Follow Us

Survey 5 Kota Besar Indonesia: Masyarakat Habiskan Rp 1,2 Juta Selama Ramadhan untuk Belanja Online

Wahyu Subyanto - Sabtu, 11 Mei 2019 | 09:00
Ilustrasi Belanja Online

Ilustrasi Belanja Online

Nextren.com - Ramadhan menjadi bulan penuh berkah termasuk bagi pelaku industri e-commerce.

Pada Ramadhan platform e-commerce mencatat kenaikan transaksi 3-5 kali lipat dibanding bulan sebelumnya.

ShopBack, platform cashback rewards dan aggerator e-commerce, mencatat peningkatan transaksi hingga 3 kali lipat pada Ramadhan 2018.

Tahun ini ShopBack menargetkan peningkatan jumlah order serta nilai transaksi sebesar 2 kali lipat dibandingkan Ramadhan tahun lalu.

Yolanda Margaretha, Head of Business Development, ShopBack Indonesia mengatakan Ramadhan memang selalu menjadi salah satu momentum yang dimanfaatkan para pelaku e-commerce untuk meningkatkan nilai transaksi.

Baca Juga : Mudahnya Belanja Buah dan Sayur Lewat Aplikasi Ini

“Daya beli masyarakat pada Ramadhan selalu meningkat dari tahun ke tahun. Hal ini pun ditujukan dengan rata-rara belanja masyarakat pada Ramadhan tahun lalu yang mencapai Rp 1.2 juta, meningkat 74% dibanding tahun sebelumnya,” ungkap Yolanda.

Tahun ini, lanjut Yolanda, ShopBack memprediksi nilai rata-rata belanja masyarakat pada Ramadhan tidak terlalu mengalami peningkatan yang signifikan dibandingkan tahun sebelumnya.

“Namun, kami optimis, tahun ini jumlah pemesanan serta nilai transaksi di ShopBack bisa naik hingga 2 kali dibandingkan Ramadhan sebelumnya.”

Berdasarkan data Criteo baru-baru ini, penjualan di platform e-commerce mulai menanjak 10 hari menjelang Ramadhan dan berlanjut hingga penghujung Ramadhan.

Baca Juga : Tokopedia & BukaLapak Masuk 5 Besar Aplikasi Belanja Terlaris di ASEAN

Hal yang sama pun juga tercatat pada data historis ShopBack, dimana transaksi tercatat mulai naik pada 10-11 hari menjelang Ramadan dan puncaknya pada minggu ketiga Ramadhan, dimana masyarakat sudah mulai menerima bonus THR.

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya

Latest