Follow Us

Indosat PHK 677 karyawan, Lebih Dari 90 Persen Diklaim Setuju Terima Paket Kompensasi

Wahyu Subyanto - Kamis, 27 Februari 2020 | 19:00
Indosat PHK 677 Karyawan
Kompas.com

Indosat PHK 677 Karyawan

Nextren.com - Hari ini, Indosat Ooredoo menerima kunjungan Komisi IX DPR-RI yang ingin mengklarifikasi PHK di perusahaan yang sebagian sahamnya masih dimiliki negara itu.

Pihak Indosat menyampaikan kepada delegasi wakil rakyat, bahwa lebih dari 90% dari 677 karyawan yang terdampak reorganisasi bisnis saat ini telah setuju untuk menerima paket yang diberikan.

Seperti disampaikan beberapa waktu lalu, Indosat bakal melakukan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) terhadap 677 karyawannya.

Baca Juga: Google Translate Tambah 5 Bahasa Baru di Layanannya, Ada Bahasa Uyghur

Menurut Director & Chief Human Resources Officer Indosat Ooredoo, Irsyad Sahroni, reorganisasi bisnis disebut berjalan lancar sesuai rencana dan telah diterima dengan baik oleh sebagian besar karyawan yang terdampak. "Kami juga mengambil langkah yang fair sesuai dengan ketentuan yang berlaku dan telah mengkomunikasikan secara langsung dan transparan kepada semua karyawan selama proses tersebut," kata dia saat kunjungan Komisi IX DPR-RI di Jakarta, Kamis (27/2).

Irsyad menambahkan, semua karyawan yang terkena PHK telah diberikan waktu untuk mempertimbangkan paket kompensasi yang diberikan.

"Sebagian besar karyawan mengambil kesempatan untuk mempertimbangkan baik-baik penawaran perusahaan secara individual dan dengan keluarganya masing-masing sebelum akhirnya menerima tawaran perusahaan," jelas Irsyad.

Baca Juga: Google Ingin Bebas dari Amerika Agar Bisa Kerjasama Lagi Dengan Huawei

Karyawan yang terkena PHK juga diklaim bisa berkomunikasi dua arah dengan manajemen untuk menyampaikan tanggapannya selama acara open house yang digelar perusahaan pada 17 Februari 2020.

Selain itu, karyawan yang terkena PHK juga berpeluang untuk bekerja di perusahaan mitra.

Indosat menjalin kerja sama dengan mitra-mitranya, termasuk mitra managed service untuk memberi kesempatan bagi karyawan yang terkena PHK, agar tetap dapat bekerja bersama mitra dan menyediakan pelatihan pascakerja.

Baca Juga: Powerbank Recci Masuk Pasar Indonesia, Langsung Rilis 4 Produk Berbagai Tipe

Bagaimana dengan para karyawan yang memilih untuk tidak menerima paket kompensasi?

Menurut Irsyad, pihaknya menghargai perbedaan pandangan dan hak karyawan untuk menempuh jalur sesuai ketentuan yang berlaku.

PHK ini diakui Irsyad adalah tindakan yang berat, tapi memang sangat dibutuhkan agar Indosat Ooredoo tetap bertahan dan bertumbuh.

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya

Latest