Follow Us

Nasehat Edo Zhell, YouTuber Kocak dengan 2,4 Juta Subscriber Tentang YouTube Perketat Iklan

Wahyu Subyanto - Kamis, 06 Desember 2018 | 17:20
YouTube Edo Zhell
Youtube

YouTube Edo Zhell

Nextren.com - Saat ini, banyak anak muda ingin menjadi YouTuber.Mungkin terbayang di benak mereka, bisa tampil di kanal sendiri sesukanya, terkenal dan bahkan banyak uang.Tapi itu dulu, karena saat ini YouTube sudah memperketat para pembuat video (konten kreator).Dulu orang bisa menaruh iklan di videonya, berapa pun jumlah subscriber dan apa pun isi videonya.

BACA JUGA : Rekomendasi Stabilizer Hape yang Cocok dan Kekinian Buat YouTubersKini seorang pemilik akun YouTube harus punya setidaknya 1000 subscriber dan watch time (waktu pengunjung menonton ) minimal 40 jam.Setelah itu barulah mereka bisa memasukkan slot iklan tertentu ke dalam videonya.Masalahnya, bagi pemula untuk mendapatkan Subscriber sejumlah 1000 itu bukan perkara mudah.Selain konten harus kreatif, persaingan juga sangatlah ketat.

BACA JUGA : 5 Smatphone Yang Bisa Rekam Video 4K, Cocok Buat YouTuber

Tak hanya isi konten, kualitas video dan editing juga harus bisa memancing pengunjung untuk berlama-lama menonton videonya.Time Nextren.com kebetulan bertemu dengan Edo Zhell di fX Mall, seorang YouTuber kocak yang memiliki subscriber 2,436 juta.Dengan Subscriber jutaan seperti itu, Edo tentu harus selalu membuat konten-konten video baru untuk mempertahankan pelanggan videonya di YouTube.Untuk itu, Edo bahkan punya tim sendiri berjumlah 4 orang yang bersifat tetap.

BACA JUGA : Tajir Banger, Cuma Jadi Youtuber, Anak Ini Raih Pendapatan Rp 149 Miliar Setahun

Edo Zhell
way

Edo Zhell

Jadi mereka seperti karyawan bagi Edo, yang selalu memikirkan merekam konten, editing video, dan hal-hal lain.Nah, terkait dengan aturan baru dari YouTube tersebut, bagi pemula memang tentu akan merasa berat mencapainya.Namun bagi Edo, hal itu tak jadi masalah.Edo malah mendukung aturan baru YouTube tersebut.

BACA JUGA : Najwa Shihab Jadi Youtuber, Baru 3 Bulan Punya 100 Ribu Subscriber

Bagi para pemula konten kreator YouTube, Edo Zhell punya saran khusus, seperti disampaikan langsung kepada Nextren.com."Kalau merasa benar-benar content creator, seharusnya tujuan mereka awal-awal jangan uang dulu, tapi impact (dampak) dulu, bisa senang berkarya dulu.""Baru nanti at the end (akhirnya) bisa mendapatkan uangnya," ujar Edo.Menurut Edo, aturan YouTube yang dulu terlalu bebas, membuat YouTuber menghalalkan segala cara untuk mendapatkan iklan (uang).

BACA JUGA : 8 Langkah Mudah Jadi YouTuber Andal Berbekal Smartphone Pribadi

"Dulu kebijakan YouTube kan mau berapapun subscriber kamu, mau berapa pun view kamu, sudah bisa di-monetize (diisi iklan).""Jadinya banyak content creator yang masuk ke YouTube, tujuannya uang dulu.""Jadinya mereka menghalalkan segala cara, membuat konten-konten yang aneh-aneh, membuat konten-konten yang hoax-hoax untuk mendapatkan uang itu."Karena itu Edo memberi saran yang perlu direnungkan bagi para YouTuber pemula.

BACA JUGA : Terbukti Ampuh, 4 Tips Ini Bantu Tingkatkan Viewers Youtuber Pemula"Jadi dengan peraturan YouTube yang baru ini diharapkan, teman-teman yang baru mulai nggak usah bikin duit dulu lah.""Berkarya dulu aja yang baik, baru nanti setelah udah 40 jam watch time dan 1000 subscriber, baru bisa monetize (diisi iklan)." tutup Edho. (*)

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya

Latest