6 Cara Hemat agar Startup Kamu Dikenal Orang

Selasa, 26 Mei 2015 | 14:13
BBC

Logo Twitter.

Kamu tertarik mendirikan startup tapi bingung memasarkannya dengan dana terbatas? Kamu bisa belajar mengoptimalkan mesin pencari dengan teknik growth-hacking.

Sembari belajar, kamu juga harus cekatan memanfaatkan peluang pemasaran lain. Misalnya melalui penggunaan media sosial yang efektif dan efisien.

Pasalnya, media sosial adalah tempat sebagian besar masyarakat modern saat ini bernaung dan mencari informasi. Di Twitter, tiap detik muncul kicauan yang berisi informasi penting atau sekadar curhat.

Apapun bentuknya, yang jelas ada massa di sana yang bisa digarap. Nah, berikut beberapa langkah mudah memasarkan bisnis lewat Twitter.

Pertama, bikin tampilan Twitter yang menarik.

"Kamu cuma punya kesempatan sekali untuk membuat kesan pertama''. Kata-kata itu perlu kamu benamkan dalam mempromosikan startup lewat media sosial. Di Twitter, kesan pertama dimulai dari desain laman akun.

Jika netizen tak menyukai tampilan Twitter-mu, mereka tak bakal ujuk-ujuk mengikuti atau tertarik dengan produk atau jasa yang kamu tawarkan. Berikut beberapa tips untuk mengimplementasikan rancangan desain Twitter yang menarik.

1. Gunakan dimensi yang tepat untuk foto profil (200x200 piksel) dan kepala laman (1500x500 piksel).2. Tulis bio yang spesifik dan mencerminkan apa yang dibutuhkan target pasarmu.3. Tempel cuitan paling relevan agar selalu terlihat di laman paling atas.

Techwyse

contoh tampilang Twitter promosi yang menarik

Kedua, ikuti sebanyak-banyaknya orang.

Bisnis kecil dengan dana iklan terbatas bakal menyusahkan kamu menjaring pengikut. Satu-satunya cara agar orang-orang melirik startup-mu adalah dengan mengikuti sebanyak-banyaknya orang. Tentu, orang yang kamu ikuti sudah lolos algoritma tertentu yang menurutmu potensial disasar sebagai pangsa pasar.

Techwyse

Menggaet pengikut dengan mengikuti mereka terlebih dahulu

Ketiga, unggah konten visual.

Mencuit dengan gambar bisa menarik perhatian massa dua kali lipat dari teks. Saat ini, Twitter bahkan telah mengakomodir pengunggahan video yang bisa kamu optimalkan.

Bagi gambar atau video yang unik, sertakan tagar yang mampu menjaring banyak massa, dan gunakan dimensi yang tepat (440x220 piksel).

Techwyse

Unggah konten gambar untuk promosi di Twitter

Keempat, ciptakan obrolan.

Kelebihan Twitter dibandingkan media sosial lainnya adalah keterbukaan yang lebih membumi. Kamu bisa berinteraksi dengan siapapun tanpa harus mengikuti atau menyukai unggahan seseorang.

Cukup gunakan pencarian khusus di Twitter untuk menemukan kicauan yang relevan dengan startup-mu. Lalu balas kicauan relevan tersebut dan bangunlah ikatan dengan calon pelangganmu.

Techwyse

''Nimbrung'' pada kicauan netizen yang relevan dengan bisnismu

Kelima, mulailah kultwit.

Menciptakan obrolan menarik untuk membangun ikatan awal dengan calon pelanggan. Setelahnya, kamu bisa naik level dengan melakukan kultwit saat pengikutmu sudah lumayan banyak.

Kamu tinggal memilih topik relevan, ciptakan tagar, pilih waktu strategis, promosikan waktu kultwit ke para pengikutmu, dan mulailah kultwit.

Techwyse

kultwit di Twitter dengan tagar untuk mendapat respon langsung dari pengikut

Dengan ini, kamu bisa mendapatkan respon langsung dari para pengikut. Saran dan kritik dapat kamu kumpulkan untuk mengembangkan startup yang lebih menjawab kebutuhan target pasar.

Keenam, beriklan di Twitter.

Akhirnya, setelah membangun kredibilitas startup dan menjaga ikatan dengan para pengikut, kamu bisa mulai beriklan di Twitter. Media sosial berlogo burung biru ini sangat murah untuk dijadikan wadah iklan. Berikut beberapa tips yang bisa kamu pertimbangkan.

1. Promosikan unggahan yang memiliki keterikatan tinggi.2. Gunakan ''Twitter Cards'' untuk menggiring trafik langsung ke situsmu.3. Targetkan kata kunci yang mungkin digunakan pelanggan potensialmu.

Techwyse

Beriklan di Twitter untuk menjaring massa

Langkah-langkah di atas mudah kamu aplikasikan dengan dampak yang cukup efektif. Jadi, tak perlu modal besar kan untuk bikin startup-mu terkenal?

Tag :

Editor : Reza Wahyudi

Sumber : techwyse

Baca Lainnya