Follow Us

facebookyoutube_channeltwitter

Update Terbaru Aplikasi ChatAja: Stiker COVID-19, Tab Kesehatan, Hingga Curhat Online di Simply

Wahyu Subyanto - Selasa, 05 Mei 2020 | 13:09
Stiker Covid-19 di aplikasi ChatAja
ChatAja

Stiker Covid-19 di aplikasi ChatAja

Nextren.com - ChatAja, aplikasi pesan instan berbasis cloud buatan anak bangsa yang tersedia di iOS, Android, dan Web; baru-baru ini merilis pembaruan aplikasi terkait pandemi corona yang sedang terjadi.
Pada pembaruan kali ini, ChatAja merilis stiker bertema COVID-19 untuk membantu pengguna mengkomunikasikan pedoman kesehatan selama pandemi corona dengan mudah dan menarik.
ChatAja juga menghadirkan tab khusus kesehatan pada fitur Jelajah untuk mempermudah pengguna mengakses empat akun dan kanal kesehatan resmi.
Akun resmi tersebut termasuk Simply, sebuah layanan curhat dan konseling daring gratis via chat eksklusif melalui aplikasi ChatAja.
Layanan Simply sendiri diasuh oleh enam psikolog profesional yang memiliki Surat Ijin Praktik Psikologi (SIPP).
Reza Akhmad Gandara, Co-Founder & CEO ChatAja, mengatakan bahwa sebagai tambahan dari 100+ stiker yang telah diluncurkan ChatAja Februari lalu, stiker-stiker bertema COVID-19 ini adalah salah satu inisiatif ChatAja untuk mendukung edukasi gaya hidup sehat selama masa karantina.
Selain itu pada pembaruan kali ini, ChatAja juga menghadirkan tab Kesehatan dalam fitur Jelajah.
Jelajah adalah fitur dari ChatAja yang berisi berbagai akun kanal berita, gim gratis, layanan konseling, konsultasi karir, dan lain sebagainya.
Pada tab Kesehatan, pengguna ChatAja dapat dengan mudah mengakses empat akun resmi dan akun kanal kesehatan resmi yang berisi berbagai informasi dan berita kesehatan termasuk tentang virus corona.
Akun pertama dari tab Kesehatan di aplikasai ChatAja adalah akun resmi DokterSehat yang menghadirkan fitur konsultasi kesehatan dengan dokter secara online.
Selanjutnya adalah akun kanal Awasi COVID-19 yang membagikan informasi terbaru perkembangan pandemi virus corona di Indonesia.
Akun ketiga adalah akun resmi Chatbot RS BUMN yang menghadirkan sebuah chatbot, layanan chat dengan kecerdasan buatan (AI).
Fitur utamanya adalah melakukan deteksi awal dari gejala-gejala virus corona yang mungkin dialami pengguna.
Akun terakhir adalah Simply, sebuah layanan curhat dan konseling gratis daring via chat yang tersedia eksklusif di aplikasi ChatAja.
Simply adalah sebuah layanan curhat dan konseling gratis daring via chat yang dikelola oleh enam psikolog dengan latar belakang kompetensi psikologi klinis, perkembangan, dan pendidikan.
Melalui Simply, para pengguna dapat curhat maupun berkonsultasi tentang permasalahan emosional yang dialami selama pandemi via chat.
Admin akan terlebih dahulu membantu para pengguna dengan mendengarkan dan/atau memberi solusi permasalahan.
Admin Simply adalah berkualifikasi sarjana psikologi yang telah disiapkan untuk dapat mengakomodasi layanan konsultasi ini di bawah supervisi psikolog.
Pada kasus khusus, para pengguna akan bisa langsung berkonsultasi dengan psikolog.
Tia Rahmania, M.Psi, Ketua APSI Banten sekaligus Ketua Unit LPPM Paramadina Psychology for People (PPFP), menjelaskan bahwa berbagai situasi saat ini, termasuk pandemi dan imbauan pembatasan fisik, dapat berimbas pada kondisi psikis seseorang.
Mulai dari ketakutan dan kecemasan terhadap penyakit, perubahan pola tidur dan makan selama karantina di rumah, kesulitan tidur dan berkonsentrasi, hingga memburuknya kondisi kesehatan fisik dan mental dapat terjadi pada orang tua hingga anak-anak selama pandemi ini berlangsung.
Salah satu cara untuk menanggulanginya adalah dengan mengkomunikasikan permasalahan tersebut kepada orang lain, yang kemudian menjadi awal dari dimulainya inisiatif layanan konsultasi daring via chat Simply.
Penting dipahami bahwa walaupun layanan ini dapat membantu mengurangi dan menyelesaikan beberapa permasalahan psikis yang timbul, layanan Simply tidak dapat menggantikan layanan konsultasi psikologi klinis.
Bila dibutuhkan, admin Simply dapat mereferensikan pengguna untuk membuat janji temu untuk konsultasi langsung, via telepon, maupun via email dengan psikolog atau psikiater bersertifikat, juga mengarahkan ke support system group yang dikelola oleh psikolog bersertifikat.
Layanan chat Simply tidak dipungut biaya, dan dapat diakses melalui fitur Jelajah di aplikasi ChatAja setiap Senin sampai Jumat, pukul 9 pagi hingga 9 malam.
Adapun untuk layanan support system group dan layanan konsultasi via telepon, email, maupun melalui tatap muka dengan psikolog profesional yang memiliki Surat Izin Praktik Psikologi (SIPP).
Asli Indonesia
ChatAja adalah aplikasi pesan instan gratis dan aman berbasis cloud buatan Indonesia untuk mengirimkan pesan, pesan suara, membaca berita, bermain game, membeli tiket, dan lebih banyak lagi.
Didirikan pada tahun 2019, oleh Reza Akhmad Gandara, ChatAja bertujuan untuk menjaga kedaulatan data dan informasi di Indonesia melalui platformnya, mengingat mayoritas pengguna internet di Indonesia memiliki tingkat kesadaran yang rendah tentang sensitivitas data.
ChatAja menyediakan server berbasis di Indonesia untuk memungkinkan koneksi yang lebih aman, fitur Cloud Native untuk mengurangi beban penyimpanan di ponsel dan untuk mengurangi kebutuhan akan backup data, dan 'File Rahasia', layanan pesan terenkripsi untuk mengamankan pesan-pesan penting dengan menggunakan kode verifikasi.
ChatAja juga menawarkan ‘Jelajah’ di mana pengguna dapat menikmati sejumlah fitur, termasuk berita, game, layanan konseling, konsultasi karir dan banyak lagi.
Ada pula fitur stiker (baik dinamis maupun statis) untuk meningkatkan pengalaman pengguna.
Pengguna dapat mengakses ChatAja di iOS, Android, dan melalui browser web.

Editor : Nextren

Baca Lainnya





PROMOTED CONTENT

Latest

x