Hyundai IONIQ 5 Resmi Hadir dengan Hyundai Bluelink, Kendali Penuh Lewat Hape

Jumat, 15 September 2023 | 19:08
Hyundai

Penggunaan Bluelink di IONIQ 5 untuk mengendalikan mobil lewat internet hape

Nextren.com - PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) hari ini resmi meluncurkan IONIQ 5 yang dilengkapi dengan Hyundai Bluelink.

Pembaharuan ini juga dilengkapi dengan 19 fitur terbaru yang khusus diprogram untuk IONIQ 5 untuk memberikan pengalaman berkendara terbaik di setiap kebutuhan mobilitas pelanggan.

Hyundai IONIQ 5 dengan teknologi Bluelink akan mulai tersedia secara nasional di seluruh dealer Hyundai mulai hari ini.

Woojune Cha, President Director PT Hyundai Motors Indonesia, mengatakan, “Hyundai berkomitmen untuk terus mengembangkan ekosistem kendaraan listrik di Indonesia dan menghadirkan pengalaman mobilitas masa depan melalui electric vehicle (EV) bagi masyarakat luas. Kehadiran Hyundai Bluelink di IONIQ 5 diharapkan akan semakin memberikan kenyamanan, keamanan, dan kemudahan berkendara yang lebih lengkap bagi konsumen.”

IONIQ 5 : kendaraan listrik pertama yang dibuat di Indonesia

IONIQ 5 merupakan mobil listrik pertama yang menggunakan Electric-Global Modular Platform (E-GMP), yang dirancang khusus oleh Hyundai Motor Group untuk model mobil listriknya.

E-GMP memungkinkan IONIQ 5 untuk memiliki kapasitas baterai yang besar (58 Kwh untuk Standard Range dan 72,6 KWh untuk Long Range) serta memungkinkan pengisian daya menggunakan ultra fast charging dan kompatibilitas dengan berbagai infrastruktur pengisian daya.

Melalui kehadiran E-GMP ini, motor listrik, transmisi EV, dan inverter pun terintegrasi ke dalam sistem tenaga listrik atau power electric system generasi terbaru sehingga mengoptimalkan kinerja yang lebih baik, efisiensi lebih tinggi, dan bobot yang optimal.

Selain itu, konstruksi rangka baja yang kuat dari E-GMP turut memaksimalkan keamanan sekaligus menjaga pusat gravitasi yang lebih rendah untuk stabilitas perjalanan yang lebih baik.

Untuk kenyamanan penumpang yang terdepan, E-GMP juga memberikan keleluasaan dalam desain interior IONIQ 5, memaksimalkan ruang kabin dengan luas lantai yang lebih besar dan datar.

Teknologi E-GMP juga memungkinkan IONIQ 5 memiliki fitur-fitur canggih dan inovatif, salah satunya adalah Vehicle-to-Load (V2L) yang memungkinkan pengguna menyalakan perangkat elektronik apa pun langsung dari kendaraan.

Dari segi performa, tipe Prime Standard dan Signature Standard mampu membuat IONIQ 5 berakselerasi dari 0 hingga 100 km/jam dalam waktu 8,5 detik, sedangkan tipe Prime Long Range dan Signature Long Range mampu membuat mobil berakselerasi dari 0 hingga 100 km/jam hanya dalam 7,4 detik.

Dirakit di pabrik Hyundai Motor Manufacturing Indonesia (HMMI) di Cikarang, Jawa Barat, IONIQ 5 adalah mobil listrik pertama yang diproduksi di Indonesia. Ini menjadi bukti konkret komitmen Hyundai dalam mendorong era elektrifikasi di industri otomotif Tanah Air. IONIQ 5 sendiri memiliki desain futuristik dengan tampilan yang aerodinamis.

Sejak pertama kali hadir di Indonesia, IONIQ 5 menawarkan fitur dan teknologi terdepan, seperti Hyundai SmartSense yang membantu pengemudi menjaga keselamatan di jalan raya.

