Apa Itu Benchmark? Mari Mengenal Lebih Dekat Istilah Komputer Ini

Senin, 24 September 2018 | 15:47
BetaNews

Ternyata Benchmark bukan jargon yang sulit dimengerti lho.

Laporan Wartawan NexTren, David Novan Buana

NexTren.com – Pernahkah kamu mendengar mengenai Benchmark, terutama bila kamu ingin membeli komponen komputer atau laptop?

Kata yang mungkin asing di telingamu tersebut ternyata adalah sesuatu yang penting untuk diketahui, terutama untuk orang yang menggunakan teknologi komputer.

Sebab, tanpanya kamu tidak bisa mengetahui seberapa besar kemampuan suatu perangkat, baik itu komputer, laptop, bahkan sampai smartphonetanpa mencobanya langsung.

Benchmark sendiri sebenarnya adalah sebuah proses menguji kemampuan perangkat komputer dengan menggunakan program yang dirancang khusus.

Melalui program tersebut, komputer akan dihadapkan pada serangkaian tes untuk melihat kinerjanya secara keseluruhan.

Program semacam ini dibutuhkan, terutama ketika kamu ingin membeli komponen komputer atau komputer secara keseluruhan, supaya kamu tahu bahwa harganya sepadan dengan kemampuannya.

Proses dari Benchmark sendiri sebenarnya cukup sederhana, yaitu hanya dengan menjalankan program saja dan nantinya secara otomatis hasilnya akan muncul di layar monitor.

Baca Juga : Hasil Benchmark Diduga Peringkat HTC U12 Life Beredar di Internet

Hasil dari Benchmark sendiri berupa angka, yang untuk membacanya kamu perlu membandingkannya dengan hasil Benchmark perangkat yang serupa.

Misalnya, kamu melakukan Benchmark terhadap laptop A dengan harga 15 juta, maka hasil Benchmarknya perlu kamu bandingkan dengan laptop B dengan harga 15 juta pula.

Contoh tersebut biasanya digunakan ketika kamu ingin membeli laptop dengan kelas sepadan dan harga yang sekelas pula.

Namun seringkali Benchmark digunakan untuk menetapkan peringkat dari komponen komputer secara keseluruhan, misalnya graphics card atau prosesor.

Dengan begitu, kamu bisa melihat langsung berapa hasil Benchmark dari suatu komponen berbanding komponen lain, plus harganya.

TechPowerUp

PCMark biasanya digunakan untuk mengetes kemampuan komputer dalam menjalankan aplikasi sehari-hari.

Untungnya, program Benchmark saat ini sudah pintar, karena kamu tidak perlu lagi mencari hasil pembandingnya di internet.

Karena, hasil Benchmark yang kamu dapatkan akan langsung dipadankan dengan perangkat lain dan kamu bisa melihat peringkatnya di sana.

Beralih ke jenisnya, Benchmark sendiri dipisahkan menjadi dua jenis, yaitu Synthetic Benchmark dan Application Benchmark.

Synthetic Benchmark merupakan tes yang ditujukan untuk mengetahui batas kemampuan komponen atau sistem komputer melalui rangkaian tes yang sangt berat.

Sedangkan Application Benchmark berguna untuk mengetahui kemampuan komponen atau sistem komputer ketika menjalankan aplikasi sehari-hari.

Baca Juga : Aplikasi AnTuTu Benchmark, Aplikasi Pengetesan Smartphone Terbaik

Itu sebabnya Application Benchmark lebih mencerminkan kemampuan di dunia nyata, sedangkan Synthetic Benchmark berguna untuk mengetes kemampuan individual komponen, bukan sistem secara keseluruhan.

Hasil Synthetic Benchmark biasanya digunakan oleh entusias dan arsitek komponen untuk mengetahui batas atas kemampuan komponen, dan mencari tahu cara meningkatkannya lebih tinggi lagi.

Bila kamu tertarik untuk menggunakan Benchmark, sebenarnya saat ini untuk melakukannya sudah sangat mudah dan tidak rumit seperti dahulu.

Kamu hanya perlu mengunduh program Benchmark, menjalankannya di komputer atau smartphone, dan kamu bisa langsung melihat hasilnya tanpa banyak proses.

Saat ini, program Benchmark terkemuka untuk komputer adalah PCMark, dan 3DMark untuk melihat kemampuan komputer menjalankan program 3D, misalnya video game.

AnandTech

Aplikasi 3DMark digunakan untuk melihat kemampuan menjalankan aplikasi 3D, biasanya untuk video game.

Melalui hasilnya, kamu bisa mengetahui apakah komputermu akan lancar menjalankan game berat, atau kamu perlu menambahkan komponen grafis baru di sana.

Sedangkan untuk perangkat mobile seperti smartphone, kamu bisa menggunakan Antutu Benchmark dan Geekbench 4.

Cara membacanya sebenarnya mudah saja, kamu hanya perlu melihat perbandingan skor Benchmarkmu dengan perangkat lain yang juga ditampilkan di hasilnya.

Biasanya secara sederhana kamu akan melihat hasilnya seperti “perangkatmu lebih baik dari 90% perangkat lain.”

Bila demikian, artinya perangkatmu lebih baik dibandingkan 90% perangkat yang ada di dunia saat ini, dan ini membuktikan kemampuan perangkatmu ada di peringkat atas.

Baca Juga : Razer Phone 2 Dibekali Snapdragon 845, Tapi Kalah Skor Geekbench dari Pocophone F1

Selain itu ada pula perbandingan skor dengan perangkat populer saat ini, misalnya untuk smartphone dibandingkan dengan Samsung Galaxy Note9 atau perangkat lain yang terkenal.

Menariknya, saat ini kamu juga bisa memilih beberapa jenis tes di program Benchmark, misalnya untuk kegiatan kantoran, rumahan, atau untuk main game.

Ada pula tes yang mampu melihat seberapa lama baterai di perangkatmu bisa bertahan menghadapi program kantoran atau game; akan tetapi biasanya tes tersebut memintamu untuk membayar uang langganan.

Bagaimana? Apakah kamu ingin melihat seberapa besar kemampuan perangkatmu bila dibandingkan perangkat lain di dunia?

Atau mungkin kamu ingin mengetahui perangkat apa yang punya kemampuan besar dan masih masuk ke dalam dana membeli perangkat barumu?

Antutu

Aplikasi Antutu setiap bulannya memberikan perbandingan skor perangkat Android terbaik berdasarkan tes Benchmarknya.

Kalau begitu, tidak ada salahnya kamu mencoba menggunakan Benchmark, apalagi program yang populer seperti PCMark, 3DMark, Antutu, dan GeekBench gratis digunakan.

Selain itu, sekarang kamu sudah bisa menjelaskan kepada temanmu dan orang terdekatmu apa itu Benchmark!(*)

Editor : Kama

Baca Lainnya