MSI P65, Laptop Tipis dan Ringan Untuk Power User & Content Creator

Senin, 10 September 2018 | 16:28
MSI

MSI P65, tipis dan bertenaga besar.

NexTren.com – Demi memenuhi kebutuhan graphics designer, content creator, dan profesional akan laptop yang kencang dan tipis, MSI luncurkan lini laptop terbarunya P65.

Dirancang khusus untuk digunakan oleh power user, kemampuan dari laptop ini tentu saja tidak sembarangan.

Mulai dari prosesor yang digunakan oleh P65 sampai graphics card dan layarnya ditujukan untuk penggunaan yang berat, terutama pada grafis.

Menariknya, laptop ini mampu menekan dimensinya supaya tetap tipis, yaitu hanya 17.9mm dan memiliki berat hanya 1.88Kg.

Sedangkan untuk dimensi keseluruhannya, MSI P65 dikemas ke dalam ukuran 357.7 x 247.7 x 17.9 mm, dan tentunya mudah untuk dibawa dan dimasukkan ke dalam tas.

Terlepas dari tingginya tingkat mobilitas laptop ini, kemampuannya tentu saja harus pula bisa mendukung pekerjaan berat.

Baca juga:Deretan Laptop Gaming MSI Mulai Rp 10 Jutaan, Ada Prosesor Intel Core i9

Hal ini bisa terlihat dari digunakannya prosesor Intel Core i7 generasi kedelapan terbaru, yang mampu memangkul pekerjaan untuk power user.

Beberapa pekerjaan yang bisa dengan mudah dilakukan oleh prosesor sekaliber ini adalah mengedit gambar dan video, bahkan sampai file raw HD dan video 4K sekalipun.

Tidak terpaku pada editing video saja, prosesor tersebut juga sangat ideal untuk mengerjakan kalkulasi yang banyak dan rumit, terutama bila kamu sering menggunakan excell untuk akunting.

MSI tentu saja tidak membebani semua tugas kepada prosesornya, terutama untuk proses grafis yang berat.

Untuk tugas tersebut, laptop ini memberikannya kepada graphics card NVIDIA GeForce GTX 1060 dengan Max-Q Design 6GB GDDR5.

MSI

Meskipun tipis, laptop ini dirancang untuk editing video dan content creator.

Digunakannya graphics card dengan kaliber gaming tersebut membuat laptop ini bisa dengan mudah memproses grafis 3D dengan mudah, termasuk di dalamnya editing video dan memainkan game.

Ditambah lagi, digunakannya arsitektur Max-Q membuat dimensi graphics card tersebut menjadi tipis dan ringan.

Selain menggunakan GTX 1060, laptop ini juga memberikan opsi lain yaitu NVIDIA GeForce GTX 1050 Ti dengan 4GB GDDR5.

Baca juga:Dell XPS 15 Dan XPS 15, Laptop Tablet Tipis dan Kencang Ini Harganya Bikin Melongo

Opsi ini sangat tepat untuk pengguna yang ingin menghemat biaya pembelian laptop, dan juga karena tidak terlalu membutuhkan daya grafis sebesar versi GTX 1060.

Beralih ke layar yang digunakan oleh laptop ini, ternyata yang digunakan adalah ukuran 15.6" FHD (1920x1080) dengan IPS panel.

Layar dengan resolusi 1080p tersebut sangat cocok untuk mengedit grafis, bermain game, dan menonton film bluray.

Bila kamu tidak puas dengan layar 1080p dan ingin menonton 4K, maka laptop ini memberikan opsi untuk menggunakan port HDMI, Micro DisplayPort, dan USB Type-C yang ada di sana untuk dihubungkan ke monitor tambahan.

Bicara mengenai port, laptop ini tergolong cukup lengkap, karena ada SD card reader, USB Type-C, USB Type-A, HDMI, Micro DisplayPort dan ethernet jack di sana.

Satu hal yang peerlu menjadi perhatianmu adalah layar pada laptop ini dirancang dengan tingkat akurasi warna yang tinggi, hampir mencapai 100% sRGB.

MSI

Laptop ini memiliki keamanan sensor sidik jari dengan sertifikasi Windows Hello.

Level warna tersebut membuat layarnya mampu menghasilkan spektrum yang lebar dan membuat gambar yang ditampilkan memiliki warna sangat mendekati aslinya.

Hal ini tentunya bisa menjadi kelebihan untuk pengguna yang ingin mengedit gambar dan video di sana, karena menambahkan monitor ekstra dengan akurasi warna setinggi itu cukup mahal.

Beberapa hal lain yang cukup menarik untuk diketahui adalah adanya bezel atau tepian layar yang begitu tipis, mencapai 4.9 mm saja dan membuat layar terasa lebih lebar.

Laptop ini juga menjanjikan mampu dioperasikan untuk mengerjakan pekerjaan berat dan tetap bisa menjaga suhunya tetap rendah.

Baca juga:Laptop Gaming ASUS FX505 dan FX705, Kencang dan Terjangkau Harganya

Suhu yang tinggi, bahkan sampai merambat ke badan laptop dan menyakiti tangan adalah masalah besar yang kerap terjadi pada laptop kaliber atas; itu sebabnya kemampuan laptop ini untuk tetap dingin bisa menjadi kelebihannya.

Elemen terakhir yang perlu diperhatikan adalah ketahanan baterainya yang cukup lama, apalagi untuk laptop yang tipis.

Ketika kamu menggunakan MSI P65 dengan tugas yang wajar, laptop ini bisa tetap menyala dan digunakan nonstop selama sembilan jam.

Sebagai tambahan yang penting, laptop ini juga memiliki keamanan berupa sensor sidik jari bersertifikasi Windows Hello, yang biasanya digunakan untuk solusi keamanan data bisnis berprivasi tinggi.

Selain MSI P65 yang dijual untuk umum dengan warna Silver, ada pula edisi terbatas berwarna putih yang dilengkapi dengan graphics card NVIDIA GeForce GTX 1070 Max-Q GPU, Hi-Res Audio, dan Thunderbolt 3.

MSI

Tersedia jajaran port yang cukup lengkap.

Jelas bahwa edisi terbatas tersebut memiliki kekuatan grafis yang lebih besar, kualitas suara lebih baik, dan konektor Thunderbolt 3 yang bisa digunakan untuk dihubungkan ke graphics card eksternal, dan pada akhirnya membuat laptop ini semakin kuat lagi.

Sayangnya, sampai artikel ini ditulis MSI masih belum memberikan harga yang pasti untuk laptop yang sangat menarik untuk power user ini.(*)

Editor : Kama

Sumber : MSI

Baca Lainnya