Follow Us

5 Perubahan Kebiasaan Pengguna Grab Selama Pandemi, Belanja Online!

Zihan Fajrin - Selasa, 05 Mei 2020 | 15:34
Grab berikan informasi perubahaan pengguna dalam layanannya selama pandemi.

Grab berikan informasi perubahaan pengguna dalam layanannya selama pandemi.

Laporan Wartawan Nextren, Zihan Fajrin.

Nextren.com - Sudah delapan minggu berlalunya penetapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Jakarta selama Pandemi.

Penerapan PSBB pun membuat beberapa perusahaan mengalami krisis dan para pekerja kehilangan pekerjaannya.

Grab sebagai layanan transportasi online pun merasakan hal yang sama, oleh karena itu mereka berupaya untuk menawarkan layanan lain di platformnya untuk menarik pelanggan.

Dengan upaya tersebut, terdapat 5 perubahaan kebiasaan pengguna Grab yang dibagikan kepada media detailnya, (5/5).

Baca Juga: Ini Cara Mudah Driver Bisa Akses Grab Academy Lewat Aplikasi

Perubahan yang pertama ialah pengguna jadi lebih sering belanja online.

Hal tersebut diikuti data layanan GrabExpress yang meningkat 21,5 persen, kenaikan pengantaran makanan 40 persen, dan yang banyak menggunakan layanan ini di daerah perumahan sekitar 41,5 persen.

Kedua ialah pelanggan dikatakan jadi suka membeli makanan yang sehat yang meningkat 7,4 persen, namun hasilnya ternyata lebih rendah dari pengguna yang suka membeli camilan seperti snack sebesar 15,4 persen.

Baca Juga: Grab Bantu Driver Dapatkan Literasi Digital Bersama Microsoft

Dengan jumlah tersebut membuktika perubahan ketiga benar yaitu pengguna jadi tambah suka ngemil.

Namun camilan yang dimaksud bukan dari layanan GrabFood melainkan dari GrabMart yang meningkat 22 persen.

Adapun untuk layanan GrabFood, menurut perusahaan tersebut pengguna yang biasanya memesan camilan sore kini beralih ke makanan siang dan meningkat 9,4 persen dalam satu kali pesan.

Baca Juga: Bantah Tuduhan Mata-Mata Tiongkok, CEO Zoom Perjelas Posisi Perusahaan

Ilustrasi pesanan GrabFood
thestar.com.my

Ilustrasi pesanan GrabFood

Untuk layanan GrabMart dan GrabFood terdapat makanan yang sering dipesan seperti es kopi, aneka mie, ayam goreng, siomay ikan, dan pao ayam.

Perubahan yang terakhir ialah pengguna dikatakan jadi lebih suka berbagi.

Seperti halnya platform-platform lain, Grab juga menghadirkan fitur untuk mengajak pengguna untuk berbagi kepada para driver berupa tip.

Baca Juga: Layanan GrabWheels Kini Bisa Disewakan Pengguna ke Rumah Masing-Masing

Hal ini pun berlaku untuk para UMKM atau merchant yang memberikan menu khusus untuk para driver yang bisa dibeli oleh para pengguna.

Grab menyebutkan ada 5 ribu mitra merchant yang menghadirkan menu khusus tersebut.

Sejak dihadirkannya menu tersebut juga, terdapat 500 ribu menu tersebut yang terjual khusus untuk driver.

(*)

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya

Latest