Kini, dengan hadirnya Hyundai Bluelink, pengguna tidak hanya mendapatkan rasa aman dan nyaman selama perjalanan, tapi juga mendapatkan akses penuh terhadap kondisi kendaraan dan menghadirkan pengalaman berkendara yang lebih smart.

Simak bagaimana Hyundai Bluelink mengoptimalkan pengalaman berkendara IONIQ 5 ke level yang lebih tinggi:

Pengendalian lebih mudah dan fleksibel

Hyundai Bluelink di IONIQ 5 hadir dengan fitur-fitur yang memungkinkan pengguna melakukan kendali jarak jauh pada berbagai fungsi kendaraan.

Salah satunya adalah fitur Remote Start & Stop Climate Control untuk menyalakan, mematikan, serta mengatur suhu (climate) di dalam kabin langsung dari aplikasi.

Hyundai Bluelink juga memungkinkan pengguna menjadwalkan pengaturan climate control dan pengisian daya langsung melalui aplikasi sehingga fungsi tersebut dapat berjalan otomatis pada waktu yang telah ditentukan.

Untuk pengisian daya yang lebih seamless, kini pengguna bisa membuka dan menutup pintu pengisian daya langsung dari aplikasi Hyundai Bluelink dengan fitur Remote Open & Close Charging Door.

Pengguna juga dapat memulai dan menghentikan pengisian daya langsung dari aplikasi Hyundai Bluelink melalui fitur Remote Start & Stop Charging.

Ada pula fitur EV Service yang memungkinkan pengguna mengatur batas pengisian daya, mengatur notifikasi sebelum pengisian daya selesai, dan memonitor konsumsi energi yang digunakan.

Hyundai
Hyundai

Bonar Pakpahan, Product Expert Hyundai menjelaskan fitur di Ioniq 5

Memantau dan mengelola status charging dengan mudah

Hadirnya Hyundai Bluelink pada IONIQ 5 memungkinkan penggunanya untuk memantau status kendaraan dengan lebih baik.

Melalui fitur Charging Status, pengguna bisa melihat dan memantau berbagai indikator seperti Charging Port Connection Status, Battery Level, Scheduled Charging On/Off, Scheduled Climate Control On/Off, dan Charging Door Open/Close.

Khusus untuk Charging Port Connection Status, pengguna akan menemukan tampilan lima status dari port pengisian daya, yaitu Not Plugged In, Plugged In, Fast Charging, Standard Charging, atau Waiting for Schedule.

Masing-masing indikator akan memudahkan pengguna untuk memastikan apakah charger gun sudah terpasang dengan baik, melihat teknologi pengisian daya yang digunakan, hingga memastikan penjadwalan pengisian daya.

Selain itu, aplikasi Hyundai Bluelink untuk IONIQ 5 kini juga sudah menyediakan informasi Odometer kendaraan. Jadi, pemilik dapat memeriksa informasi jarak tempuh kendaraan kapan pun dan di mana pun yang juga dapat menjadi pengingat untuk melakukan servis berkala. Semua fitur yang disebutkan di atas dapat pengguna lihat pada menu Status di aplikasi Hyundai Bluelink.

Navigasi lebih canggih dan mudah dengan fitur terbaru di Menu Map

Hyundai ingin memastikan IONIQ 5 dapat menjadi kendaraan yang diandalkan untuk bepergian di segala kondisi. Karenanya, IONIQ 5 dengan Hyundai Bluelink juga dilengkapi fitur navigasi yang lebih lengkap.

Salah satunya, Search Nearby kini memungkinkan pengguna untuk mengetahui lebih banyak point of interest (POI), meliputi Nearby Eat & Drink, Nearby Charging Station, Nearby Parking, dan Nearby Shopping.

Informasi petunjuk arah ke lokasi POI tersebut juga terintegrasi dengan fitur Send to Car sehingga pengguna bisa mengirim lokasi POI yang ingin dituju dari aplikasi ke kendaraan.

Pengguna juga dapat melihat seberapa jauh jarak yang dapat ditempuh kendaraan berdasarkan kapasitas baterai yang tersedia melalui fitur EV Driving Range. Fitur ini menampilkan dua lingkaran yang masing-masing menunjukkan radius jarak yang dapat ditempuh menggunakan 80% dan 100% dari kapasitas baterai yang tersedia.

