Follow Us

Susul Eropa, India Tetapkan USB C jadi Standar Port pengisian daya

Maulani Mulianingsih - Senin, 02 Januari 2023 | 21:30
Port Pengisian Daya USB Type C
Business Insider

Port Pengisian Daya USB Type C

Nextren.com - Susul Eropa, kini India juga tetapkan peraturan untuk mengadopsi USB Type C sebagai standar port daya pengisian.

Peraturan tersebut akan ditetapkan oleh India mulai bulan Maret 2025, artinya mulai dari bulan Maret sudah tidak ada lagi pengisian yang menggunakan port lain, harus USB Type C semua.

Peraturan ini mengikuti undang-undang serupa yang disahkan di Uni Eropa, yang mewajibkan menggunakan pengisian daya USB-C.

Hal tersebut berlaku bukan hanya untuk smartphone saja tetapi juga perangkat lainnya yang dijual di Uni Eropa.

Peraturan di Uni Eropa lebih cepat berlaku dibandingkan di India, Uni Eropa akan menerapkan peraturan tersebut mulai 28 Desember 2024.

Baca Juga: YouTuber ini Ganti Port Lightning di Case AirPods dengan Port USB-C, Begini Wujudnya!

Uni Eropa juga memutuskan untuk menetapkan aturan tersebut sebagai langkah untuk memerangi limbah elektronik.

Menurut Parlemen Eropa, terdapat 11.000 ton limbah elektronik setiap tahun yang dihasilkan dari pembuatan port pengisian daya tersebut.

Penetapan peraturan penggunaan USB C akan membantu menghemat hingga 250 juta euro per tahun.

Mengikuti Eropa, India tengah menjajaki kemungkinan memberlakukan pengisi daya standar untuk perangkat yang dapat dikenakan seperti smartwatch.

Dilansir dari The Verge, Rohit Kumar Singh, Sekretaris Departemen Urusan Konsumen India, mengatakan pemerintah India akan menghadirkan dua jenis port pengisian daya yang umum untuk ponsel dan perangkat elektronik yang lain.

Source : The Verge

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya

Latest