Find Us On Social Media :

'Tangerine,' Film yang Seluruh Adegannya Direkam Menggunakan iPhone 5s

By Moh Habib Asyhad, Selasa, 13 Oktober 2015 | 15:00 WIB

'Tangerine,' Film yang Seluruh Adegannya Direkam Menggunakan iPhone 5s

Intisari-Online.com - Setelah diikutsertakan dalam Sundance Film Festival, film indie bergenre komedi berjudul Tangerine baru saja ditayangkan secara terbatas di bioskop-bioskop AS. Berbeda dengan film-film lainnya, seluruh adegan di film ini direkam menggunakan iPhone 5s.

Banyak orang mengklaim bahwa iPhone 5s adalah smartphone dengan kamera terbaik yang pernah dibuat Apple.

Dari penuturan Sean Barker dan Chris Bergoch, penulis dan sutradara film tersebut, dikutip dari Nextren, film ini dibuat menggunakan tiga unit iPhone 5s. iPhone-iPhone tersebut dipasangkan dengan adapter untuk menghasilkan gambar standar bioskop layar lebar serta menggunakan mounting khusus agar pergerakan kamera terasa halus.

Untuk mengontrol fokus dan diafragma lensa secara manual, Barker dan Bergoch menggunakan aplikasi video FilLMIC Pro.

“Hasilnya luar biasa,” tulis Cnet. Sekilas tidak ada perbedaan dengan film-film pada umumnya. Satu-satunya cara mengetahui bahwa film tersebut direkam dengan smartphone adalah depth-of-field yang lebar dalam kamera iPhone.

Alih-alih membuat background atau foreground terlihat blur, kamera ponsel merekam segalanya dengan jelas, bukan hanya tokoh di latar depan, namun orang-orang yang berlalu-lalang di latar belakang juga. “Mobil-mobil yang lewat, rambu-rambu, billboard, stiker di jendela, semua terlihat fokus dan detil,” tulis ulasan yang dibuat oleh Cnet.

Sebagai informasi, terutama bagi para pembuat film, iPhone 5s bisa menjadi pengganti kamera profesional jika biaya produksi terbatas. Untuk lebih jelasnya, berikut trailer Tangerine yang seluruh gambarnya direkam menggunakan iPhone 5s.