Ada juga fitur Previous Destinations yang akan memberi pengguna info seputar lokasi yang sempat dikunjungi sebelumnya untuk memudahkan pengguna mengunjungi kembali lokasi-lokasi yang masih kurang familiar.

Meningkatkan pengalaman berkendara lewat inovasi terbaru di head unit

Hyundai turut menghadirkan integrasi antara head unit IONIQ 5 dengan Hyundai Bluelink. Melalui fitur Last Mile Navigation pengguna dapat memindahkan navigasi yang ditampilkan di kendaraan ke aplikasi Hyundai Bluelink ketika lokasi tujuan berjarak 200 m - 2 km dari lokasi kendaraan diparkir.

Dengan demikian, pengguna tetap dapat diarahkan ke tempat tujuan melalui navigasi setelah turun dari kendaraan. Lalu ada fitur Connected Routing untuk menampilkan informasi terkait rute perjalanan yang lebih tepat, waktu tiba yang lebih presisi, hingga kondisi lalu lintas yang lebih akurat.

Sekarang, pengguna juga bisa melakukan pembaharuan Map dan sistem infotainment secara over-the-air (OTA). Pembaharuan map serta sistem infotainment akan diperiksa secara berkala dan diunduh secara otomatis saat tersedia.

Selama proses download berlangsung, pengguna masih bisa menggunakan map dan sistem infotainment secara normal.

Pengguna juga dapat memberikan perintah suara setelah menekan tombol khusus di setir untuk mengontrol kendaraan serta mengoperasikan sistem infotainment melalui fitur Voice Command.

Voice Command juga dapat digunakan untuk mengirim pesan dan melakukan panggilan telepon setelah pengguna menghubungkan smartphone ke sistem infotainment via Bluetooth.

Tidak ketinggalan, Hyundai Bluelink kini juga menyajikan informasi prakiraan cuaca di lokasi sekitar untuk enam hari ke depan melalui fitur Weather.

Layanan worry-free

Pelanggan IONIQ 5 dapat menikmati berbagai keuntungan dan pengalaman worry-free, dengan berbagai layanan dari Hyundai seperti:

  • Hyundai Call Center selama 24 jam di 0-800-1-878-878
  • Gratis 24 jam Roadside Assistance (melalui Call Center Hyundai di 0-800-1-878-878)
  • Gratis 24 jam Emergency Mobile Charging Service selama masa garansi (melalui Call Center Hyundai di 0-800-1-878-878 & berlaku di Jabodetabek, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, Denpasar dan Medan)
  • Layanan Mobile Service (melalui Call Center Hyundai di 0-800-1-878-878)
  • Gratis biaya jasa perawatan hingga 5 tahun atau 75.000 km (yang mana tercapai lebih dulu & hanya untuk biaya jasa)
  • Gratis suku cadang hingga 3 tahun atau 45.000 km (yang mana tercapai lebih dulu & sesuai jadwal perawatan rutin khusus)
  • Garansi Baterai Kendaraan Listrik selama 8 Tahun atau 160.000 km
  • Gratis AC Home Charger dan Biaya Instalasi
  • Gratis portable charger
Hyundai IONIQ 5 Bluelink tersedia dalam berbagai warna eksterior yaitu, Optic White, Titan Gray Metalic, Magnetic Silver Metalic dan Midnight Black Pearl. IONIQ 5 Bluelink juga menawarkan pilihan warna eksterior Gravity Gold Matte dengan biaya tambahan sebesar Rp3.500.000,-.

Hyundai IONIQ 5 Bluelink sudah tersedia secara nasional mulai hari ini dengan pilihan harga (OTR Jakarta):

  • IONIQ 5 Bluelink Prime Standard Range: Rp759,000,000,-
  • IONIQ 5 Bluelink Prime Long Range: Rp800,000,000.
  • IONIQ 5 Bluelink Signature Standard Range: Rp820,000,000,-
  • IONIQ 5 Bluelink Signature Long Range: Rp870,000,000,-.

Editor : Wahyu Subyanto