Follow Us

Canggihnya Teknologi DNA Bongkar Asal Usul Nenek Moyang Ariel, Najwa Shihab Hingga Mira Lesmana

None - Jumat, 18 Oktober 2019 | 21:55
Ariel Noah
instagram.com/ @arielnoah

Ariel Noah

Nextren.com - Selama ini kita mengira bahwa kakek nenek dari kakek nenek kita atau nenek moyang kita, itu asli dari Indonesia.

Bahkan banyak di antara kita yang membuat pohon silsilah keluarga, meski mungkin akan berhenti pada generasi ke-5 saja, karena ketiadaan informasi.

Namun ternyata ada cara ilmiah yang lebih akurat dalam menelusuri nenk moyang manusia, yaitu lewat tes DNA.

Majalah sejarah yang kini berbasis online Historia.id menginisiasi sebuah kegiatan terkait asal usul orang Indonesia melalui penelitian DNA.

Baca Juga: Koleksi Barang Unik CEO Teknologi, Punya Mobil Amfibi James Bond!

Direktorat Sejarah, Direktorat Cagar Budaya dan Permuseuman, Ditjen Kebudayaan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI serta Museum Nasional juga mendukung penuh kegiatan ini.

Kegiatan ini bertujuan mengetahui asal-usul leluhur bangsa Indonesia.

Hasil penelitian DNA ini juga disajikan dalam bentuk pameran yang disandingkan dengan berbagai benda prasejarah hasil peradaban manusia selama berpuluh-puluh ribu tahun.

Pameran bernama ASOI: Asal Usul Orang Indonesia itu digelar di Museum Nasional, Jakarta Pusat, pada 15 Oktober - 10 November 2019.

Baca Juga: Graphene, Teknologi Baterai Baru Samsung Berkapasitas 45 Persen Lebih Besar dan Bisa Dicharge 5 Kali Lebih Cepat

Ada 15 relawan yang hasil tes DNA mereka dipamerkan dalam acara ini.

Para relawan itu terdiri dari berbagai profesi dan latar belakang yang berbeda. Beberapa nama di antaranya adalah Ariel NOAH, Najwa Shihab, Mira Lesmana, Ayu Utami, dan Riri Riza.

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya

Latest