Follow Us

WhatsApp Siapkan Fitur Foto dan Video yang Bisa Terhapus Otomatis

None - Jumat, 25 September 2020 | 19:30
WhatsApp menawarkan tombol khusus untuk memungkinkan pengguna mengaktifkan fitur Expiring Media
(WaBetainfo)

WhatsApp menawarkan tombol khusus untuk memungkinkan pengguna mengaktifkan fitur Expiring Media

Nextren.com - Selain pesan teks yang bisa terhapus sendiri, WhatsApp belakangan dikabarkan turut menyiapkan fitur untuk menghapus konten media seperti foto, video, dan animasi GIF secara otomatis.

Keberadaan fitur bernama "Expiring Media" itu diungkap oleh situs WABetaInfo yang mengatakan bahwa WhatsApp akan menambahkannya ke aplikasi beta versi 2.20.201.1.

Nantinya, fitur ini bakal bisa diaktifkan lewat tombol khusus di kolom penulisan caption untuk gambar yang hendak dikirim.

Baca Juga: Ini Jadwal Realme UI 2.0 Resmi Dirilis dan Daftar Seri yang Bisa Upgrade!

Foto atau video yang terkirim kemudian akan terhapus secara otomatis saat lawan bicara meninggalkan jendela chatsetelah melihatnya.

Sebuah penanda khusus dibubuhkan ke gambar untuk memberitahukan penerima bahwa media tersebut bakal terhapus secara otomatis.

Disebutkan pula bahwa tidak ada opsi timer untuk mengatur waktu penghapusan, karena gambar benar-benar akan menghilang tanpa jejak saat keluar dari chat. Tak ada pesan berbunyi "This media is expired" seperti jika pesan dihapus ecara manual.

Baca Juga: Twitter Uji Coba Fitur Baru, Orang Harus Baca Artikel Dulu Sebelum Retweet

Bedanya, konten yang terhapus otomatis di Instagram berlaku untuk percakapan di grup, sementara Expiring Media WhatsApp adalah untuk percakapan pribadi. Belum diketahui kapan fitur Expiring Media akan mulai disalurkan ke aplikasi WhatsApp.

Bulan lalu, layanan pesan instan ini juga diketahui sedang menyiapkan "Expiring Messages" fitur pesan teks yang bisa terhapus otomatis setelah jangka waktu tertentu.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "WhatsApp Siapkan Fitur Foto dan Video yang Bisa Terhapus Otomatis"Penulis : Putri Zakia Salsabila

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya

Latest