Follow Us

Google Kembangkan Perangkat Mirip "Tricorder" Star Trek

Fatimah Kartini Bohang - Kamis, 25 Juni 2015 | 11:23
Google kembangkan smatwatch khusus untuk medis
Mashable

Google kembangkan smatwatch khusus untuk medis

KOMPAS.com - Google sedang mengembangkan wearable khusus untuk ranah medis. Perangkat yang disebut bakal mirip "Tricorder" di film Star Trek ini, bisa mengukur banyaknya aktivitas, denyut jantung, dan suhu kulit.

Diharapkan, inovasi teranyar Google dapat memudahkan diagnosis awal atau intervensi pada penyakit seseorang melalui pola biologis halus yang terdeteksi.

"Teknologi ini akan memberikan informasi berguna untuk memahami pola medis pasien sehingga lebih tepat dalam penanganan masalah kesehatan serius,'' kata kepala tim "life science" Google, Andy Conrad, sebagaimana dilaporkan Mashable dan dihimpun KompasTekno, Kamis (25/6/2015).Menurut Conrad, kategori produk baru Google tersebut akan lebih menyasar industri kesehatan ketimbang konsumer mainstream.

Selain kemampuan memonitor kondisi kesehatan, perangkat ini juga bisa mendeteksi kondisi cahaya dan suara di lingkungan pasien. Kedua faktor eksternal itu disebut berimplikasi pada kondisi kesehatan manusia.

Pertengahan tahun ini, perangkat kesehatan portable tersebut masuk tahap pengujian. Targetnya, alat tersebut bisa masuk ke skema regulasi kesehatan di Eropa dan Amerika Serikat.

Alat ini kurang lebih berfungsi seperti pemindai data medis Tricorder dalam film Star Trek. "Kami berharap bisa menciptakan Tricorder di kehidupan nyata," kata Conrad yang memiliki latar belakang di bidang penelitian kesehatan ini.

Source : MASHABLE

Editor : Reza Wahyudi

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest