Acer Perkenalkan Swift AI Dengan Chip Snapdragon X Series Terbaru

Selasa, 28 Mei 2024 | 12:27

ACER memperkenalkan laptop dengan chip Snapdragon X Series, Swift 14 AI

nextren.com - Acer, bekerja sama dengan Microsoft dan Qualcomm Technologies, Inc, resmi meluncurkan laptop terbarunya, Swift 14 AI.

Laptop ini menjadi perangkat pertama dari Acer yang dilengkapi dengan fitur Copilot+ PC, membawa pengguna ke era baru kecerdasan buatan (AI) dengan Windows 11.

Fitur-Fitur Utama Acer Swift AI

Swift 14 AI hadir dengan desain sasis aluminium yang tipis dan ringan, menawarkan mobilitas dan produktivitas yang tinggi.

Ditenagai oleh platform Snapdragon X Series, termasuk varian Snapdragon X Elite dan Snapdragon X Plus, laptop ini dilengkapi dengan unit pemrosesan neural (NPU) yang mampu mencapai 45 triliun operasi per detik (TOPS).

Hal ini memberikan peningkatan signifikan dalam performa, daya tahan baterai sepanjang hari, dan pengalaman AI yang canggih.

"Dirancang untuk AI dari dalam hingga ke luar, Swift 14 AI adalah yang pertama di antara banyak PC Acer Copilot+ yang akan hadir. PC AI generasi berikutnya ini memiliki peningkatan kemampuan yang signifikan dalam pemrosesan AI, sehingga bisa menghadirkan pengalaman baru yang kami tahu akan disukai pengguna," ujar Jerry Kao, COO Acer Inc.

Swift 14 AI mendukung berbagai fitur AI canggih seperti Recall, Cocreator, Live Captions, Windows Studio Effects, dan Auto Super Resolution.

Fitur-fitur ini memungkinkan pengguna untuk melakukan berbagai tugas dengan lebih cerdas dan efektif, serta meningkatkan pengalaman kreatif dan komunikasi.

Recall, misalnya, memungkinkan pengguna untuk menemukan kembali apa pun yang pernah mereka lihat di PC hanya dengan deskripsi yang mereka ingat.

Cocreator memudahkan pembuatan gambar dan teks AI, sementara Auto Super Resolution meningkatkan kualitas grafis dan kecepatan refresh secara real-time.

Baca Juga: Berkolaborasi Dengan HMNS, ACER Rilis Predator Triton Neo 16

"Kolaborasi ini merupakan langkah penting dalam menghadirkan PC yang produktif dan aman yang memenuhi kebutuhan berbagai pelanggan, dan di saat yang bersamaan selaras dengan gaya hidup pengguna," kata Mark Linton, VP Device Partner Sales Microsoft Corp.

Prosesor Snapdragon X Series

Prosesor Snapdragon X Series pada Swift 14 AI didesain untuk AI dengan performa tinggi dan efisiensi daya.

Laptop ini dilengkapi dengan 12 core berkinerja tinggi, GPU Qualcomm Adreno terintegrasi sebesar 3,8 TFLOPS, dan NPU Qualcomm Hexagon.

ACER Swift 14 AI

Selain itu, tersedia memori LPDDR5X-8533 hingga 32 GB dan SSD NVMe PCIe Gen 4 hingga 1 TB, memastikan kinerja sistem yang cepat dan andal.

Swift 14 AI juga mendukung konektivitas Wi-Fi 7 dan Bluetooth 5.4, menawarkan kecepatan hingga 5,8 Gbps dan latensi rendah di bawah 2 ms.

Berbagai pilihan port termasuk 2x USB Type-C dan 2x USB 3.2 Type-A memberikan fleksibilitas tambahan bagi pengguna.

Swift 14 AI menampilkan layar IPS WQXGA 14,5 inci dengan refresh rate 120 Hz dan dukungan 100% sRGB.

Laptop ini tersedia dengan opsi layar sentuh edge-to-edge dan dilengkapi dengan TÜV Rheinland Eyesafe Certification 2.0 untuk mengurangi efek cahaya biru yang berbahaya.

Desain engsel 180 derajat memberikan fleksibilitas penggunaan, dan tersemat webcam IR 1440p QHD dengan tiga mikrofon dan privacy shutter.

Baca Juga: ACER Hadirkan 2 Laptop Bertenaga AI, Swift X AI & Swift Go 14 AI

"Acer Swift 14 AI merupakan perangkat luar biasa yang menunjukkan kekuatan, performa dan kemampuan kecerdasan dari platform Snapdragon X Elite," kata Kedar Kondap, Senior Vice President & General Manager of Compute & Gaming, Qualcomm Technologies, Inc.

Harga dan Ketersediaan

Untuk saat ini belum ada informasi mengenai ketersediaan dan harga dari Acer Swift 14 AI dengan chip Snapdragon S series di Indonesia.

Spesifikasi Acer Swift 14 AI

Model Acer Swift 14 AISF14-11
CPU Snapdragon ™ X Elite X1E-78-100 processor (12 cores up to 3.4 GHz, integratingQualcomm Hexagon™ NPU AI Engine up to 45 TOPs)

Snapdragon ™ X Plus X1P-64-100 processor (10 cores up to 3.4 GHz, integratingQualcomm Hexagon™ NPU AI Engine up to 45 TOPs)

GPU Qualcomm® Adreno™, up to 3.8 TFLOPS

RAM & Penyimpanan Up to 32 GB dual-channel LPDDR5X-8533 SDRAM | Up to 32 GB dual-channel LPDDR5X-8533 SDRAM
Layar 14.5inch, WQXGA (2560x1600) Display with IPS Technology, 120 Hz, 16:10 aspect ratio,100% sRGB, TÜVRheinlandEyesafe ® Certified2.0, Touchscreen option

Koneksi Two USB Type-C (supporting DisplayPort, USB charging), Two USB 3.2 Gen 1 Type-A,HDMI 1.4

Wi-Fi 7 and Bluetooth 5.4 or above

Baterai 75 Wh 3-cell Li-ion battery, fast charging,
Kamera & Audio 1440p QHD IR camera, with Privacy Shutter and Triple-mic support

DTS® X Audio, dual speakers with smart app

Dimensi & Berat 322.6 x 225.95 x 15.9 mm, 1,3 Kg
Warna Hitam
Harga & Garansi TBA

Baca Juga: ACER Akan Hadirkan Banyak Laptop Bertenaga Intel Core Ultra di 2024

(*)

Editor : Bagus Hernawan

Baca Lainnya