9 Kesalahan Menggunakan Instagram yang Sering Kita Lakukan Saat Pacaran

By Indra Pramesti, Rabu, 16 Mei 2018 | 06:47 WIB
Ini dia kesalahan yang sering kita lakukan saat menggunakan Instagram! (Indra Pramesti)

Media sosial terutama Instagram bisa jadi tempat buat kita mengekspresi perasaan, termasuk kepada pacar. Tapi ketika segala sesuatunya di-share, hati-hati sama bahayanya.

Nah, biar enggak salah lagi, yuk kenali 9 kesalahan menggunakan Instagram yang sering kita lakukan saat berpacaran.

(Baca juga: 4 Alasan Utama Kenapa Kita Bisa Cemburu Dalam Hubungan Percintaan)

Kebanyakan orang bakal kesal sama kebiasaan seseorang yang saling nge-share postingan tentang pasangannya secara terus-menerus. Insagram bukan soal komunikasi antar orang-perorang tapi soal komunikasi antar orang-pada-dunia yang luas.

Hal ini dibuktikan lewat studi berjudul Humblebragging: A Distinct and Ineffective Self-Presentation Strategy yang menyebutkan bahwa seseorang yang terlalu berlebihan dalam nge-share hubungan percintaannya bakal semakin enggak akrab sama teman-temannya lagi. Demikian dipaparkan oleh Dr. Pamela Rutledge, direktur Media Psychology Research Center.

Kalau tema postingan kita terus berganti-ganti, mungkin orang lain bakal lebih berminat buat nge-like. Tapi kalau nge-post selfie sama pacar terus bakal bikin followers bosen dan kesal juga.

Berkali-kali nulis soal deskripsi panjang tentang pacar kita ternyata juga bikin orang lain jengah, lho. Bahkan hal ini menunjukkan tanda kalau kita diam-diam ternyata ragu dengan keterikatan yang kita jalani sama pacar (anxious attachment).

Anxious attachment adalah kondisi ketika kita pengin menunjukkan hubungan yang solid dan enggak bisa dihancurkan. Padahal kenyataan yang terjadi berkebalikan.

Meskipun kita pergi jalan dan having fun sama pacar, kita dan dia aktif terus sama gadget masing-masing. Alhasil instagram story kita sama dia bisa panjang banget seolah-olah sedang memperlihatkan kalau kita dan dia menikmatinya.