Follow Us

3 Hal Baru di iPhone 14 Pro Ini Bakal Menggoda Pengguna Android

Wahyu Subyanto - Senin, 29 Agustus 2022 | 19:00
iPhone 14 Pro Max (kiri) dan iPhone 13 Pro Max (kanan).
YouTube/ Unbox Theraphy

iPhone 14 Pro Max (kiri) dan iPhone 13 Pro Max (kanan).

Nextren.com - Kehadiran iPhone 14 Pro begitu ditunggu tahun ini, berkat kabar adanya peningkatan spek dan fitur yang benar-benar menggoda.Secara desain memang tak ada yang baru, mirip seri sebelumnya. Namun tentu saja, gengsi memakai iPhone tetap belum bisa digoyahkan oleh smartphone Android kelas atas sekalipun.Cukup banyak peningkatan di iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max yang membuatnya pantas untuk menjadi smartphone idaman, termasuk bagi para penggguna Android, yaitu sebagai berikut.

Baca Juga: Cantik Banget, Intip Bocoran Tampilan iPhone 14 Pro Purple dan Gold!1. KameraMeski d Android ada begitu banyak teknologi yang disematkan untuk kamera, namun kamera iPhone bisa dibilang kamera terbaik untuk smartphone. Hal itu karena perpaduan sensor kamera yang mutakhir dan algortima software pengolah gambar yang canggih dari iPhone.Kabarnya, iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max dbakal memakai sensor utama terbaru beresolusi 48MP, yang mendukung perekaman video 8K dan 4K Cinematic Mode.Meski di Android sudah banyak dukungan video 8K, namun kualitas rekaman video iPhone selama ini memang lebih menonjol.

Baca Juga: Bocoran Harga iPhone 14 Series, Lebih Murah dari iPhone 13 Series?2. Sistem pendinginKinerja iPhone 14 Pro bakal memakai chipset A16 Bionic, dengan fabrikasi 5nm seperti A15 di iPhone 13.Namun iPhone 14 Pro dibekali sistem pendingin yang lebih canggih, memakai pendingin vapor chamber untuk membuang panas sehingga bisa menjaga kestabilan performa tinggi.DI smartphone Android, sistem pendingin vapor chamber sudah cukup lama tersedia. Di Xiaomi 12T namanya Loop LiquidCool.Lewat sistem pendingin baru ini, pengguna iPhone 14 Pro bisa ngegame lebih lama tanpa merasakan panas dan mencegah turunnya frame rate.Sebelum mengembangkan pendingin vapor chamber ini, iPhone 13 mengurangi kecerahan layar saat bodi smartphone terlalu panas. Tentu saja hal itu mengurangi kenyamanan dan kejelasan layar saat dipakai di luar ruangan yang terang.Selama ini, skor kinerja CPU Apple A14 (2020) dan A15 (2021) di iPhone 12 dan iPhone 13 lebih cepat dibanding skor kinerja chip terbaru Qualcomm dan Samsung. Maka kinerja A16 Bionic di iPhone 14 Pro ditambah sistem pendingin vapor chamber, diharapkan bisa membawanya sebagai smartphone berkinerja tertinggi.

Baca Juga: Susul Samsung, Apple Akan Hadirkan Fitur Always-On Display di iPhone 14 Pro3. BateraiBaterai iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max memang hampir sama dengan iPhone 13 Pro. Namun, adanya teknologi LTPO 2 membuat refresh layar secara otomatis bisa berubah dalam kisaran 1-120hz.Sementara di iPhone 13 Pro kisarannya adalah 10-120Hz.Secara teori, daya tahan baterai iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max bakal lebih awet dari iPhone 13 series.Di iPhone 14 Pro juga bakal hadir mode always on display, yang akan membantu menghemat masa pakai baterai, karena pengguna tidak harus membuka kunci layar hanya untuk mengecek notifikasi atau pesan yang masuk.Selain itu, kinerja chip A16 Bionic plus sistem pendinginan baru yang lebih efektif akan menambah keawetan baterai iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max.

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya

Latest