Review Infinix Zero 30 5G, HP 4 Jutaan Paling Elegan Tapi Powerfull

Kamis, 21 Desember 2023 | 20:56

Infinix Zero 30 5G

nextren.com -Infinix Zero 30 5G adalah salah satu produk terbaik dari Infinix yang dirilis di tahun 2023 ini dengan sejumlah atribut khas flagship.

Atribut ini antara lain desain yang mewah, layar curved, dan tentu saja tidak ketinggalan performa yang tinggi dengan chipset MediaTek Dimensity 8020.

Namun ada satu aspek yang paling ditonjolkan secara spesifik oleh Infinix di Zero 30 5G yaitu perekaman video dengan resolusi mencapai 4K di kamera depan.

Maka dari itu kami akan mengulik HP ini secara lebih detail untuk mencari tahu kelebihan dan kekurangan dari perangkat ini.

Desain

Tidak bisa dipungkiri kalau Infinix Zero 30 5G adalah HP Infinix dengan desain paling elegan sejauh ini.

Pada varian warna hijau, HP ini menggunakan pendekatan finishing ala kulit yang mewah ditambah dengan desain tonjolan kamera berwarna emas dan memiliki aksen seperti kotak perhiasan atau make up yang mahal.

Bagian depan dan belakang Infinix Zero 30 5G

Memang desain ini akan terkesan cukup feminim, namun tersedia pilihan lain dengan warna gold ataupun ungu.

Uniknya, Infinix tidak menggunakan branding "Infinix" di perangkat ini melainkan "Zero" yang memberikan kesan eksklusif pada perangkat.

Sedangkan untuk bobot dan ketebalan, Infinix Zero 30 5G termasuk perangkat yang tipis dan ringan.

Baca Juga: Unboxing & Kesan Pertama Infinix Zero 30 5G, Terasa Mewah Di Harganya

Kami yang terbiasa menggunakan transportasi umum dan banyak berpindah pindah dari satu tempat ke tempat lain, merasa nyaman menggunakan Zero 30 5G yang mudah keluar masuk kantong dan tidak memakan banyak tempat di dalam tas.

Handling dalam penggunaan di satu tangan pun juga sangat mudah.

Bagian samping dari Infinix Zero 30 5G

Pada bagian sisi-sinya, pengguna akan menemukan satu lubang USB-C di bagian bawah, speaker di atas dan bawah, port dual SIM di bawah, serta tombol volume dan power di bagian samping.

Sensor sidik jari terdapat di layarnya yang memiliki ukuran 6.78 inch namun menggunakan rasio yang langsing.

Layar

Layar dari Infinix Zero 30 5G tidak kalah menawarkan pengalaman ala flagship dengan desain lengkung.

Sebenarnya keempat sisi memiliki ukuran bezel yang mirip-mirip, namun dengan desain samping yang melengkung, sisi sampingnya terlihat memiliki bezel yang lebih tipis.

Infinix Zero 30 5G menggunakan desain layar yang melengkung di sisi sampingnya

Namun pengalaman visual dari layar 6.78 inch ini tetaplah menyenangkan, apalagi sudah menggunakan resolusi 144Hz yang terasa mulus ketika melakukan scrolling-scrolling di layarnya.

Tingkat kecerahan yang mencapai 960 nits juga cukup terang di berbagai kondisi, terutama di saat cuaca yang panas dan terang benderang.

Baca Juga: Infinix Smart 8 Hadir Dengan Storage 128GB & Harga di 1 Jutaan

Seperti halnya kebanyakan HP dari brand Tiongkok, Infinix Zero 30 Ultra juga menggunakan rasio layar yang tinggi dan langsing.

Hal ini berdampak pada rampingnya perangkat yang membuat pengalaman memegang jadi lebih nyaman, namun membuat konten visual yang ditampilkan jadi lebih sempit.

Pada bagian atas terdapat lubang punch hole kamera yang relatif kecil, namun Infinix menyematkan salah satu fitur yang tengah tren saat ini yaitu capsule.

Mini capsule di Infinix Zero 30 5G

Namun menurut kami Infinix masih belum mampu memaksimalkan fitur ini seperti di perangkat iOS untuk memudahkan arus informasi seperti notifikasi atau kendali media.

Fitur animasi capsule di Zero 30 5G masih cukup terbatas dan hanya sekedar estetika saja.

Kamera

Salah satu aspek yang paling diunggulkan Infinix di seri Zero adalah kameranya, tidak terkecuali Infinix Zero 30 5G.

