Meta Hadirkan 4 Fitur Baru di Facebook, Dari AI Hingga Video

Senin, 29 Juli 2024 | 20:59

Meta menghadirkan beberapa fitur terbaru di facebook untuk meningkatkan beberapa fungsi fitur video

nextren.com – Meta, perusahaan induk dari Facebook, baru-baru ini mengumumkan beberapa pembaruan penting untuk platform media sosialnya.

Fokus utama perubahan ini adalah pengembangan fitur yang lebih canggih untuk pengguna dewasa muda serta peningkatan kemampuan kecerdasan buatan (AI).

Tom Alison, VP of Facebook, Meta, menyatakan bahwa langkah ini merupakan bagian dari visi jangka panjang Facebook untuk membangun media sosial generasi berikutnya.

Berikut adalah empat fitur baru yang diperkenalkan oleh Facebook:

Memperluas Kemampuan AI

Facebook melakukan pembaruan signifikan pada fitur Reels dan Feed untuk memberikan rekomendasi yang lebih akurat dan efektif.

Perusahaan ini menciptakan arsitektur model AI baru yang mampu memproses data dalam jumlah besar dengan efisien.

Teknologi rekomendasi canggih ini direncanakan akan mendukung seluruh ekosistem video dan rekomendasi Feed di platform dalam waktu satu tahun ke depan.

Facebook juga menargetkan untuk memiliki teknologi rekomendasi terbaik di dunia pada akhir tahun 2026 dengan pengembangan model AI generatif Llama.

Peningkatan pada Video

Facebook meningkatkan pengalaman menjelajah video, termasuk Reels, video berdurasi panjang, dan konten Live.

Baca Juga: Meta Rilis Langganan Centang Biru Instagram dan Facebook, Ini Harganya

Pemutar video layar penuh yang diperbarui dan fitur slider baru untuk melewati video berdurasi panjang kini tersedia secara global.

Peningkatan ini disertai dengan pertumbuhan konsumsi video di platform, di mana lebih dari 60% waktu aktivitas digital pengguna dihabiskan untuk menonton video di Facebook dan Instagram.

Selain itu, Facebook mencatat peningkatan berbagi video secara pribadi lebih dari 80% year-on-year.

Peluang bagi Kreator

Untuk mendukung kreator konten, Facebook memperkenalkan “Mode Profesional,” sebuah fitur yang memudahkan pengguna untuk berbagi kegiatan secara publik dan meningkatkan jumlah pengikut.

Mode ini telah digunakan oleh lebih dari 100 juta pengguna aktif harian dalam 18 bulan terakhir.

Selain itu, Model Pembayaran baru dikembangkan untuk memberikan penghargaan kepada kreator berdasarkan performa konten mereka, memungkinkan monetisasi di semua format, baik itu foto, video, maupun teks.

Grup Facebook

Facebook juga melihat pertumbuhan yang pesat pada penggunaan Grup, dengan lebih dari 1,8 miliar pengguna aktif setiap bulan.

Banyak pengguna dewasa muda yang aktif di Grup, terutama dengan adanya fitur unggah anonim yang populer.

Pembaruan ini ditujukan untuk memenuhi kebutuhan pengguna dewasa muda akan social discovery, yang membuka kesempatan untuk menemukan hal-hal baru baik dalam skala besar maupun kecil.

Baca Juga: Syarat dan Cara Beli Langganan Centang Biru Instagram, Lebih Autentik!

Perubahan ini sejalan dengan komitmen Facebook untuk terus berinovasi dan memenuhi kebutuhan unik pengguna dewasa muda.

Dengan berbagai fitur baru dan teknologi AI yang semakin canggih, Facebook berharap dapat memberikan pengalaman media sosial yang lebih menyenangkan dan bermanfaat bagi penggunanya.

Baca Juga: Meta Pastikan Pengembangan Teknologi AI di Facebook, Ini Kegunaannya

(*)

Editor : Bagus Hernawan

Baca Lainnya