Follow Us

facebookyoutube_channeltwitter

3 Fitur Terbaru Traveloka Akhir 2018, Bisa Tahu Penumpang yang Batal Naik KA

None - Rabu, 19 Desember 2018 | 22:44
aplikasi Traveloka
Google Play

aplikasi Traveloka

Nextren.com - Perusahaan penyedia layanan perjalanan online, Traveloka, meluncurkan beberapa produk baru untuk meningkatkan layanan penggunanya menjelang musim liburan di penghujung 2018. Sebenarnya ada enam fitur yang diluncurkan selama tahun 2018, namun Traveloka menyoroti tiga fitur paling baru yang diluncurkan beberapa bulan belakang. Ketiga fitur tersebut adalah "Status Penerbangan", "Train Seat Alert", dan "PayLater". Kurnia Rosyada, Vice President of Marketing Traveloka mengatakan bahwa ketiga fitur baru ini akan melengkapi kemudahan akses layanan liburan dalam satu platform.

Baca Juga : Pesan Kamar Online Bayar di Hotel, Fitur Baru Traveloka Yang FleksibelCek status penerbangan Fitur pertama yang baru saja diluncurkan Traveloka adalah "Status Penerbangan" atau "Flight Status" yang mempermudah pengguna untuk memantau jadwal keberangkatan dan kedatangan. "Sekarang bisa cek langsung status penerbangannya secara real time," jelas Kurnia dalam acara Year and Gathering with Media di Jakarta, Selasa (18/12/2018). Caranya, pengguna cukup masuk ke fitur Status Penerbangan yang terletak di bawah deretan aplikasi.Kemudian masukkan jadwal rute penerbangan yang ingin diketahui.

Baca Juga : Bos Traveloka, Pemuda Terkaya Buktikan Orang Indonesia Suka Traveling

Notifikasi kursi kosong Kedua, Traveloka juga memperkenalkan fitur "Train Seat Alert". Kurnia menjelaskan fitur ini akan sangat bermanfaat saat musim liburan seperti Idul Fitri, Natal dan Tahun Baru. "Misalnya ada penumpang yang membatalkan keberangkatan, pengguna akan langsung diberi notifikasi bahwa kursi ada kursi yang tersedia", jelas Kurnia. Ia menambahkan, kursi tersebut hanya bisa diklaim maksimal pada H-1 keberangkatan.

Baca Juga : Yuk Kenali 12 Tipe Colokan Listrik di Dunia, Penting Saat Traveling

Kurnia Rosyada, VP Marketing Traveloka memaparkan fitur baru Traveloka dalam acara Year and Gathering with Media di Jakarta, Selasa (18/12/2018)
kompas.com

Kurnia Rosyada, VP Marketing Traveloka memaparkan fitur baru Traveloka dalam acara Year and Gathering with Media di Jakarta, Selasa (18/12/2018)

Pengguna bisa mengaktifkan fitur alert ini dengan membuka menu "Train" atau kereta api. Kemudian, ketuk ikon lonceng yang berada di pojok kanan atas. Tambahkan rute perjalanan yang dipilih untuk mendapatkan notifikasi apabila ada pembatalan perjalanan. Apabila ada notifikasi pembatalan sesuai rute yang diatur, pengguna bisa segera membeli tiket dari pembatalan tersebut.

Baca Juga : Ingin Eksis Internetan Saat Traveling ke Luar Negeri, Cukup Sewa Modem 4G

Cicilan dana liburan Fitur ketiga yang disoroti Traveloka adalah "PayLater" yang sebenarnya sudah tersedia sejak Juni lalu. PayLater sendiri merupakan alternatif bagi pengguna untuk melakukan pinjaman untuk memesan tiket perjalanan, hotel, atau transaksi lainnya melalui Traveloka. PayLater adalah buah kolaborasi Traveloka dengan startup Danamas sebagai mitra penyalur dana pinjaman. Saat ini, Traveloka mengijinkan transaksi minimal Rp 50.000 untuk pembelian tiket melalui pembayaran PayLater.

Baca Juga : Rekomendasi 4 Hape Baterai Awet Buat Traveling, Buat Liburan WeekendUntuk menggunakannya, pengguna cukup membuka fitur PayLater di bagian bawah, sederet dengan fitur Flight Status. Kemudian, isi data diri dan unggah beberapa dokumen seperti TKP, NPWP, dan slip gaji untuk mengajukan permohonan. Setelah diajukan, proses persetujuan hanya memakan waktu satu jam saja. Nominal dana yang dipinjamkan ke pengguna mulai dari Rp 2-10 juta dengan pilihan tenor angsuran mulai dari sebulan, tiga bulan, hingga 12 bulan.

Baca Juga : Inilah 5 Aplikasi Traveling Gratis Versi Google Play yang Layak Unduh

Mekanisme cicilan tidak dilakukan dengan kartu kredit, melainkan transfer bank biasa. Jika angsuran dilakukan 1-3 bulan pertama, pengguna tidak akan dikenakan bunga. Menurut Kurnia, setelah beberapa bulan diluncurkan, PayLater mendapat sambutan yang positif dan terus tumbuh hingga sekarang. Sayangnya ia enggan menyebut angka pasti pertumbuhan pengguna PayLater.

Baca Juga : Robot Pemandu Wisata Ini Bisa Antar Jalan-Jalan, Anti Capek dan Baper"Untuk PayLater kontribusinya masih terus tumbuh, masih banyak peluang untuk tumbuh.""Kami terus berinovasi juga untuk mempermudah layanan PayLater tersebut", jelas Kurnia. Bus dan rental mobil Selain tiga produk tersebut, selama tahun 2018 ini, Traveloka juga meluncurkan layanan bus dengan menggandeng 85 mitra bus dan travel untuk melayani 4.500 rute antar kota di Indonesia. Baca Juga : Chip Sebesar Beras di Ribuan Tubuh Orang Swedia Ini Bikin Aktifitas Digital Berjalan Otomatis

Kurnia menyebut, pada Maret 2019 mendatang, Traveloka menargetkan 150 mitra bus dan travel untuk bergabung. Ada pula fitur "Car Rental" yang menyediakan layanan sewa mobil di 11 kota besar di Indonesia. Traveloka turut meluncurkan fitur "Eats" yang memberikan panduan kuliner bagi wisatawan melalui kurasi kuliner di 7 kota dan lebih dari 700 restoran di Indonesia. Lalu, Traveloka juga bekerjasama dengan Kementrian Pariwisata untuk merilis "Go Beyond" atau Jelajah Lebih Jauh yang akan menampilkan 10 destinasi wisata prioritas dalam negeri. (*)(Wahyunanda Kusuma Pertiwi)Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Traveloka Andalkan 3 Fitur Baru Jelang Musim Liburan"

Editor : Nextren

Baca Lainnya





PROMOTED CONTENT

Latest

x