Spesifikasi yang ditawarkan cukup menjanjikan dengan setup kamera 108MP dengan OIS sebagai kamera utama, 13MP ultrawide, dan 2MP kamera kedalaman.

Sedangkan kamera depannya tidak kalah spektakuler dengan satu kamera 50MP dengan kelebihan pada perekaman video hingga resolusi 4K.

Sedangkan untuk aplikasi kamera bawaan dari Infinix Zero 30 5G sendiri masih tipikal dengan sejumlah HP Infinix lainnya yang rapih dan cukup mudah untuk digunakan.

Baca Juga: Dukung ONIC di Manila, Infinix Luncurkan Campaign KolaborasiJuara

Tampilan aplikasi kamera Infinix Zero 30 5G

Walaupun istilah "AI Photo" untuk mode pengambilan foto auto cukup membingungkan bagi pengguna yang baru pertama kali menggunakan HP Infinix.

Lalu bagaimana dengan hasil fotonya?

Kamera utama Infinix Zero 30 dengan resolusi 108MP secara default menggabungkan sembilan piksel menjadi satu, menghasilkan foto berukuran 12MP yang tampak bagus dengan detail yang tinggi, HDR yang luas, dan warna yang sebagian besar natural.

Hasil foto Infinix Zero 30 5G

Meskipun demikian, ada kekurangan dalam pemrosesan detail yang terlalu halus dan terdapat sedikit noise.

Kemampuan zoom dari kamera utama terbilang sekedar cukup di level 2 kali.

Hasil zoom foto 2 kali di Infinix Zero 30 5G

Sedangkan performa kamera ultrawide sudah cukup mumpuni dan bisa dipakai untuk pamer ke sosial media mengenai aktivitas sehari-hari.

Hasil foto kamera ultrawide Infinix Zero 30 5G

Kamera selfie 50MP dengan kemampuan pixel-binning dapat menghasilkan gambar yang bagus dengan detail yang tinggi dan tampilan kulit yang baik.

Baca Juga: Infinix Zero 30 Resmi Hadir Bawa Kemampuan Kamera Vlogging Yang Tajam

Hasil foto selfie Infinix Zero 30 5G

Pada kondisi minim cahaya, hasil foto Infinix Zero 30 5G memang tidak bisa dikatakan memuaskan.

Sistem dari kamera secara otomatis akan melakukan beberapa penghalusan yang menyebabkan detail menghilang dan noise yang masih terlihat.

Hasil foto malam Infinix Zero 30 5G

Bahkan saat mengaktifkan mode malamnya, fitur ini melakukan penajaman yang cukup berlebih yang menyebabkan detail benar-benar hilang.

Kabar baiknya, foto selfienya cukup bagus dengan detail wajah yang masih terlihat.

Sedangkan untuk hasil videonya mampu memberikan kualitas gambar yang detail dan share-able ke media sosial di kondisi cukup cahaya, apalagi telah mendukung resolusi hiongga 4K di kamera depan dan belakang.

Walaupun warna masih terasa cukup pucat, khas smartphone kelas menengah yang bisa diperbaiki melalui aplikasi editing.

Satu catatan terbesar adalah pada kestabilan video, baik kamera depan ataupun belakang masih perlu ditingkatkan kembali walaupun fitur stabilisasi sudah diaktifkan.

Performa

Infinix Zero 30 5G ditenagai oleh chipset MediaTek Dimensity 8020, yang merupakan chipset kelas menengah yang cukup powerfull.

Baca Juga: Infinix Zero 30 Akan Rilis Berkolaborasi Dengan Jakarta Fashion Week

Chipset ini dipadukan dengan RAM 12 GB dan penyimpanan internal 256 GB.

Dalam penggunaan sehari-hari, Infinix Zero 30 5G mampu menjalankan berbagai aplikasi dengan lancar, termasuk aplikasi berat seperti game dan video editing.

Hasil bencmarh (secara berurutan) Geekbench, PC Mark, & AnTuTu Infinix Zero 30 5G

Hasil stress test dan throtling test Infinix Zero 30 5G

Untuk bermain game berat, infinix zero 30 5G bisa dikatakan perangkat gaming yang sangat mampu.

Performa FPS Infinix Zero 30 5G pada game Car x Street Racing Level 6 (atas) dan genshin impact di setting highest (bawah)

Pada game seperti Genshin Impact dengan pengaturan grafis highest, bisa mencatatakan rata-rata FPS di 39 FPS.

