Wajib Tahu! Ini 8 Fitur iPhone yang Jarang Diketahui Pengguna

Rabu, 28 Februari 2024 | 17:00
DOK. Kredivo

iPhone punya banyak fitur rahasia, apa saja?

Nextren.com - Siapa yang tidak kenal dengan iPhone? Sejak diluncurkan oleh Steve Jobs pada 2007, iPhone berhasil menjadi pendorong tren smartphone di dunia.

Tak heran, model terbaru iPhone selalu dinanti oleh penggemar teknologi dari berbagai negara. Tak terkecuali, masyarakat Indonesia.

Di Tanah Air, popularitas iPhone tidak hanya dipicu oleh status sosial, tetapi juga disebabkan oleh adanya layanan kredit HP tanpa uang muka berbunga rendah.

Namun, bukan itu saja yang membuat iPhone terasa istimewa. Dikutip dari berbagai sumber, ada beragam fitur tersembunyi pada HP ini yang menjadikan pengalaman penggunaannya lebih unik dan efisien.

Lalu, apa saja delapan fitur tersebut? Berikut penjelasannya.

1. Hidden notifications

Bagi kamu yang sering menggunakan iPhone di tempat umum, Apple menyediakan fitur hidden notifications untuk menjaga privasi para pengguna.

Lewat fitur ini, pengguna bisa menyembunyikan notifikasi e-mail, WhatsApp, atau pemberitahuan dari media sosial.

Untuk mengaktifkan fitur ini, kamu hanya perlu mengakses menu pengaturan atau settings, lalu pilih menu pemberitahuan atau notifications. Selanjutnya, klik tampilkan pratinjau atau show previews.

Setelah itu, kamu bisa mengklik opsi “jangan pernah tampilkan” atau “never”. Pesan atau notifikasi nantinya tidak akan lagi muncul lagi di layar iPhone.

Baca Juga: Daftar HP Android dan iPhone yang Mendukung eSIM Indosat, Ada Punyamu?

2. Ubah foto menjadi stiker

Fitur stiker di media sosial atau perpesanan kini jamak digunakan untuk membuat percakapan lebih seru dan hidup.

Kabar baiknya, kamu sekarang bisa membuat stiker buatan sendiri di iPhone tanpa perlu mengunduh aplikasi.

Caranya cukup mudah, kamu hanya perlu menekan objek yang ada di sebuah foto, lalu tunggu hingga muncul kilauan cahaya pada objek foto yang terdeteksi. Setelah itu, tekan tombol “copy”.

Selanjutnya, buka aplikasi WhatsApp atau media sosial, lalu tekan layar hingga muncul tombol “paste”. Foto akan berubah secara otomatis menjadi stiker.

3. Ubah keyboard menjadi trackpad

Fitur tersembunyi lain yang tak kalah berguna pada iPhone adalah mengubah keyboard menjadi trackpad.

Lewat fitur ini, kamu bisa mengganti angka atau kalimat yang typo tanpa perlu menghapus seluruh kata atau kelimat.

Caranya gampang, tekan dan tahanlah tombol spasi pada keyboard hingga tampilan keyboard berubah menjadi blank atau berwarna abu-abu.

Baca Juga: Cara Mudah Ubah Format Gambar HEIC ke JPG, Pengguna iPhone Wajib Tau!

4. Bisa jadi alat ukur

Jika ingin mengukur sesuatu tetapi tidak membawa atau memiliki alat ukur, kamu bisa menggunakan aplikasi bawaan iPhone bernama Measure.

Untuk menggunakannya, kamu tinggal mengklik aplikasi Measure, lalu arahkan kamera ke objek yang ingin diukur.

5. Salin teks dari gambar

Bagi Anda pengguna iPhone XR dan XS ke atas, kamu bisa menyalin teks dari gambar yang ada di dalam galeri foto, di internet, hingga di dalam video. Fitur ini disebut dengan fitur Live Text.

Untuk mengaktifkan fitur ini, kamu hanya perlu menahan jari pada teks yang diinginkan, lalu iPhone akan mendeteksi teks yang dipilih secara otomatis.

Bukan hanya itu, kamu juga bisa melakukan copy dan paste teks langsung dari kamera.

Arahkan kamera pada tulisan yang diinginkan, lalu tekan ikon teks yang ada di sudut kanan layar, lalu highlight teks yang ingin disalin.

Baca Juga: Inilah Kelebihan eSIM dibandingkan Kartu SIM Fisik, Tertarik Upgrade?

6. Meredam kebisingan

Bagi kamu yang membutuhkan konsentrasi saat bekerja atau belajar, iPhone memiliki fitur Background Noise yang bisa mengeluarkan suara yang menenangkan, seperti suara hujan atau suara ombak.

Untuk mencoba fitur ini, kamu bisa membuka pengaturan atau Settings, lalu pilih aksesibilitas atau Accessibility, kemudian ketuk Audio/visual dan tekanlah bunyi latar belakang atau Background Sounds.

Selain bisa digunakan untuk menambah fokus, fitur ini juga bisa diaktifkan ketika sedang memutar musik. Siapa tahu, suara rintik hujan dan suara ombak bisa memberi pengalaman baru dalam menikmati musik.

Nah, itulah fitur-fitur pada iPhone yang jarang diketahui dan digunakan oleh pemilik iPhone. Untuk kamu yang ingin membeli HP ini, tersedia layanan kredit HP tanpa uang muka dari fintech berbunga rendah seperti Kredivo.

Sebagai informasi, Kredivo hanya mengenakan bunga 2,6 persen per bulan untuk tenor 6 dan 12 bulan. Kredivo juga memberikan bunga hingga Rp 50 juta jika mendaftar sebagai akun Premium Kredivo.

Untuk membeli iPhone impian, layanan Kredivo bisa digunakan di ribuat merchant online dan offline, mulai dari Tokopedia, Lazada, Blibli, iBox, Digimap hingga Erafone.

Bagaimana, menarik bukan? Yuk, beli iPhone impian pakai Kredivo! Pastikan jumlah pinjaman dan cicilan sesuai dengan kemampuan membayar, ya.

Editor : Sheila Respati