Begini Pengalaman Setelah Pakai Huawei Nova 3i yang Mulai Dilupakan

Minggu, 21 Oktober 2018 | 20:35
kompas.com

Tampang bagian muka Huawei Nova 3i

Laporan Wartawan NexTren, Rezky Amaliah

NexTren.com -Kali ini kita akan ngebahas soal pengalaman menggunakan Huawei Nova 3i. Smartphone bagus tapi kenapa mulai dilupakan?

Dalam beberapa bulan terakhir, produsen smartphone yang mengeluarkan hape Rp 4 jutaan itu banyak banget.

Nah dengan banyaknya merek hape yang muncul di kelas yang sama dan dengan rentang harga yang nggak jauh beda, apakah Huawei Nova 3i masih layak dimiliki?

Baca Juga : Kelebihan dan Kekurangan Huawei Nova 3i, Hampir Sempurna di Kelasnya

Ini beberapa hal yang perlu kalian tahu tentang Huawei Nova 3i menurut pengalaman saya setelah menggukan selama seminggu.

Pertama soal desain yang diusung oleh ponsel ini. Sebenarnya kalau ngomonginbuild qualityyang digunakan oleh Huawei Nova 3i ini merupakan salah satu yang terbaik di antara pesaingnya.

kompas.com
Oik Yusuf

Huawei Nova 3i masih mengandalkan konektor micro-USB (foto kanan). Tombol daya dan pengatur volumeny

Apalagi dengan warna yang memiliki gradasi khas jaman sekarang banget. Ditambah lagi material kaca yang dipakai di bodi belakangnya bikin kesan premium di handphone ini.

Saat pertama kali pegang hape ini, langsung bikin kita ngerasa megang handphone flagship. Karena rangkanya solid banget, beda dari beberapa kompetitor yang setara.

Tapi seperti hape dengan material kaca lainnya, bodi belakang Huawei Nova 3i ini selalu meninggalkan sisa-sisa sidik jari.

Buat yang nggak suka, bisa diakalin dengan menggunakan soft case yang terdapat dalam paket pembelian.

Baca Juga : 5 Hal Yang Wajib Kamu Ketahui Tentang Huawei Nova 3i Sebelum Membeli

Ngomongin soal fitur keamanan,sayangnya unlock face detectionrasanya belum cukup maksimal. Masih ada jeda yang suka bikin kesal kalau pakai fitur ini.

Menggunakan fitur ini di dalam mobil saat malam hari pun tidak akan berguna. Jadi sepertinya untuk mendeteksi wajah di keadaan minim cahaya hape ini belum cukup mumpuni.

Namun fiturfinger print sensor yang ada di Huawei Nova 3i bisa dikategorikan pada level yang cepat. Membuka kunci dengan menggunakan sidik jari, nyaris nggak ada jeda.

Beralih ke sisi layar, meski belum menggunakan panel Amoled, Huawei Nova 3i sudah dapat menyuguhkan visual yang memuaskan banget.

Soal warna, ketajaman, bahkan view angle pada layar, bisa dibilang hape ini punya kelas sedikit lebih baik dari kompetitornya.

kompas.com
Oik Yusuf

Sepasang kamera depan Huawei Nova 3i tersemat di bagian notch layar, mengapit earpiece

Bahas soal layar, nggak lengkap kalau nggak bahas soal notch. Yap kotak hitam yang belakangan ini selalu nongol dihampir kebanyakan smartphone.

Notch yang ada di Huawei Nova 3i ini sedikit triky, karena saat menggunakan hape ini untuk bermain PUBG, hadirnya notch akan jadi hal yang sangat mengganggu.

Ada baiknya jika kalian menonaktifkan fitur notch di layar jika ingin memainkan PUBG. Posisikan bagian atas handphone di sisi kanan kalian. Sebab notch akan menutupi bagian "invite teman" jika posisinya ada disebelah kiri.

Baca Juga : Ini Dia Hasil Tes Performa Gaming Huawei Nova 3i, Langsung Baca Aja.

Masih soal gaming, Huawei Nova 3i hadir dengan GPU Turbo yang diklaim dapat meningkatkan performa gaming.

Munurut pengalaman, Huawei Nova 3i dapat menjalankan PUBG mobile tanpa masalah. Namun kalian harus puas dengan setingan grafis yang mentok di HD dan fps High.

Huawei Nova 3i

Kalau soal performanya untuk dipakai sebagai handphone sehari-hari, rasanya prosesor Kirin 710 itu sudah lebih dari cukup.

Nggak pernah ada lag saat buka tutup aplikasi, pindah dari satu aplikasi ke aplikasi yang lain semuanya lancar banget.

Ditambah lagi sama kapasitas penyimpanan yang besar, yaitu 128 GB. Saat menggunakannya selama seminggu, hape ini bahkan masih punya sisa memori yang lega banget.

Baterainya juga awet banget. Dipakai untuk main game online, foto-foto, video, browsing dengan intens, hape ini bisa hanya satu kali charge sehari.

Nah sekarang kita masuk ke bagian yang jadi andalan dari Huawei Nova 3i, yaitu kamera.

Sebagai informasi, smartphone ini memiliki setup dual kamera di bagian depan dan belakang yang masing-masing dilengkapi dengan kamera depth sensor.Jadi kalau untuk ngambil foto bokeh, hape ini bisa diadu.

Dilengkapi juga dengan berbagai macam fitur-fitur canggih yang ada pad kameranya. Untuk mempersingkat kita lihat aja beberapa hasil fotonya.

kompas.com
Oik Yusuf

Contoh hasil jepretan kamera belakang Nova 3i dengan efek bokeh. Warna-warna yang dihasilkan terliha

amel
amel

Hasil kamera belakang Huawei Nova 3i dalam keadaan minim cahaya

amel
amel

Hasil Kamera Huawei Nova 3i

Hasil selfie Huawei Nova 3i saat objek bergerak

Itulah pengalaman saya selama memakai Huawei Nova 3i. Semoga dapat memberikan informasi yang kalian butuhkan.(*)

Editor : Kama

Baca Lainnya