Sedangkan pada game yang juga sama beratnya yaitu Car x Street, Zero 30 5G hanya mampu menjalankan game ini di 29 FPS pada pengaturan grafis level 6.

Kedua game ini bisa menjadi gambaran betapa kuatnya performa mediatek dimensity 8020 untuk menjalankan game-game yang berat dengan sedikit kompromi pada pengaturan grafis.

Namun untuk game-game e-sports yang lebih mainstream, HP ini sudah cukup kompetitif.

Secara keseluruhan, performa Infinix Zero 30 5G cukup memuaskan untuk kelas harganya. Chipset MediaTek Dimensity 8020 mampu memberikan performa yang cukup kencang untuk menjalankan berbagai aplikasi dan game.

Baca Juga: Hadir di Festival Film Venice, Infinix Segera Hadirkan Seri Zero Baru

Baterai

Infinix Zero 30 5G dilengkapi dengan baterai 5000mAh dan sistem pengisian daya 68 watt menggunakan kabel USB-C.

Sayangnya HP ini tidak dilengkapi dengan pengisian daya wireless atau tanpa kabel seperti adiknya Note 30 Pro.

Kami sudah menggunakan HP ini selama beberapa hari dan berakhir pada konklusi kalau performa pemakaian baterainya tidak bisa dikatakan irit.

Dalam skenario pemakaian daily ala kami, mengetik sepanjang perjalanan ke kantor dan mendengarkan musik, baterai Infinix Zero 30 5G mampu bertahan dari pagi sampai sore namun hanya dengan SOT di bawah 4 jam.

Pemakaian baterai Infinix Zero 30 5G sealama 3 hari

Performa ini tentu di bawah harapan kami dan terkadang perlu untuk melakukan pengisian daya di sore hari agar tidak kehabisan baterai saat berada di tengah perjalanan.

Kecepatan pengisian daya 68 watt Infinix Zero 30 5G, 30 menit : 10% - 74%, 10% - 80% : 33 menit, 80% - 100% : 17 menit, 10% - 100% : 51 menit

Sedangkan untuk pengisian daya 68 watt bisa mencatatkan pengisian daya 10 sampai 100% dalam waktu 51 menit saja, catatan yang cukup impresif.

Sedangkan untuk pengisian selama 30 menit, baterai dari 10% bisa terisi sampai 74%, yang cocok bagi pengguna yang terbiasa mengisi daya sambil bersiap siap sebelum beraktivitas.

Sayangnya Infinix Zero 30 5G tidak dilengkapi pengisian daya wireless seperti adiknya, Note 30 Pro.

Baca Juga: Review Performa Gaming Infinix Hot 30 Play di PUBG, Free Fire, & MLBB

Kesimpulan

Secara keseluruhan, Infinix Zero 30 5G memang memiliki kelebihan pada desainnya yang sangat mewah untuk sebuah smartphone di kelas harga 4 jutaan.

di kelasnya, Infinix Zero 30 5G memiliki desain yang paling terasa mewah baik depan dan belakang

Sentuhan ala kulit dan layar lengkung akan menghadirkan ekspektasi harga yang lebih tinggi daripada harga pasarannya saat ini dan meninggikan gengsi dari penggunanya.

Infinix juga masih menyertakan chipset yang cukup powerfull untuk kelas harganya bagi pengguna yang senang bermain game atau sekedar butuh performa cepat dalam menjalankan aktivitas sehari-hari.

Namun memang untuk performa kamera memang cukup rata-rata di kelasnya baik kamera depan ataupun belakang. Walaupun kamera depannya memiliki keistimewaan dengan resolusi video 4K, hasil videonya masih belum begitu stabil untuk diunggah ke story.

Lalu untuk performa konsumsi baterai juga masih menjadi perhatian bagi pengguna yang butuh perangkat yang bisa diandalkan seharian walaupun pengisian dayanya cukup cepat.

Dengan harga 4 jutaan, Infinix Zero 30 5G bisa menjadi opsi bagi pengguna yang menginginkan HP dengan desain elegan dan performa tinggi seperti HP flagship, walaupun untuk optimasi kamera, harga tidak bisa berbohong

Baca Juga: Unboxing & Kesan Pertama Infinix Hot 30 Play Yang Bawa Baterai 6000mAh

(*)

Editor : Bagus Hernawan

Baca Lainnya