Carut Marut Pengelolaan IMEI, Apa Penyebab dan Solusinya?

Kamis, 03 Agustus 2023 | 15:38
Alfons

Ilustrasi nomor IMEI HP

Nextren.com - Bareskrim Polri berencana akan mematikan ratusan ribu ponsel, karena terdeteksi memakai IMEI ilegal. Tentu saja hal itu membuat resah pengguna yang sudah membayar mahal untuk mendapatkan ponsel idamannya.

Ponsel yang masuk ke Indonesia wajib mendaftarkan nomor IMEInya agar bisa mendapatkan sinyal operator seluler dan bisa digunakan di Indonesia. Jika IMEI tidak terdaftar maka ponsel tersebut tidak bisa mendapatkan layanan seluler.Ada ratusan ribu ponsel akan dinonaktifkan karena tidak mendaftarkan IMEI sesuai prosedur. Mayoritas iPhone.IMEI bisa didaftarkan melalui 4 cara :1. IMEI Turis didaftarkan melalui operator seluler dan hanya berlaku 90 hari.2. Kominfo, khusus untuk tamu negara.3. Bea cukai, untuk ponsel yang dibeli di luar negeri.4. Kemenperin.

Jasa unlock IMEI artinya apa ? Artinya anda ditawari layanan yang melanggar hukum.

Ini prinsipnya sama saja dengan anda mengakali pajak. Walaupun layanannya tidak ada kata melanggar hukum dan mengakali pajak, tetapi proses yang dilakukan dalam unlock IMEI ini adalah Anda membayar pihak ketiga, yaitu dengan cara menyogok petugas untuk meloloskan perangkat yang seharusnya wajib kenapajak yang diawasi oleh negara melalui nomor IMEI.

Dan sebagai informasi, pengawasan untuk IMEI yang di unlock secara ilegal ini sangat mudah dilakukan dan sangat mudah terdeteksi. Jadi sekalipun IMEI perangkat anda sudah berhasil di unlock, tidak berarti perangkat anda sudah aman, jika tidak melalui proses administrasi yang benar, seperti mendaftarkan ke bea cukai dalam hal anda membeli iPhone yang berasal dari luar Indonesia.

KODE IPHONE

PROVIDER

PA/A

TAM Erajaya / XL / iBox

ID/A

MAP / Telkomsel / Digimap

FE/A

Indosat

SA/A

GDN Blibli

Mengapa banyak terjadi pada iPhone dan sedikit terjadi pada Android ?Karena iPhone tidak diproduksi di dalam negeri, sehingga wajib membayar pajak bea masuk. Karena unsur pajak dan harga jual iPhone yang tinggi, maka iPhone yang dimasukkan secara resmi menjadi terlihat lebih mahal secara signifikan, dibandingkan iPhone di luar negeri. Padahal bila melihat secara utuh, yang dilihat hanya harga iPhone di luar negeri yang tidak membayar pajak, dibandingkan iPhone di dalam negeri yang sudah membayar pajak. Ini pada prinsipnya sama dengan smuggling atau penyelundupan.Karena harga iPhone itu sendiri cukup mahal, makaupaya menghilangkan unsur pajak itu membuat harga iPhone tersebut terlihat lebih murah dan menggoda. Apalagi banyak pengguna yang mengidamkan iPhone, tetapi ingin mencari harga yang lebih murah. Hal itu dipenuhi oleh pedagang dengan cara melanggar hukum lewat unlock IMEI ilegal.

Bagaimana mengecek keamanan IMEI produk iPhone yang anda beli ?Pada prinsipnya, jika anda beli dari distributor resmi, dapat dipastikan anda aman dari blokir IMEI. Jika IMEI yang anda beli dari distributor resmi diblokir, anda bisa meminta pertanggungjawaban distributor tersebut.Jika anda ingin lebih detail, Anda bisa melakukan pengecekan negara asal iPhone dengan melihat kode produksi. iPhone yang dipasarkan di setiap negara memiliki kode yang berbeda. Untuk iPhone resmi yang dipasarkan di Indonesia memiliki kode dari ponselnya, yang bisa dilihat di menu [Settings] [General] [About]

Modus apa yang dilakukan untuk menjual iPhone ilegal? Unlock IMEIRahasianya adalah IMEI untuk turis.Jadi iPhone yang seharusnya di daftarkan secara resmi dan membayar pajak, didaftarkan sebagai iPhone turis, sehingga bisa mengakses layanan seluler di Indonesia. Dan ketika pembelinya sudah senang karena bisa mendapatkan iPhone idamannya dengan harga yang signifikan lebih murah, tahu-tahu iPhonenya mati dan tidak bisa mengakses jaringan.Mengapa ?Karena unlock IMEI untuk turis hanya berlaku 90 hari dan setelah itu pemilik ponsel (turis) dianggap sudah kembali ke negaranya.

Apakah semua HP tidak resmi melanggar hukum ? Mengapa orang membeli HP Tidak resmi ?Tidak semua pembeli HP tidak resmi itu melanggar hukum.Biasanya orang beli HP via reseller atau HP BM karena:

  • Lebih murah kalo gak bayar pajak resmi yah ngga dapat pendaftaran IMEI.
  • Stok HP resminya lagi kosong, dia sudah ngebet banget pengen punya HP idamannya.
  • HP resminya belum masuk Indonesia, dan dia ingin jadi early adopter.
Padahal Early adopter ini biasanya nyari yg resmi bayar pajak. Early adopter gak peduli soal harga mahal. Jadi kalau anda ingin beli HP tidak resmi dan legal, minta bukti pembayaran pajaknya dan cek IMEI anda ke situs bea cukai.Alamat situs cek IMEI

  • www.beacukai.go.id/cek-imei.html untuk IMEI perangkat yang dibeli dari luar negeri dan di daftarkan ke bea cukai.
  • imei.kemenperin.go.id untuk perangkat ponsel yang diproduksi di dalam negeri.
Saran bagi pemerintah untuk mengelola database IMEI lebih baik :Harusnya IMEI dikaitkan dengan merek, tahun produksi dan kode perangkat.

Kode perangkat iPhone sudah dirancang sedemikian rupa sehingga dapat di identifikasi berasal dari negara mana.

(Alfons Tanujaya, Vaksin.com)

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya