Laporan Wartawan NexTren, Rezky Amaliah
NexTren.com - Setelah beberapa lama bungkam, akhirnya Apple menyerah dan mengakui jika produk terbarunya bermasalah.
Pihak Apple mengatakan bahwa ada masalah pada sebagian produk iPhone X dan MacBook Pro 13 inci yang mereka produksi.
Masalah tersebut terjadi pada iPhone X dan MacBook Pro yang diproduksi tahun 2017 lalu.
Masalah yang terjadi pada iPhone X yakni ada pada komponen layar.
Baca Juga : Perseteruan Qualcomm Dan Apple Memanas, Diklaim Apple Hutang $7 Milyar
Apple mengatakan bahwa ciri-cirinya adalah layar ponsel sama sekali tidak merespon perintah pengguna, atau bahkan terkadang layar tersebut bereaksi sendiri tanpa adanya sentuhan.
Istilahnya ghost screen, jadi layar tiba-tiba bergerak sendiri tanpa disentuh.
Hal ini terjadi disebabkan oleh adanya kegagalan pada komponennya.
Menurut Apple, kesalahanitu hanya terjadi pada iPhone X dan tidak ditemukan pada iPhone XS dan XR.
Baca Juga : Apple Luncurkan Program Baru Untuk Reparasi Perangkat Lawasnya
Sedangkan masalah yang terjadi pada Macbook Pro 13 inci ditemukan pada komponen penyimpanan SSD.
Perusahaan mengatakan permasalahantersebut dapat berdampak pada hilangnya data milik pengguna yang disimpan pada SSD tersebut.
Kesalahan komponen ini bukan yang pertama kali terjadi pada model MacBook Pro.
Namun, pihaknya mengklaim jika masalah komponen SSD ini hanya ditemukan pada MacBook Pro 13 inci yang tidak memiliki Touch Bar.
Baca Juga : Apple Raih Pendapatan Lebih Rp 1000 Triliun, Ambil Untungnya Kegedean
Macbook Pro tersebut dijual pada periode Juni 2017 hingga Juni 2018.
"Hanya ada sejumlah MacBook dengan penyimpanan SSD sebesar 128GB dan 256GB, yang dijual pada periode Juni 2017 hingga Juni 2018," tulis Apple di halaman resminya.
Dilansir dari The Verge, untuk pemilik perangkat MacBook Pro dan iPhone X yang terkena masalah ini, Apple menawarkan perbaikan secara gratis.
Caranya juga cukup mudah, pengguna hanya perlu mendatangi gerai resmi Apple.
Baca Juga : iPhone 5G Pertama Bakal Diluncurkan Apple Pada 2020, Teknologi Lebih Stabil
Komponen yang rusak akan langsung segera diganti tanpa dikenakan biaya sepeser pun alias gratis.
Jika pengguna sudah terlanjur mengganti dan membayarnya untuk perbaikan komponen terkait, maka Apple bersedia untuk mengembalikan uangnya.
Ini bukan kali pertama, pada Juni lalu, Apple menawarkan servis gratis untuk keyboard pada sejumlah model MacBook dan MacBook Pro miliknya.
Semoga permasalahan ini akan segera selesai.
Baca Juga : Apple Tetap Raup Keuntungan Besar Meski Penjualan iPhone Menurun(*)