Video Call 5G Pertama Yang Berteknologi 3D Structured ala OPPO

Rabu, 16 Mei 2018 | 13:13
Ira

Video 3D ala OPPO

Laporan wartawan Nextren, Wahyu S.Nextren.com - Video Call saat ini cukup marak berkat hadirnya jaringan 4G yang makin merata.Gambar dan suara yang sudah cukup baik bisa dinikmati dalam video call, meski seringkali ditemui terputus atau ada jeda.Kabar baiknya, kini sudah mulai diujicoba video call berbasis jaringan 5G.OPPO Global Research Institute yang berpusat di Shenzhen, baru saja mengumumkan keberhasilannya saat mendemonstrasikan panggilan video 5G pertama di dunia menggunakan Teknologi 3D Structured Light. Demonstrasi ini mereproduksi gambar 3D potrait pada penerima jarak jauh menggunakan informasi dari kamera 3D Structure Light di smartphone OPPO, dan prototipe terminal NR 5G dari Qualcomm Technologies.

(BACA : Smartisan R1, Hape Memori 1000 GB Pertama Di Dunia, Harganya Rp 19 Jutaan )Keberhasilan demo teknologi inovatif ini menandai tonggak baru dalam penerapkan standar teknologi 5G pada industri dan memfasilitasi eksplorasi aplikasi baru di era 5G.Demonstrasi Panggilan Video 5G dengan 3D Structured Light Technology tersebut memanfaatkan perangkat OPPO R11s khusus dengan integrated structured light camera. Demo ini mengumpulkan informasi kedalaman warna dan 3D dari objek target dengan menggunakan sensor RGB dan integrated structured light camera.

Informasi ini ditransmisikan pada jaringan 5G, akhirnya dapat menampilkan objek target pada remote display screen.

Bai Jian, Director of the Hardware Research Center of OPPO Research Institute, mengatakan, “Keberhasilan video call 5G memanfaatkan 3D structure light technology ini bakal akan dikomersialkan pada smartphone."

Menurut Bai Jian, teknologi baru bakal bisa dinikmati pengguna OPPO dalam waktu sekitar 6 bulan ke depan.Riset 5G ini sudah dilakukan sejak 3 tahun yang lalu oleh OPPO, termasuk aktif berpartisipasi dalam standardisasi internasional produk 5G.

(BACA :7 Fitur Baru Grup Chatting WhatsApp, Sesama Admin Bisa Saling Usir! )Sementara itu, Tang Hai, Director of the Standardization Research Group of OPPO Research Institute mengatakan, pada Januari 2018 lalu, OPPO punya program percontohan 5G dengan Qualcomm Technologies, menargetkan untuk menjadi produsen smartphone pertama pada 2019Menampilkan kecepatan tinggi (eMBB), kapasitas besar (mMTC), dan latensi rendah (URLLC), teknologi 5G dianggap sebagai awal baru pada industri telekomunikasi seluler.

(BACA :Asus Zenfone 5 dan Asus Zenfone Live L1 Meluncur 17 Mei, Catat! )

Ira
Ira

Chen Yan, Director of Software Research Group of OPPO Research Institute

Dikatakan oleh Chen Yan, Director of Software Research Group of OPPO Research Institute, bahwa mobile internet hampir menghilangkan batasan antara dunia fisik dan dunia digital. Sementara konten 3D akan lebih meningkatkan pengalaman pengguna. Dengan memanfaatkan 3D structure light technology, maka pengguna akan diberikan pengalaman dalam dunia mobile terbaru, seperti Secure Payment, 3D Reconstruction, AR dan Game. (*)

Editor : Wahyu Subyanto