Nokia 2 yang bisa dijagokan.

(BACA : Ini 6 Alternatif Android Selain Nokia 2, Harga Sama Kinerja Beda )Jadi bagi kamu yang masih galau ingin punya Nokia 2 tapi khawatir dengan kualitasnya, bisa lebih tenang dan pede.Menurut Lucky Sebastian, seorang pengamat teknologi gadget, ada sejumlah kelebihan yang dimiliki oleh Nokia 2.1. Bodi kokohMeski tergolong kelas pemula, frame Nokia 2 terbuat dari aluminum utuh yang dipotong sesuai desainnya (carving).Hal ini membuat bodinya kokoh, bahkan saat diuji ketahanannya oleh tester Youtube terkenal JerryRigEverything, bodinya tahan dibengkokkan.2. Layar bagusLayar Nokia2 sudah menggunakan LTPS IPS LCD yang punya kontras dan kecerahan yang bagus.Layarnya juga sudah berlapis Corning Gorilla Glass.Di bawah terik matahari, layarnya tampil lebih nyaman dilihat dengan tingkat pantulan cahaya yang rendah.

3. Android Murni Nokia 2 ini berbasis Android murni (Pure Android), jadi tampilannya murni dari Google tanpa antarmuka khusus.Begitu pula aplikasi bawaan (bloatware) yang juga minim.Keuntungan smartphone dengan Android murni adalah lebih ringan dimainkan, serta mendapatkan update lebih cepat untuk kemanan dan update OS.Dijanjikan akan didukung selama 2 tahun, maka Nokia 2 ini besar kemungkinan akan mendapatkan update ke Android 8.0 Oreo, atau bahkan Android versi berikutnya.4. Memori internal dan microSD MenyatuNokia 2 ini berbasis Android murni (Pure Android) tanpa tambahan antarmuka tertentu. Smartphone Android murni punya kelebihan bisa menyatukan antara memori internal dan memori microSD.Hal itu bisa dinikmati sejak Android 6.0 Marshmallow.Artinya, meski memori internalnya cuma 8GB, begitu kamu menaruh microSD 32GB, maka memorinya akan menjadi 40GB, karena dianggap satu.

Artinya lagi, semua aplikasi atau game yang diinstal bisa diinstall di memori total yang 40GB tersebut.Selain itu, Android murni memungkinkan untuk menyimpan foto dan video secara online (cloud) tanpa batasan penyimpanan (unlimited).5. Baterai awetNokia mengklaim baterainya bisa bertahan selama 2 hari, dan hal itu tentu harus dilihat seperti apa pemakaiannya. Menurut Lucky, hasil benchmark ketahanan baterai Nokia2 dengan aplikasi PCMark 2.0 dengan kecerahan layar 200 lux, adalah hampir 12 jam. Sebagai data pembanding, skor PCMark 2.0 untuk Xiaomi MiA1 adalah 7 jam 38 menit, Vivo V7+ 9 jam 49 menit, dan Asus Zenfone 4 Selfie Pro adalah 6 jam 40 menit.6. IP rating 52Ternyata Nokia 2 punya rating IP52, artinya tahan debu dan tetesan air, jadi tak usah khawatir kalau terkena gerimis atau cipratan air.Melihat semua kelebihannya itu, Nokia 2 memang kurang cocok bagi mereka yang menyukai kecepatan dan bisa dipakai banyak aplikasi sekaligus (multitasking).Nokia 2 lebih cocok bagi mereka yang suka smartphone praktis, kuat dan baterainya awet. (*)

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya

Latest