Review Bose Ultra Open Earbuds, TWS Open Ear Pas Untuk Olahraga

Selasa, 18 Juni 2024 | 20:45

Bose Ultra Open Earbuds menawarkan inovasi baru TWS untuk berolahraga

nextren.com -Bose belum lama ini memperkenalkan TWS inovatif terbaru mereka yang didesain khusus untuk mereka yang senang berolahraga ataupun berkegiatan aktif, yakni Bose Ultra Open Earbuds.

TWS ini merupakan jawaban Bose atas tren earphone dengan tipe open ear yang tengah populer di kalangan konsumen yang semakin aktif berolahraga.

Desain

Dari berbagai produk TWS open ear di pasaran, Bose Ultra Open Earbuds memiliki desain yang paling maskulin, terutama varian warna hitam, namun varian warna putih juga tidak kalah menarik.

Desainnya terdiri dari tiga bagian: potongan plastik berbentuk L yang duduk di atas kanal telinga, bagian fleksibel yang terbuat dari karet yang mengelilingi telinga untuk kenyamanan, dan bagian berbentuk silinder yang berisi elektronik dan kontrol di belakang telinga.

Desain earpiece dari Bose Ultra Open Earbuds yang unik dengan bentuk L

Bagian fleksibel ini cukup lentur namun kuat untuk mengikat earphone ke telinga.

Sementara pada bagian silinder terdapat tombol fisik untuk mengendalikan musik.

Sebagai pesepeda, saya lebih suka dengan tombol kapasitif karena lebih cepat dibandingkan menggunakan tombol fisik.

Tombol ini berada di belakang telinga sehingga butuh sedikit lebih banyak waktu untuk diakses dibandingkan tombol kapasitif TWS pada umumnya yang berada di samping.

Tentu tombol fisik ini lebih handal ketika tangan pengguna sedang berkeringat dibandingkan kapasitif.

Baca Juga: BOSE Kenalkan Fitur Ultra Open Earbuds Lewat Meditasi Sound Healing

Tombol ini memiliki beberapa fungsi: satu kali tekan untuk play, pause, dan menjawab telepon, dua kali tekan untuk menutup telepon dan skip lagu, tiga kali tekan untuk mengulang lagu, dua kali tekan dan tahan untuk mengatur volume (- di sisi kiri, + di sisi kanan), serta satu kali tekan dan tahan yang menjadi shortcut custom yang bisa diubah fungsinya melalui aplikasi.

Walaupun fungsi tombol ini tidak bisa diubah, namun fungsi yang disediakan Bose sudah cukup lengkap.

Bose Ultra Open Earbuds juga dilengkapi dengan case untuk pengisian daya dengan bentuk bukaan atas dan finishing matte.

Detail dari casing Bose Ultra Open Earbuds

Terdapat dua lampu di dalam sebagai indikator baterai setiap buds, dan satu lampu di luar sebagai indikator baterai casing.

Pengisian daya bisa dilakukan menggunakan port USB-C serta ada tombol untuk melakukan pairing dan logo Bose di bagian depan.

Kenyamanan

Untuk fitment-nya sendiri, Bose Ultra Open Earbuds dengan bentuk open ear clip tidak akan menyebabkan sakit di telinga bahkan dalam waktu pemakaian yang lama.

Mungkin perlu sedikit pembiasaan di awal pemakaian karena pengguna yang belum terbiasa menggunakan earphone seperti ini.

Awalnya saya sempat ragu akan daya cengkeram dari TWS ini, terutama saat dipakai bersepeda.

Dengan bentuk yang menjepit telinga, Bose Ultra Open Earbuds

Baca Juga: BOSE Ultra Open Earbuds Resmi Dijual di Indonesi, Harga 4,999 Juta

Namun dalam dua minggu pemakaian, saya sudah cukup percaya diri dengan kemampuan TWS ini untuk bertahan di telinga selama pemakaiannya sudah benar.

Kabar baiknya, Bose memberikan panduan cara pemasangan lewat aplikasi yang sangat kami sarankan menjadi perhatian pengguna.

TWS ini sudah tersertifikasi IPX4, sehingga pengguna tidak perlu khawatir jika TWS ini terkena keringat.

Konektivitas

Bose Ultra Open Earbuds menggunakan koneksi Bluetooth 5.3 dan mendukung beberapa codec seperti AAC, SBC, dan Snapdragon Sound AptX Adaptive.

Dengan harga yang dimiliki Bose Ultra Open Earbuds, beberapa orang mungkin akan mempertanyakan dukungan codec Hi-Res atau LDAC.

Namun mengingat tujuan utama dari TWS ini untuk berolahraga, codec dengan bitrate yang tinggi menurut kami tidak begitu penting.

Penggunaan Snapdragon AptX yang mengutamakan reliabilitas koneksi lebih penting.

Kualitas Suara

Soal kualitas suara, Bose Ultra Open Earbuds dengan desain open ear memiliki kualitas yang cukup berbeda dari earphone berjenis lainnya, mengingat driver dari TWS ini berada di luar telinga.

