Bocoran Fitur iPhone 16 yang Rilis September 2024, Akankah Mengecewakan seperti iPhone 15?

Jumat, 26 Juli 2024 | 16:30
DOK. MacRumors

Bocoran desain iPhone 16 dari MacRumors

Nextren.co –Belum genap berusia satu tahun, penjualan iPhone 15 di seluruh dunia masih terlihat sepi peminat.

Mengutip pemberitaanReuters(15/3/2024), Apple mencatat penurunan penjualan iPhone 15 hingga 30 persen pada pekan pertama 2024 di China.

Analis Counterpoint Research dan Jefferies Edison Lee mengatakan, penurunan ini disebabkan oleh tekanan dari persaingan dengan merek lokal, yakni Huawei.

Sepinya penjualan iPhone 15 juga membuat salah satu distributor iPhone di China rela menggelar diskon besar-besaran hingga 16 persen di beragammarketplace.

Lantas, bagaimanadengan penjualan diIndonesia? Meski konsumen dapat memanfaatkan fiturkredit HP tanpa uang mukauntuk mendapatkan iPhone idaman, penjualannya juga tidak memuaskan.

Hingga akhir Juli 2024, harga iPhone 15 sudah anjlok Rp 5 juta dari harga pertama kali rilis di akhir 2023 kemarin.

Lalu, bagaimana nasib seri iPhone 16 yang akan segera rilis akhir 2024? Apakah akan bernasib seperti iPhone 15, atau iPhone memiliki cara tersendiri untuk kembali menjadismartphonepilihan nomor satu? Mari simak ulasannya.

1. Chipset A18 terbaru

Dilansir dariMacRumors, keempat model iPhone 16 nantinya akan menggunakan chipset baru, yaitu kode nama "Tahiti-T8140" yang disinyalir akan memiliki julukan resmi "Apple A18".

Meski diisukan menggunakanchipsetyang sama, tidak menutup kemungkinan bahwa Apple akan membenamkan tipe chipset yang berbeda untuk varian tertentu. Misalnya,chipsetA18 untuk iPhone 16 dan iPhone 16 plus, lalu adachipsetA18 Pro untuk iPhone 16 Pro dan iPhone 16 Pro Max.

DarisegiRAM, iPhone 16 ini juga dikabarkan akan dibekali RAM dengan jumlah yang lebih besar dibandingkan seri sebelumnya.

Baca Juga:Konten Kreator Lebih Pilih iPhone, Ternyata Ini 5 Alasannya!

2. Desain kamera kembali seperti iPhone 12

Masih dilansir dariMacRumors, kamera pada iPhone 16 akan diletakkan secara vertikal, alias mirip dengan desain iPhone 12.

Salah satureviewerAustralia, Trevor Long, bahkan mengklaim telah memperoleh unitdummydari iPhone 16.

Meski bukan iPhone 16 sungguhan, model tiruan tersebut dibuat untuk membantu pembuatcasingiPhone mengetahui ukuran iPhone 16 tersebut sebelum dirilis.

3. Layar dan baterai lebih besar

Layar pada iPhone Pro dan Pro Max, sejak dulu tidak pernah berubah alias memiliki ukuran tetap selama bertahun-tahun.

Namun, pada iPhone 16 Pro dan Pro Max, kedua varian ini dikabarkan akan dibekali dengan ukuran layar yang lebih besar dibanding varian sebelumnya.

Layar iPhone 15 Pro dan 15 Pro Max saat ini masing-masing berukuran 6,1 dan 6,7 inci.

Menurut laporanMacRumors, layar dari iPhone 16 Pro dan 16 Pro Max akan memiliki ukuran 6,2 atau 6,3 inci untuk 16 Pro, sedangkan untuk lini Pro Max akan berukuran 6,8 atau 6,9 inci.

Selain layar, iPhone 16 juga dikabarkan hadir dengan baterai yang lebih besar. Bocoran terbaru dariWeibomengklaim bahwa iPhone 16 akan memiliki baterai berkapasitas 3.561 mAh atau naik 6,3 persen dibandingkan generasi sebelumnya.

IPhone 16 Pro akan dilengkapi baterai 3.355 mAh atau lebih besar 2,5 persen dari iPhone 15 Pro, sementara iPhone 16 Pro Max akan memiliki baterai dengan kapasitas 5,7 persen lebih besar dari iPhone 15 Pro Max, yaitu 4.676 mAh.

Baca Juga: Inilah Cara Mengatasi iPhone Hilang Sinyal Mendadak, Jangan Panik!

4. Taktik Apple agar tidak gagal

Jika dilihat dari sisi spesifikasi, lini iPhone 16 hanya memberikan sedikitminorupgradepada HP terbarunya.

Namun, Apple memiliki taktik tersendiri agar bisa kembali menjadi pilihan nomor satu masyarakat dunia, yaitu dengan memperkenalkan layananartificial intelligence(AI) besutan Apple bersama ChatGPT milik OpenAI bernama “Apple Intelligence”.

Untuk mengejar ketertinggalan penjualan dan inovasi teknologi, Apple dikabarkan akan menggunakan fitur ini untuk mendorong masyarakat agar beralih ke lini iPhone 16.

Bagaimana, masih berniat untukupgradeke iPhone 16 yang akan secara diluncurkan pada akhir tahun 2024 nanti?

Jika ya, Anda bisa memanfaatkan fitur kredit HP tanpa uang muka dariKredivo. Layanan kredit HP ini hadir dengan bunga rendah mulai dari 0 persen untuk tenor 1 dan 3 bulan.

Khusus pengguna Premium, Kredivo juga menyediakan tenor yang lebih panjang, yaitu 6, 12, 18, 24 bulan dengan bunga ringan mulai dari 1,99 persen per bulan.

Anda juga bisa menggunakan saldo Kredivo di ribuan merchantonlinedanoffline, seperti Tokopedia, Lazada, Bukalapak, Blibli, Erafone, Digimap hingga distributor resmi iPhone Indonesia, yaitu iBox.

Untuk menikmati layanan ini, Anda bisa mendaftarkan diri sebagai pengguna akun Premium Kredivo dengan limit hingga Rp 50 juta. Yuk, segera unduh aplikasi Kredivo di App Store atau Play Store dan daftarkan diri dari sekarang!

Editor : Sheila Respati