Follow Us

Huawei Diblokir AS, Samsung Menangkan Proyek Jaringan 5G Operator Seluler Verizon Senilai Rp 839 miliar

Wahyu Subyanto - Senin, 07 September 2020 | 19:41
Ilustrasi Samsung 5G vRAN.
Dok. Samsung

Ilustrasi Samsung 5G vRAN.

Nextren.com - Di tengah upaya pemblokiran perusahaan China di Amerika Serikat, perusahaan raksasa teknologi lain langsung mendapat berkahnya.

Termasuk dalam persaingan untuk menggelar jaringan 5G di AS, yang sebelumnya didominasi oleh teknologi Huawei di seluruh dunia, termasuk AS.

Samsung Electronics mengatakan pada hari Senin, bahwa pihaknya telah memenangkan pesanan senilai $ 6,64 miliar (Rp 839 miliar) untuk menyediakan solusi komunikasi nirkabel 5G kepada operator seluler Verizon di Amerika Serikat.

Ini adalah kemenangan besar bagi perusahaan Korea Selatan tersebut untuk tahun berikutnya, yaitu merebut pasar jaringan 5G, seperti dilansir dari Reuters (7/9).

Baca Juga: Apple Siapkan 75 juta iPhone 5G untuk Akhir Tahun Ini, Internet 5G Makin Dekat?

Menurut para analis, prospek global Samsung untuk bisnis jaringannya telah meningkat, setelah adanya sanksi AS terhadap saingannya yang lebih besar, yaitu Huawei.

CEO Verizon Hans Vestberg mengatakan kepada CNBC pada Juli tahun lalu, bahwa Verizon tidak menggunakan perangkat Huawei. Verizon sudah menjadi pelanggan Samsung sebelum pesanan tersebut.

Verizon diyakini sebagai pelanggan terbesar Nokia, kata peneliti JP Morgan dalam catatan Juli.

“Samsung memenangkan pesanan dari Verizon, dan ini akan membantu perusahaan untuk memperluas bisnis peralatan telekomunikasi di luar negeri. Hal ini berpotensi berpengaruh dalam negosiasi dengan negara lain,” kata Park Sung-soon, seorang analis di Cape Investment and Securities.

Baca Juga: Produk China Dimusuhi Lagi, Huawei Bakal Didepak Dari Program Pengembangan 5G India

Namun juru bicara Samsung menolak berkomentar tentang persyaratan rinci kontrak seperti porsi peralatan berkemampuan 5G yang disertakan.

"Dengan kontrak strategis jangka panjang terbaru ini, kami akan terus mendorong batas-batas inovasi 5G untuk meningkatkan pengalaman seluler bagi pelanggan Verizon," kata Samsung dalam sebuah pernyataan.

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya

Latest