Tokopedia Luncurkan Dua Fitur Baru, Belanja Online Jadi Lebih Murah dan Praktis

Kamis, 23 November 2023 | 11:21
DOK. Tokopedia

Fitur Buy More Save More di Tokopedia

Nextren.com –Platforme-commercekini banyak diandalkanolehmasyarakat Indonesia untuk membeli berbagai produk yang diinginkan.

Dilansir dari survei Statista Market Insight,jumlah penggunae-commercedi Indonesia pada 2022 telah mencapai178,94 jutaorangatau meningkat 12,79 persen dari 2021yang saat itu berjumlah158,65 jutaorang.

Associate Vice President Product Campaign and Promotions Tokopedia Helena, memaparkan temuan yang sejalan dengan hasil survei Statista itu.

Sepanjang kuartal III 2023, Tokopedia mencatat kenaikan penjualan di berbagai kategori produk.

“Kategoriproduk tersebut diantaranya,fesyen, otomotif, elektronik, rumah tangga, dan kebutuhan sehari-hari seperti makanan dan minuman, kesehatan, serta perawatan tubuh,” ujar Helena.

Guna mengakomodasi animo masyarakatuntuk berbelanjaonline,Tokopedia meluncurkan dua fitur baru, yakniCari Sekaligus(Multiple Product Search) danBeli Banyak Lebih Hemat(Buy More Save More).

Product Manager Senior Lead Tokopedia Hefrian Syah menjelaskan, fitur Cari Sekaligus dapat digunakan konsumen untukmencari lebih dari satu produk secara bersamaan.

Baca Juga: Tokopedia Bagikan 5 Rekomendasi Parfum Lokal Tahan Lama dengan Harga Affordable

“Konsumen juga bisa mendapatkan rekomendasi pilihan toko yang menjual produk yang dicari secara bersamaan,” jelasHefrian.

Tak hanya hemat waktu, fitur ini juga memungkinkan konsumen untuk mendapatkan gratis ongkos kirim (ongkir) atau hanya perlu membayar ongkir di salah satu toko saja.

“Pembelian lebih hemat ongkir karena biaya dikenakan dari satu toko saja. Bahkan, bisa gratis atau bebas ongkir,” tambah Hefrian.

Khusus untuk fiturBeli Banyak Lebih Hemat, konsumen bisa menikmati diskon harga lebih banyak ketika membeli lebih dari satuitem.Contohnya,beli dua produk diskon 10 persen atau beli tiga produk diskon 30 persen.

“Fitur yang bisa membuat belanjaonlinelebih terjangkau (affordable) ini berlaku di toko penjual dengan status Power Merchant PRO dan Official Store, sesuai syarat dan ketentuan,” ungkap Helena.

Cara menggunakan fitur baru

DOK. Tokopedia

Fitur Multiple Product Search di Tokopedia

Untuk menggunakan fitur Tokopedia Cari Sekaligus, konsumen bisa mengklik kolom pencarian pada halaman utama aplikasi Tokopedia versi Android maupun iOS.

Lalu, ketik salah satu produk yang dicari, dan klik tanda plus (+) di ujung kanan kolom pencarian untuk menampilkan kolom pencarian baru.

Setelah itu, konsumen bisa menambahkan hingga dua produk lain yang dibutuhkan secara bersamaan.

Sementara untuk fitur Beli Banyak Lebih Hemat, konsumen cukup mengunjungi halaman toko penjual yang ada di Tokopedia, laluscrolluntuk mencari tulisan"Buy More Save More"di halaman utama toko.

Setelah itu, pilih produk yang dibutuhkan. Makin banyak produk yang dipilih, makin besar diskon yang akan didapat konsumen.

Salah satu konsumen Tokopedia yang sudah mencoba kedua fitur ini adalah Leona Agustine. Sebagai seorangcontent creator,Leona sudah mengantongi status pengguna ‘Diamond’ (tingkatan tertinggi keanggotaan pembeli di Tokopedia) karena rutin berbelanja diplatformini.

Baca Juga: Cara Atur Uang THR dengan Fitur Kelola Tagihan Tokopedia, Lebih Mudah!

“Kedua fitur baru ini membuatsayamerasakan manfaat lebih. Dengan(fitur)Cari Sekaligus, saya bisa menghemat waktu mencari produk, sementara(fitur) 'Beli Banyak Lebih Hemat'membuat belanja jadi lebih murah,” ungkapnya.

Selain kedua fitur tersebut, Leona juga rutin berpartisipasi dalam kampanye WAR Diskon Tokopedia yang digelar setiap hari pukul 14.00 WIB.

Lewat promo ini, ia bisa mendapatkan berbagai produk dari beragam kategori dengan diskon besar-besaran.

“Saya sangat tertarik dengan produk yang ada di WAR Diskon Tokopedia. Bahkan, saya memasang notifikasi agar bisa ikut tepat waktu,” ujarnya.

Senada dengan Leona, Helena mengatakan bahwa WAR Diskon Tokopedia juga mendorong kenaikan transaksibrandkecantikan lokal dan perawatan tubuh di Tokopedia.

“Jika dibandingkan rata-rata transaksi harian di bulan September 2023, rata-rata kenaikannya hingga 12 kali lipat pada 10 Oktober 2023,” ungkap Helena.

Selain kampanye WAR Diskon Tokopedia, Tokopedia juga mengadakan festival belanja bulananWaktu Indonesia Belanja(WIB) yang berlangsung setiap tanggal 25 hingga akhir bulan, sertaKejar Diskonyang menghadirkan berbagai produk dengan diskon spesial.

Editor : Sheila Respati