Review Singkat Laptop 2 in 1, ASUS Vivobook 13 Slate OLED T3304

Sabtu, 30 September 2023 | 16:03

ASUS Vivobook Pro 13 Slate OLED T3304, Laptop 2 in 1 yang bisa menjadi laptop ataupun tablet

nextren.com - ASUS kembali memperkenalkan laptop detachable terbaru yang bisa menjadi laptop ataupun tablet, Vivobook 13 Slate OLED (T3304).

Kini lapotp tersebut hadir dengan CPU yang lebih kencang yaitu Intel Core i3-N300 yang lebih kencang namun tetap efisien dan adem.

Namun yang menarik dari perangkat ini tentu adalah form factornya yang fleksibel dan cukup ringan untuk sebuah laptop.

Desain yang Fleksibel

Dengan bentuknya,VivoBook 13 Slate OLEDadalah sebuah laptop detachable yang dapat berfungsi sebagai laptop dan tablet.

Desain perangkat ini terbagi menjadi tiga bagian: unit mesin yang menyatu dengan layar, keyboard, dan stand magnetik.

bagian dari ASUS VIVOBOOK PRO 13 SLATE OLED T3304 setelah dilepaskan

Unit mesin adalah pusat dari laptop ini, dengan berbagai komponen utama yang terletak di dalamnya.

Terdapat dua port USB-C yang mendukung display port dan power delivery, satu port combo audio jack, dan satu slot microSD reader.

Seperti tablet, tombol power dan volume juga ditempatkan di bagian samping.

Tanpa komponen lain,penggunadapat menggunakan VivoBook 13 Slate OLED seperti tablet dengan sistem operasi Windows.

Baca Juga: ASUS Resmi Rilis Zenfone 10, Smartphone Compact Berkemampuan Tinggi

Layar OLED 13,3 inci Full HD dengan kemampuan layar sentuh, mampu menampilkan warna yang hidup dan kontras yang tajam, dengan kecerahan puncak mencapai 550 nits dan cakupan warna DCI-P3 100%.

Panel OLED ini memberikan pengalaman visual yang luar biasa baik untuk menonton film maupun berkerja.

Panel OLED 13.3 inch di ASUS Vivobook Pro 13 Slate OLED T3304

Fitur quad speaker dengan dukungan Dolby Atmos semakin memperkaya pengalaman multimedia, sementara kamera utama 13 MP di bagian belakang dan kamera FHD dengan teknologi IR mendukung kegiatan meeting online.

Untuk merasakan pengalaman laptop sepenuhnya, pengguna perlu memasang dua aksesori penting yang ada dalam kotak, yaitu stand dan keyboard yang dapat dilepas pasang dengan magnet.

Stand ini memungkinkan layar dapat ditempatkan secara vertikal atau horizontal, sementara keyboard bawaan menyediakan pengalaman mengetik yang responsif dengan feedback yang pas.

Touchpad berukuran besar juga mendukung produktivitas pengguna.

ASUS Pen 2.0

ASUS juga menyertakan ASUS Pen 2.0 dalam paket, yang tidak hanya digunakan untuk menggambar, tetapi juga sebagai shortcut untuk berbagai fungsi, seperti screen capture dan navigasi slide presentasi.

Spesifikasi yang Mengesankan

ASUS Vivobook 13 Slate OLED ditenagai oleh prosesor Intel Core i3-N300 yang didukung RAM 8 GB LPDDR5 serte media penyimpanan UFS berukuran 256GB.

Baca Juga: Review Singkat ASUS Vivobook S15 OLED BAPE Edition, Canggih & Hype

Sedangkan layarnya hadir dengan panel OLED 13,3 inci Full HD (1920x1080).

Tampilan OLED memberikan warna yang hidup dan kontras yang tajam, dengan kecerahan puncak mencapai 550 nits, serta cakupan warna DCI-P3 100%.

Selain itu, teknologi Dolby Vision mendukung pengalaman visual yang lebih baik dengan gambar yang lebih tajam dan detail yang lebih baik.

ASUS Vivobook Pro 15 Slate OLED dengan CPU Intel i3

Konektivitas juga sangat baik dengan WiFi 6 (802.11 ax) dan Bluetooth 5.2. Dua port USB 3.2 Gen 2 Type-C dengan dukungan tampilan dan Power Delivery membuat transfer data dan mengisi daya perangkat menjadi lebih mudah.

ASUS Vivobook 13 Slate OLED dilengkapi dengan kamera depan FHD dengan IR untuk video konferensi berkualitas tinggi dan kamera belakang 13 MP untuk keperluan fotografi.

Audio laptop ini mengesankan dengan stereo speaker, dukungan Dolby Atmos, dan smart amplifier yang menghasilkan suara berkualitas tinggi.

Laptop ini memiliki baterai 2-cell lithium-polymer berkapasitas 50 Wh, yang menawarkan daya tahan baterai yang cukup baik untuk penggunaan sehari-hari.

Dengan dimensi 309,9 x 190 x 8,95 mm dan berat hanya 800 gram, ASUS Vivobook 13 Slate OLED sangat portabel dan mudah dibawa kemana-mana.

ASUS Vivobook 13 Slate OLED dilengkapi dengan adapter daya 65 W, yang dapat mengisi daya perangkat dengan cepat dan efisien.

Vivobook 13 Slate OLED menjalankan sistem operasi Windows 11 Home, yang membawa berbagai pembaruan dan peningkatan, termasuk antarmuka pengguna yang lebih segar, dukungan perangkat keras yang lebih baik, dan kemampuan multitasking yang ditingkatkan.

Baca Juga: ASUS Hadirkan Laptop & PC Desktop Bisnis Yang Dilengkapi Intel vPro

Kesimpulan

Secara keseluruhan, ASUS VIVOBOOK 13 Slate OLED edisi 2023 ini memberikan pengalaman yang unik bagi pengguna yang membutuhkan tablet dengan sistem operasi windows.

Namun pengguna juga bisa mendapatkan pengalaman seperti menggunakan laptop berkat aksesoris yang termasuk dalam paket pembelian.

ASUS Vivobook Pro 13 Slate OLED

Bahkan menurut kami, vivobook 13 slate OLED lebih proper daripada tablet biasa di beberapa aspek seperti kemampuan untuk menginstall aplikasi yang biasa digunakan di laptop dan hadirnya 2 port USB-C.

Bahkan satu yang patut diapresiasi adalah kemampuan stand yang bisa diubah sudutnya sesuai kebutuhan, tidak seperti kebanyakan aksesori tablet yang tidak ramah pengidap vertigo.

Lalu ASUS juga masih memberikan panel berkualitas terbaiknya, yaitu OLED bagi para pekerja kreatif atau sekedar penikmat konten di tablet.

Walaupun ada beberapa catatan seperti layar yang memiliki refresh rate standar dan RAM yang hanya 8GB.

Secara total, Perangkat ini memiliki bobot 800 gram yang tergolong ringan untuk sebuah laptop tapi tidak untuk sebuah tablet.

Di Indonesia Vivobook 13 Slate OLED t3304 dijual dengan harga SRP Rp 11.799.000.

Baca Juga: Review ASUS ROG Swift PG27AQDM, Monitor Gaming OLED Yang Tipis

(*)

Editor : Bagus Hernawan

Baca Lainnya