Laporan Canva 2024 Menyebut Sejumlah Pimpinan Bisnis Sambut Baik AI

Kamis, 06 Juni 2024 | 09:48

Canva mengungkapkan bahwa 9 dari 10 Pemimpin Bisnis Indonesia Menyambut Baik teknologi AI

nextren.com – Canva, platform pembuat desain online, merilis Laporan Ekonomi Visual tahunan yang kedua.

Laporan ini mengungkap wawasan dari lebih dari 3.700 pemimpin bisnis global, termasuk Indonesia, mengenai faktor pendorong dan dampak komunikasi visual dalam bisnis.

Hasil Temuan Canva Economy Report

Laporan tersebut, hasil kolaborasi Canva dengan firma business intelligence Morning Consult, menyoroti bagaimana alat komunikasi visual.

Hal ini termasuk yang didukung oleh AI, telah menjadi katalis utama dalam meningkatkan kinerja bisnis.

Sebanyak 90% pemimpin bisnis Indonesia melaporkan peningkatan kinerja berkat penggunaan alat komunikasi visual.

Penggunaan AI dalam pembuatan konten visual tidak hanya mempercepat produksi dan kolaborasi tim tetapi juga memperkuat keterlibatan audiens.

Temuan utama di Indonesia menunjukkan bahwa 90% responden telah menggunakan alat bertenaga AI untuk menghasilkan konten visual dalam setahun terakhir.

Selain itu, 93% responden mengatakan bahwa berkomunikasi secara visual telah meningkatkan kinerja bisnis mereka.

Lebih lanjut, 81% pemimpin bisnis di Indonesia mengalokasikan lebih banyak anggaran untuk alat komunikasi visual dibandingkan tahun sebelumnya.

Hal ini mencerminkan peningkatan kepercayaan dan investasi dalam teknologi AI dan alat komunikasi visual untuk mendorong efisiensi dan produktivitas dalam organisasi.

Baca Juga: Canva Rilis Fitur AI Baru di Magic Studio, Semakin Mudahkan Pengguna

Dampak Positif AI

Penggunaan AI dalam pembuatan konten visual telah membawa berbagai keuntungan signifikan, termasuk peningkatan produktivitas dan kreativitas.

Sebagian besar pemimpin bisnis setuju bahwa kualitas konten visual telah meningkat berkat AI, meskipun ada kekhawatiran mengenai plagiarisme, bias, dan potensi kehilangan pekerjaan.

Para pemimpin bisnis juga menyadari pentingnya kemampuan berkomunikasi secara visual bagi semua karyawan, tidak hanya mereka yang bekerja di bidang desain.

Sebanyak 94% responden berharap karyawan dengan peran non-desain juga memiliki kecakapan desain untuk menjadi komunikator yang efektif.

Meskipun banyak manfaat yang dihadirkan oleh AI dan alat komunikasi visual, para pemimpin bisnis masih menghadapi tantangan seperti kolaborasi antar tim dan alur kerja yang kompleks.

Hampir 24% responden mengidentifikasi ketidakmampuan untuk berkolaborasi sebagai tantangan utama, sementara 17% menyebut alur kerja yang kompleks sebagai hambatan.

Untuk mengatasi tantangan ini, para pemimpin bisnis menekankan pentingnya platform komunikasi visual yang mendukung kolaborasi real-time, alur kerja yang efisien, dan fitur lengkap.

Mayoritas responden juga percaya bahwa konvergensi AI dan komunikasi visual membuka kemungkinan tak terbatas bagi profesional untuk menciptakan konten berdampak tinggi dalam skala besar.

Laporan Ekonomi Visual Canva menggarisbawahi peran penting AI dalam memajukan komunikasi visual dan pembuatan konten.

Dukungan yang kuat dari para pemimpin bisnis Indonesia terhadap penggunaan AI menunjukkan bahwa teknologi ini akan terus menjadi pendorong utama dalam meningkatkan produktivitas dan pertumbuhan bisnis di masa depan.

Baca Juga: Canva Rilis Work Kits untuk Divisi Sales, Marketing, HRD, & Kreatif

(*)

Editor : Bagus Hernawan

Baca Lainnya