Belajar Teknologi, Bagaimana Cara Cek Screen Bleeding Pada Layar Hape

Kamis, 11 Oktober 2018 | 07:20
Youtube

Screen bleeding

Laporan Wartawan NexTren, Rezky Amaliah

NexTren.com -Semenjak masalah screen bleeding yang terjadi pada layar Pocophone F1, kini istilah tersebut mulai banyak dicari.

Sebenarnya apa sih yang maksud dariscreen bleeding? Lantas bagaimana cara mengecek layar hape kita untuk mendeteksi apakah masalah ini.

Mari kita bahas lebih lanjut soalscreen bleeding.Jika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia, kira-kira artinya adalah pendarahan pada layar.

baca juga: masalah pocophone (belum publish)

Aneh ya? Memang sangat aneh jika kata ini diterjemahkan secara harafiah. Namun jika dalam bahasa teknologi, biasanyascreen bleedingdapat diartikan dengan kebocoran layar.

Loh layar hape bisa bocor? Sebenarnya kebocoran ini bukan seperti bocor yang ada pada atap genteng rumah.

Kebocoran pada layar bukan berarti layar kalian menjadi bolong. Tetapi panel yang ada di dalam layar hape yang bermasalah.

Cara kerja panel yang ada di dalam handphone adalah sebagai scanner untuk menampilkan gambar pada layar.

JakartaNotebook

Panel Smartphone

Panel baru akan bekerja jika diterangi oleh cahaya. Biasanya panel akan dikelilingi oleh lampu-lampu untuk memberikan cahaya agar dapat menampilkan gambar.

Nah yang terjadi padascreen bleedingadalah saat salah satu dari area panel mengalami kerusakan.

Jadi pada saat lampu menerangi si area panel yang rusak di dalam handphone kalian, maka cahaya dari lampu tersebut akan tembus atau bocor.

Sehingga kalian dapat melihat cahaya tersebut dari depan layar kalian. Itu dia alasan kenapascreen bleedingdiartikan cahaya bocor.

Baca Juga : Pocophone F1 Banyak Masalah, Ini 10 Perbaikan yang Dilakukan Xiaomi

Namunscreen bleedingini awalnya tidak terlalu terlihat, hanya mata yang jeli yang dapat melihatnya.

Begini cara mendeteksi masalahscreen bleedingyang ada pada layar hape.

Pertama

Buka gambar yang berwaran solid hitam atau putih. Lalu aturbrightnespada tingkat maksimal. Maka akan terlihat jelas jika layar kalian bermasalah.

Kedua

Cara selanjutnya ini adalah dengan mendownload aplikasi yang ada pada Playstore. Salah satu aplikasi yangrecomendedadalah Screen Test dari Amberfog.

amel
amel

Aplikasi Screen Test

Dalam aplikasi ini, akan muncul beberapa warna-warna solid seperti merah, hitam, putih, hijau, biru, dan dapat juga menampilkan color bar.

Ketiga

Sebenarnya ada kode rahasia untuk mengecek apakah ada kerusakan pada layar hape kita. Caranya, dengan mengetik ####1111# atau *#*#0*#*#* lalu pilih Item test.

Itulah sedikit penjelasan dariscreen bleeding dan sedikit tips untuk mendeteksi apakah layar hape kita mengalami masalah.(*)

Editor : Kama

Baca Lainnya