OPPO Resmi Rilis ColorOS 14 Dengan Ragam Fitur & Desain Lebih Intuitif

Selasa, 16 Januari 2024 | 16:26

OPPO menghadirkan ColorOS 14 dengan basis android 14 yang kini semakin sederhana dan pintar

nextren.com -OPPO secara resmi merilis ColorOS 14, sistem operasi terbarunya yang berbasis Android 14.

Dengan perayaan peringatan 10 tahun OPPO ColorOS, versi terbaru ini menghadirkan sejumlah fitur baru yang dirancang untuk meningkatkan pengalaman pengguna melalui desain intuitif dan teknologi terdepan.

Desain Aquamorphic

Salah satu sorotan dari ColorOS 14 adalah Desain Aquamorphic yang telah dioptimalkan.

Terinspirasi oleh elemen air, desain ini tidak hanya memberikan estetika yang menakjubkan tetapi juga menciptakan antarmuka yang lebih intuitif antara pengguna dan perangkat.

Desain Aquamorphic di ColorOS 14

Dengan pengoptimalan Desain Aquamorphic, ColorOS 14 membawa pengguna ke dalam pengalaman menggunakan smartphone yang lebih ringkas dan intuitif.

OPPO juga menjalin kemitraan dengan akademi profesional dan tim desain suara terkemuka seperti Sonic Minds dan epicsound untuk menghadirkan efek suara baru ke ColorOS 14.

Sepuluh set nada dering bertema Aquamorphic untuk panggilan, alarm, dan notifikasi, bersama dengan tujuh desain suara UI, memberikan pengalaman audio yang harmonis kepada pengguna di seluruh perangkat OPPO.

Sistem Aquamorphic Colouring pada ColorOS 14 secara cerdas beradaptasi dengan status dan waktu pada smartphone.

Dengan mencocokkan warna secara cerdas, sistem pewarnaan dinamis ini membuat penerimaan dan pemahaman informasi jauh lebih efektif dan intuitif.

Baca Juga: Beli HP 30 Juta Rupiah, Inilah Konsumen OPPO Find N3 di Indonesia

Fitur Aqua Dynamics terbaru menambahkan sentuhan interaktif melalui bentuk gelembung, kapsul, dan panel, menciptakan pengalaman visual yang menyatu secara alami.

Fitur Cerdas Bertenaga AI

ColorOS 14 membawa fitur cerdas bertenaga AI yang sangat mumpuni, seperti Smart Touch, File Dock, dan Smart Image Matting.

Smart Touch memungkinkan pengguna memilih konten dengan mudah, sementara File Dock mempermudah berbagi konten di seluruh aplikasi.

Fitur auto deteksi teks di ColorOS 14

Smart Image Matting, fitur pertama dalam smartphone, memungkinkan pengguna memotong subjek dari gambar atau video, membuka ruang kreativitas baru.

Trinity Engine, fitur unggulan ColorOS 14, menghadirkan performa ultra-lancar dengan manajemen sumber daya yang efisien.

Vitalisasi ROM, Vitalisasi RAM, dan Vitalisasi CPU memastikan smartphone berjalan dengan kecepatan maksimal, sementara Smart Charging dan Arctic Mode mengoptimalkan pengalaman pengisian daya sesuai kebutuhan pengguna.

Perlindungan Keamanan dan Privasi

ColorOS 14 menjaga fokus pada keamanan dan privasi dengan integrasi kemampuan privasi dasar Android 14.

Fitur baru, Picture Keeper, dirancang untuk mencegah aplikasi menyalahgunakan izin akses foto atau video pribadi pengguna, memberikan lapisan tambahan perlindungan.

Baca Juga: Cara Mudah Pairing Oppo Watch Dengan Smartphone Android dan WearOS

OPPO tidak hanya merilis ColorOS 14, tetapi juga menjalin kemitraan strategis dengan perusahaan seperti Grab, Snapchat, dan Microsoft.

Pengguna ColorOS 14 dapat menikmati integrasi dengan aplikasi-aplikasi tersebut untuk pengalaman penggunaan yang lebih kaya.

Peluncuran global ColorOS 14 telah dimulai pada kuartal terakhir tahun 2023, dan lebih dari 20 perangkat OPPO telah diperbarui.

Di Indonesia, ColorOS 14 membuat debutnya pada OPPO Reno11 Series yang resmi diluncurkan minggu lalu.

Daftar perangkat OPPO yang akan dapat update ColorOS 14

Menyusul peluncuran ini, OPPO berencana untuk memperbarui lebih banyak perangkatnya dengan ColorOS 14 pada kuartal pertama tahun 2024, menjanjikan pengalaman pengguna yang lebih cerdas dan lancar.

Baca Juga: OPPO Find N3 Flip Bakal Hadir di Indonesia, Ada Diskon 10% Di Awal

(*)

Editor : Bagus Hernawan

Baca Lainnya