Hadirkan Prosesor AI yang Powerful, Intel Core Ultra Resmi Hadir

Jumat, 15 Desember 2023 | 13:25

Intel Core Ultra resmi diperkenalkan dengan fitur AI paling canggih yang pernah mereka buat

nextren.com- Intel memperkenalkan rangkaian prosesor terbaru mereka, Intel Core Ultra, dalam upaya untuk mengakselerasi kehadiran kecerdasan buatan (AI) di berbagai sektor.

Peluncuran ini terjadi dalam acara "AI Everywhere" yang diadakan di New York, di mana Intel memperkenalkan produk-produk generasi berikutnya yang diklaim memiliki kekuatan AI yang luar biasa.

Rangkaian produk ini terdiri dari Keluarga Prosesor Mobile Intel Core Ultra, yang menjadi perhatian utama peluncuran.

Prosesor ini, dibangun dengan teknologi proses Intel 4, menandai langkah besar bagi Intel dengan menjadi keluarga prosesor pertama yang memanfaatkan perubahan arsitektur terbesar perusahaan dalam 40 tahun terakhir.

CEO Intel, Pat Gelsinger, mengungkapkan “Inovasi AI siap meningkatkan dampak dari ekonomi digital hingga mencapai satu pertiga produk domestik bruto dunia 1 ,”

“Intel mengembangkan teknologi dan solusi yang memberdayakan parapelanggan untuk dengan mulus mengintegrasikan dan menjalankan AI secara efektif di semua aplikasi mereka di cloud, dan, terlebih lagi, secara lokal di dalam PC dan edge, di mana data dihasilkan dan digunakan.” kata Gelsinger.

Dalam acara tersebut, Intel menyoroti beberapa aspek kunci dari produk Intel Core Ultra.

Prosesor ini membawa akselerator AI client on-chip pertama dari Intel, yang disebut sebagai neural processing unit (NPU).

Intel Core Ultra menawarkan efisiensi energi 2,5x lebih baik dibandingkan generasi sebelumnya, membuka peluang untuk akselerasi AI yang hemat daya.

Intel juga mengumumkan kemitraan dengan lebih dari 100 vendor perangkat lunak untuk mendukung ratusan aplikasi berbasis AI di pasar PC.

Sehingga terjadi peningkatan performa hingga 40% dibandingkan dengan produk pesaing di beberapa aplikasi, seperti Adobe Premiere Pro.

Baca Juga: ASUS Hadirkan Laptop Konten Kreator Tapi Ringan, Zenbook 14 Pro OLED

Intel Core Ultra diharapkan menjadi pilihan utama dengan lebih dari 230 desain dari produsen laptop dan PC di seluruh dunia pada tahun depan.

Peningkatan signifikan dalam pengalaman pengguna diantisipasi, terutama melalui aplikasi kreatif, produktif, dan menyenangkan yang didukung AI.

Peluncuran ini juga mencakup pengenalan Keluarga Prosesor 5th Gen Intel Xeon, yang memiliki fokus pada pengembangan kekuatan AI di data center, cloud, jaringan, dan edge.

Prosesor ini diklaim membawa peningkatan kinerja yang signifikan, dengan peningkatan rata-rata 21% untuk kinerja komputasi umum dan kinerja per watt 36% lebih tinggi.

Secara keseluruhan, Intel menekankan komitmen mereka untuk memimpin inovasi di dunia AI dan membawa teknologi ini ke tempat-tempat yang mungkin tidak terduga.

Baca Juga: ASUS ROG Resmi Rilis 4 Motherboard Z790, Dukung CPU Intel Generasi 14

(*)

Editor : Bagus Hernawan

Baca Lainnya