Hands On Vivo X21 dan Vivo Apex, Full Display dan Sidik Jari di Layar

Kamis, 24 Mei 2018 | 13:11
NexTren.com

Vivo memperkenalkan vivo X21 dan vivo Apex, tim NexTren.com berkesempatan untuk mencobanya

Laporan Wartawan NexTren.com, Kama Adritya

NexTren.com -Inovasi merupakan sebuah keharusan di dunia teknologi, terlebih lagi di industri smartphone yang tiap tahunnya harus memberikan peningkatan.

Untuk itu, setiap fitur baru atau teknologi baru akan menjadi sesuatu yang akan dibanggakan oleh sang produsen.

Karena umumnya teknologi baru itu kemudian akan diikuti dan diterapkan oleh para pesaingnya juga yang kemudian menjadi 'follower'.

(BACA:Tenyata Hal Ini yang Bikin 700 Ribu Nokia X6 Terjual dalam 10 Detik)

vivo sebagai salah satu produsen smartphone asal Tiongkok ini juga terus mengembangkan inovasinya.

Tim NexTren.com berkesempatan untuk memegang secara langsung dua produk baru dari vivo, yaitu vivo X21 dan vivo Apex.

NexTren.com
Kama/NexTren.com

Vivo Apex memiliki layar hampir tanpa tepi atau bezelless. Bentuknya yang kotak juga menawan dan elegan

vivo Apex dengan Layar Penuh Tanpa Bezel

Yang paling menarik adalah vivo Apex yang diperkenalkan lebih dahulu di MWC 2018 lalu di Barcelona.

Meski vivo Apex masih berupa konsep atau prototype, namun tak lama lagi akan segera dikeluarkan dalam bentuk retail. Konon di Tiongkok tanggal 12 Juni ini akan segera diumumkan.

Keunikan dari vivo Apex adalah desain dan fitur kamera depan yang tersembunyi. Demi menghadirkan desain smartphone yang full display atau bezelless (tanpa poni/notch), vivo mengembangkan fitur di mana kamera depannya dapat keluar masuk di sisi bagian atas.

(BACA:Inifinix Hot S3 Bakal Dijual Dalam RAM 4GB dan ROM 64GB, Ini Tanggalnya)

Langkah cerdas vivo ini membuat kamera depan tersebut tidak harus berada di bagian layar depan, sehingga menghilangkan poni atau notch yang terkenal akibat iPhone X yang tidak bisa menyembunyikan kamera depan dan sensor face detectionnya.

Hanya butuh waktu 0,8 detik untuk mengeluarkan kamera depan tersebut untuk segera memenuhi kebutuhan kamu akan selfie.

vivo juga menggunakan teknologi speaker yang berada di balik layar. Sehingga kamu bisa mendengar suara yang digetarkan lewat layar. Hal ini juga menghilangkan lubang speaker di bagian depan.

NexTren.com
Kama/NexTren.com

Inovasi baru di vivo Apex adalah kamera depan yang bisa disembunyikan, tanpa harus mengganggu layar display

Layar tanpa tepi atau bezelless ini juga menggunakan layar OLED yang terkenal paling bagus gambar dan kontrasnya. Layar vivo Apex terlihat begitu tajam dan hitam pekat, sehingga jika kamu menaruhnya di atas permukaan berwarna hitam, maka smartphone ini akan tak terlihat.

Sayangnya, saat ini vivo Apex hanya masih sebatas konsep. Namun, rasanya dalam waktu dekat kita akan segera mendapat kabar bahwa hape ini akan segera diluncurkan di Indonesia. Meski tim NexTren.com juga masih belum mendapat info apakah spesifikasi hape tersebut akan berubah atau tidak.

Selama tim NexTren.com memegangnya, ada satu kelemahan yang terlihat dari vivo Apex. Yaitu kapasitas baterainya yang cepat habis. Untungnya fitur fast charging diusungnya, sehingga untuk mengisi ulang baterainya juga tak perlu waktu lama.

(BACA:Motorola Moto Z3, Hape Ini Tampil dengan Desain Mahal dan Elegan)

Fitur Fingerprint On Display yang Akan Menjadi Hit

Selain fitur kamera depan yang tersembunyi, vivo Apex juga memiliki fitur fingerprint on display. Atau dengan kata lain, fitur pemindai sidik jari yang berada di layar.

Hal inovatif ini juga rasanya akan segera diadopsi oleh produsen smartphone lain, karena fitur ini sangat membantu proses pembuka keamanan.

Separuh dari layar hape ini dapat membaca sidik jari kita, bahkan dapat membaca dua sidik jari sekaligus.

Layaknya sensor sidik jari yang sudah umum di hape, layar vivo Apex dapat memindai sidik jari kita dan membuka hape dalam waktu singkat.

Fitur ini juga dapat membantu proses pembayaran, di mana kita bisa menempelkan sidik jari ke layar dan rekan transaksi kita juga melakukan hal yang sama pada saat yang bersamaan.

Rasanya tak lama lagi, semua produsen akan memiliki fitur ini. Sama halnya seperti fitur Face Unlock yang sedang hits itu.

NexTren.com
vivo

Vivo X21 memiliki desain yang mirip dengan vivo V9, namun dengan fitur dan spesifikasi yang jauh leb

(BACA:Ini Perbedaan OPPO F7 Youth dan OPPO F7, Lebih Murah Rp 400 Ribu)

vivo X21, Smartphone Kelas Atas dengan Snapdragon 660

Selain vivo Apex, tim NexTren.com juga berkesempatan untuk menguji vivo X21.

Secara desain dan penampilan, vivo X21 tidak jauh berbeda dengan vivo V9. Keduanya sama-sama memiliki layar 19:9 dan poni atau notch ala iPhone X.

Namun, yang membedakan berada pada spesifikasi yang diusungnya.

vivo X21 sudah menyematkan Snapdragon 660AIE. AIE di sini merupakan singkatan dari Artificial Intelligence, di mana vivo meminta Qualcomm untuk membuatkan chip khusus untuk vivo X21 ini.

Chip tersebut tentu jauh lebih baik dari chip yang diusung oleh vivo V9. Hal ini juga berpengaruh ke kamera belakang yang memiliki resolusi lebih baik, yaitu 12 MP + 5 MP dengan aperture f/1.8.

(BACA:Bocoran Desain Xiaomi Redmi 6A, Desainnya Pakai Notch Kayak iPhone?)

Dan tentunya, vivo X21 yang kelasnya di atas kelas V9, juga mengusung fitur fingerprint on display. Sama seperti yang ada pada vivo Apex.

Hanya saja, tidak semua X21 akan memiliki fitur ini. Vivo mengeluarkan dua varian, yaitu X21UD dan X21 biasa. Di mana X21UD adalah yang memiliki fitur tersebut.

Saat ini, vivo X21 sedang dalam proses persiapan untuk dijual di Indonesia. Mengingat vivo X21 juga akan menghadirkan varian khusus Piala Dunia (World Cup), harusnya hape ini akan segera hadir di Indonesia.

Sayangnya harga juga belum ditetapkan untuk vivo X21 ini. Namun, menurut tebakan tim NexTren.com, harga bisa berkisar di antara 4 jutaan atau 5 jutaan. (*)

Editor : Kama

Baca Lainnya