Dibantu AI, Hasil Foto Malam Galaxy S24 Ultra Jadi Lebih Tajam

Kamis, 15 Februari 2024 | 07:00

Sistem kamera Samsung Galaxy S24 Ultra dilengkapi dengan AI yang mampu meningkatkan kualitas gambar

nextren.com - Samsung Galaxy S24 Ultra adalah salah satu smartphone flagship terbaru dari Samsung yang menawarkan berbagai fitur unggulan, salah satunya adalah kamera malam yang didukung oleh kecerdasan buatan (AI).

Dengan teknologi AI, kamera malam Galaxy S24 Ultra mampu menghasilkan foto yang lebih jelas, cerah, dan detail dalam kondisi pencahayaan yang minim.

Bagaimana performa kamera malam Galaxy S24 Ultra dalam prakteknya? Simak ulasan kami berikut ini.

Salah satu teknologi yang membuat kamera malam Galaxy S24 Ultra semakin canggih adalah ProVisual Engine.

Dukungan AI

Teknologi ProVisual Engine adalah sebuah sistem yang menyediakan rangkaian lengkap yang didukung AI yang meningkatkan kualitas gambar dan memaksimalkan kontrol kreatif di setiap tahap proses kreatif pengguna, mulai dari pengambilan gambar hingga pengeditan.

Pengguna akan terbantu untuk menyesuaikan berbagai aspek foto, seperti warna, kontras, saturasi, eksposur, dan lainnya, dengan mudah dan cepat.

Salah satu fitur yang termasuk dalam ProVisual Engine adalah Nightography, yang merupakan fitur khusus untuk kamera malam.

Nightography dapat menghadirkan foto yang lebih jelas dalam kondisi pencahayaan apa pun, bahkan ketika diperbesar pembesaran 5x dengan Space Zoom.

Spesifikasi Kamera

Kamera dari Galaxy S24 Ultra memiliki empat kamera belakang, yaitu kamera utama 200MP, kamera zoom 5x 50MP, kamera ultra wide 12MP, dan kamera zoom 3x 10MP.

Baca Juga: Samsung Bagikan Keunggulan Bahan Titanium di Galaxy S24 Ultra

Kamera utama 200MP dan kamera zoom 5x 50MP adalah dua kamera yang paling menonjol dalam hal kamera malam.

Kamera utama 200MP juga memiliki OIS (optical image stabilization) yang lebih luas, yang memberikan peningkatan kompensasi terhadap tangan gemetar.

Selain itu, kamera utama 200MP juga dilengkapi dengan algoritma pengurangan noise yang berkerja baik di pengambilan foto ataupun video.

Hasil Foto Gelap

Untuk mendapatkan hasil foto yang optimal dalam kondisi gelap, disarankan untuk mengaktifkan fitur malam yang tersedia di aplikasi kamera Galaxy S24 Ultra.

Fitur malam adalah fitur yang memanfaatkan AI untuk mengurangi bintik-bintik noise yang biasanya muncul saat foto dalam kondisi gelap.

Proses ini tidak menghilangkan detail dari foto, sehingga hasil foto tetap terlihat tajam.

Fitur malam dapat digunakan di semua kamera belakang Galaxy S24 Ultra, baik kamera utama 200MP, kamera zoom 5x 50MP, kamera ultra wide 16MP, maupun kamera depth 12MP.

Hasil foto zoom 10x Samsung Galaxy S24 Ultra

Hasil foto kamera utama 200MP Samsung Galaxy S24 Ultra

Meskipun kamera malam Galaxy S24 Ultra sudah dilengkapi dengan teknologi AI yang canggih, ada beberapa catatan penting yang perlu diperhatikan pengguna saat mengambil foto di kondisi gelap.

Baca Juga: Deretan Fitur Pendukung Aktivitas Gaming di Samsung Galaxy A25 5G

Seperti kamera pada umumnya, proses pengambilan gambar akan menggunakan speed yang rendah untuk mendapatkan hasil foto yang cerah.

Sehingga agar hasil fotonya tidak kabur, pengguna diharapkan untuk menjaga kestabilan kamera.

Salah satu cara untuk menjaga kestabilan kamera adalah dengan menggunakan tripod atau alat penyangga lainnya.

Jika tidak ada tripod, pengguna dapat mencari permukaan yang datar dan stabil untuk menempatkan smartphone.

Pengguna juga dapat menggunakan timer atau voice control untuk mengambil foto tanpa menyentuh layar.

Samsung Galaxy S24 Ultra adalah smartphone yang memiliki kamera malam yang sangat baik, berkat teknologi AI yang digunakan.

Dengan kamera utama 200MP, kamera zoom 5x 50MP, dan fitur malam, pengguna dapat menghasilkan foto yang jernih, cerah, dan detail dalam kondisi pencahayaan yang minim.

Namun, pengguna juga perlu memperhatikan beberapa catatan penting, seperti kestabilan kamera dan sumber cahaya, untuk mendapatkan hasil foto yang optimal.

Baca Juga: Circle to Search Disebut Jadi Fitur Terfavorit Pengguna di Galaxy AI

(*)

Editor : Bagus Hernawan

Baca Lainnya