Follow Us

Upaya Kominfo Percepat Tol Langit Sebelum Punya Satelit Sendiri Tahun 2022

Wahyu Subyanto - Sabtu, 23 Februari 2019 | 18:35
Kakaban, pulau terluar di Kabupaten Berau, Kalimantan Timur ini, begitu menantang untuk dikunjungi.
Gita Laras Widyaningrum

Kakaban, pulau terluar di Kabupaten Berau, Kalimantan Timur ini, begitu menantang untuk dikunjungi.

Nextren.com - Saat ini pemerintah sedang gencar membangun infrastruktur di segala bidang.Di darat, infrastruktur yang sangat dikenal adalah jalan tol, lalu di laut ada tol laut berupa kapal-kapal yang beredar hingga wilayah terpencil.Setelah fokus membangun proyek Palapa Ring, Kementerian Komunikasi dan Informatika juga tengah menyiapkan infrastruktur telekomunikasi yang akhir-akhir ini ramai disebut sebagai tol langit. Program itu merupakan upaya pemerintah untuk pemerataan akses internet di seluruh Indonesia.

Baca Juga : Upaya Hadirkan Internet 4G di Desa Terpencil ala Operator 4G Net1“Kalau Palapa Ring ini sudah selesai dibangun, istilahnya jalan tol-nya, berarti jalan masuknya lebih mudah karena yang mahal itu jalan tol.""Bagaimana membangun di dalamnya, itu ada beberapa cara, salah satunya operator akan membangun aksesnya yaitu Base Transceiver Station (BTS),” kata Menteri Rudiantara di Jakarta, Kamis (21/02/2019).Rudiantara menegaskan, pemerintah tidak hanya bergantung pada operator, karena pemerintah juga mempunyai kebijakan keberpihakan yang berikutnya setelah program Palapa Ring tersebut, yakni fokus membangun dan menyiapkan fasilitas internet untuk sektor pendidikan, kesehatan maupun pemerintahan. “Jadi Palapa Ring Barat dan Tengah sudah beroperasi, yang sedang diselesaikan adalah yang Timur, dan yang akan dilakukan selanjutnya adalah bagaimana pemerintah menyedian internet kecepatan tinggi untuk sekolah, puskesmas, kantor desa, kantor Polsek, Koramil dan lain sebagainya,” ujar Menteri Rudiantara.

Baca Juga : Internet dan SMS di Kongo Diputus, Cegah Hoax Hasil Pemilu di Medsos

Dalam melakukan tahapan program ini, Menteri Rudiantara mengatakan prosesnya membutuhkan waktu beberapa tahun. Namun, yang terpenting untuk dilakukan sekarang ini adalah mempercepat penggunaan satelit untuk daerah-daerah 3T dengan cara menyewa satelit terlebih dahulu.“Jadi akhir tahun 2022 satelit milik kita sudah ada, namun sebelum itu kita harus cepat juga.""Jadi kita sewa saja satelit orang lain yang mirip untuk bisa dilakukan percepatan, inilah yang disebut Tol Langit karena satelitnya di langit yang semuanya menghubungkan broadband dan sebagainya, jadi mungkin orang melihatnya itu lah tol langit,” jelas Menteri Rudiantara.

Baca Juga : Palapa Ring Bikin Harga Paket Internet di Indonesia Bakal Sama Menteri Rudiantara mengatakan, proses penarikan kabel untuk menghubungkan antar sekolah di pegunungan atau antar puskesmas dan fasilitas-fasilitas publik lainnya di daerah 3T membutuhkan waktu antara 10-20 tahun. Sehingga, pemerintah melakukan lompatan kebijakan untuk mempercepat pelayanan internet dengan menggunakan satelit yang disebut sebagai internet kecepatan tinggi. “Kita punya 214 ribu jumlah sekolah di seluruh Indonesia, tapi 8 ribu sampai 10 ribu sekolah yang belum terhubung dengan internet.""Juga ada madrasah dan pesantren, puskesmas dan fasilitas lainnya juga banyak yang belum terakses internet, inilah yang akan kita bangun ke depannya,” ucap Menteri Rudiantara. (*)

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya

Latest