Walaupun dengan driver berukuran 12mm, bass dari TWS ini hanya terdengar tipis dengan dominan di treble dan mid, namun detail suara tetap terdengar dengan baik.

Baca Juga: TWS Open Ear Bose Ultra Open Earbuds Akan Rilis Tanggal 26 Maret

Selain itu, dengan lubang telinga yang terbuka, kondisi suara di sekitar juga mempengaruhi kualitas suaranya.

Kami merasa kalau TWS ini akan melakukan pengaturan volume secara otomatis terhadap suara-suara yang tinggi pada aplikasi Apple Music.

Bose Ultra Open Earbuds

Misalnya, pada intro lagu "Vertigo" dari U2, pengguna bisa mendengarkan suara alunan gitar yang terkompresi namun suara instrumen lain tetap bisa terdengar dengan baik.

Bose Ultra Open Ear juga menyediakan mode suara immersif dan dilengkapi dengan head-tracking, memungkinkan pengguna memilih mode Still atau Motion yang mengikuti gerakan kepala.

Namun satu hal yang wajib kami puji dari TWS ini adalah kebocoran suara yang minim sekali, mengingat TWS ini menggunakan desain yang terbuka.

Performa panggilan suara pada Bose Ultra Open Earbuds juga memuaskan, dengan suara yang jelas meskipun pengurangan kebisingan latar belakang masih bisa ditingkatkan.

Baterai

Menurut klaimnya, Bose Ultra Open Earbuds bisa bertahan hingga 7,5 jam dalam pemakaian normal, dan 4,5 jam dengan fitur immersive audio aktif.

Sedangkan dengan casing bisa diklaim hingga 19,5 jam pada pemakaian normal dan 12 jam dengan immersive audio.

Dalam pemakaian nyata, TWS ini bisa bertahan sampai 8 jam dalam pemakaian normal.

Baca Juga: Penuhi Tren Kekinian, Bose Beri Sinyal Akan Rilis Earphone Open Ear

Sedangkan untuk daya tahan dengan case, setelah dua minggu pemakaian dengan digunakan sekitar satu jam setiap harinya, baterai tidak kunjung habis.

Sehingga bisa dibilang untuk pemakaian kasual, Bose Ultra Open Ear tergolong memiliki daya tahan yang tinggi dan irit sekali.

Sayangnya, belum ada pengisian daya secara wireless yang pastinya akan sangat membantu pengguna.

Pengisian daya hanya bisa menggunakan USB Type-C saja yang bisa didapatkan di kotak pembelian atau menggunakan charger ponsel.

Fitur Lainnya dan Aplikasi

TWS ini mendukung penggunaan aplikasi Bose yang memungkinkan beberapa pengaturan dari TWS.

Ada pengaturan EQ yang bisa dilakukan dengan memilih preset yang ada atau melakukan custom equalizer yang hanya memiliki tiga frekuensi pengaturan saja: bass, mid, dan treble.

tampilan aplikasi Bose

Selain itu, TWS ini juga mendukung audio immersif yang memberikan kedalaman audio yang lebih immersif dengan dua mode, Still dan Motion.

Bahkan, pengguna bisa mengatur mode Quick Switch, jadi ketika Bose Ultra Open Earbuds ini sedang terkoneksi ke beberapa perangkat, pengguna bisa langsung mengubah suara outputnya ke perangkat mana saja hanya dengan satu kali shortcut.

Menariknya, Bose Ultra Open Earbuds bisa terkoneksi ke enam perangkat sekaligus.

Baca Juga: Kacamata Bose Frames, Bisa Terhubung Google Assistant Untuk Bantu Tunanetra

Kesimpulan

Bose Ultra Open Earbuds menjadi pilihan yang menarik bagi pengguna yang membutuhkan TWS untuk berolahraga ataupun tidak terlalu senang dengan earphone yang tertutup.

Desainnya memang dirancang untuk terpasang ke telinga walaupun dalam kondisi berguncang atau keadaan pengguna yang aktif seperti berolahraga.

BOSE Ultra Open Ear resmi diperkenalkan di Indonesia dan dijual dengan harga Rp 4,999 Juta

Dengan desain terbuka, kami tidak memiliki ekspektasi terhadap kualitas suara seperti tws berbentuk in ear ataupun half in ear.

Selama memiliki koneksi yang handal, kemudahan untuk dipakai, serta suara yang tidak bocor, Bose Ultra Open Earbuds sudah menjawab kebutuhan akan TWS yang bisa dipakai untuk berolahraga.

Untuk menikmati kemudahan pemakaian TWS Saat berolahraga ini, pengguna perlu menebus Bose Ultra Open Earbuds dengan harga Rp 4.999.000.

Baca Juga: Bose Soundbuds Rilis Headset Canggih yang Bikin Tidurmu Lebih Nyenyak

(*)

Editor : Bagus Hernawan

Baca Lainnya