Waspada Bakal Boros Kuota Data Kalau Kamu Terbiasa Hapus Cache Hape

Rabu, 11 Juli 2018 | 21:17
Youtube

Clear Cache Data

Nextren.com - Bagi yang memiliki permasalahan mengenai memori penyimpanan dalam ponsel, mungkin tidak asing dengan istilah cache, sudah pasti Anda sering menghapusnya.

Cache sendiri sering muncul di memori penyimpanan dan membuat memori penyimpanan menjadi penuh.

Pengertian dari cache adalah penyimpanan sementara dalam memori, yang tujuannya agar proses menuju situs atau aplikasi lebih cepat, tanpa memerlukan loading.

Namun, dampaknya memori internal akan cepat penuh dengan menumpuknya cache penyimpanan.

(BACA :Jago Photoshop, Fotografer Ini Sukses Kembalikan Kenangan Masa Kecil )

Nah, Jika Anda seringkali membersihkan cache mungkin Anda perlu mengetahui apa saja manfaat baik dan manfaat buruk dari membersihkan cache, berikut ini penjelasannya.

ManfaatPositif

Jika kita menghapus cache tentu manfaat utamanya adalah membuat memori menjadi lega, sebab cache yang menumpuk di memori akan bersih.

Selain itu, terkadang cache yang terlalu banyak dan menumpuk, menyebabkan ponsel menjadi lemot, hingga menyebabkan hang.

Terlebih, aplikasi terkadang sampai lag untuk dijalankan akibat cache terlalu penuh, dengan menghapus cache, tentu aplikasi yang semula lemot atau lag akan berjalan kembali dengan normal.

(BACA :Fungsi Fitur Question Jadi Perdebatan, Ini Konfirmasi Resmi Instagram )

Manfaat Negatif

Sedangkan untuk manfaat negatifnya, rupanya cache juga sangat bermanfaat bagi smartphone Anda.

Salah satunya ketika Anda sering membuka suatu situs internet, jika cache tidak Anda hapus anda bisa mengaksesnya dengan cepat tanpa loading berat.

Sebaliknya jika cache sudah Anda hapus, anda perlu memulai ulang untuk membukanya.

(BACA :Stop Main Hape Sambil Tiduran, Kamu Bisa Alami Dampak Buruk Ini )

Hal itu juga berlaku untuk aplikasi yang membutuhkan koneksi internet seperti Instagram misalnya, jika cachenya sudah Anda hapus.

Ketika Anda membuka Instagram setelah menghapus cache, tampilan utama Instagram hanya layar putih saja.

Itu artinya Anda dalam kondisi memulai ulang, akibatnya anda perlu menggunakan data internet yang cukup menguras kuota, untuk menampilkan kembali foto-foto di dalam aplikasi Instagram.(*)

Artikel ini sudah tayang di intisari.grid.id, dengan judul : Hapus Cache Memang Bisa Bikin Smartphone Bekerja Lebih Cepat, Tapi Jadi Lebih Boros Kuota Internet, Ini Penjelasannya!

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya