Rupiah Melemah, Orang Indonesia Tetap Doyan Belanja Online

Jumat, 04 September 2015 | 11:11
Reska K. Nistanto/KOMPAS.com

Henky Prihatna, Country Industry Head Google Indonesia memaparkan hasil survei e-commerce Indonesia, Kamis (3/9/2015).

Terpuruknya nilai tukar rupiah terhadap mata uang dollar Amerika Serikat ternyata tidak memengaruhi kebiasaan orang Indonesia dalam berbelanja online, terutama dari perangkat mobile.Menurut survei yang dilakukan oleh Google Indonesia bersama dengan e-commerce Elevenia pada Desember 2014 hingga Februari 2015, transaksi online justru tetap tumbuh. Sebanyak 78 persen responden survei yang berasal dari kalangan pengguna layanan Elevenia melakukan belanja online dari perangkat mobile."Aktivitas shopping juga tinggi di smartphone, mungkin karena dulu smartphone kecil layarnya, dan sekarang lebih besar, orang jadi lebih nyaman," demikian terang Henky Prihatna, Country Industry Head Google Indonesia saat dijumpai di kantor Google Indonesia di Jakarta, Kamis (3/9/2015)."Selain itu, keamanan transaksi mobile juga dipandang lebih meningkat, orang sekarang lebih confident dan makin gampang," imbuh Henky.Sementara itu, menurut Elevenia, melemahnya nilai tukar rupiah terhadap dollar AS tidak memengaruhi transaksi."Online semua tetap tumbuh, angkanya naik, baik transaksi maupun traffic," ujar Madeleine Ong, Vice President Marketing Division Elevenia di kesempatan yang sama.Madeleine membeberkan nilai transaksi Elevenia pada Juni lalu mencapai Rp 100 miliar, sementara bulan Agustus lalu transaksinya naik menjadi 130-135 hingga miliar rupiah per bulan.Pengunjung Elevenia juga disebut Madeleine semakin ke sini semakin banyak yang berasal dari perangkat mobile. "Kalau dulu awalnya 40 persen pengunjung dari perangkat mobile, maka sekarang naik menjadi 60 persen," ujarnya.Selain itu, rata-rata nilai transaksi yang dilakukan pengunjung Elevenia juga naik, dari sebelumnya Rp 50.000 - 100.000, maka kini rata-rata menjadi Rp 300.000."Melihat hasil survei di atas, ini bisa menjadi implikasi bagi pemasar bahwa konsumen urban telah mulai beralih ke mobile," kata Henky.Google Indonesia dan Elevenia melakukan survei di kota-kota besar di Indonesia, yaitu Jakarta, Bogor, Tangerang, Bekasi, Bandung, Surabaya, dan Semarang selama periode tiga bulan, dari Desember 2014 hingga Februari 2015 melalui metode tatap muka langsung.

Tag

Editor : Oik Yusuf