REVIEW realme C53 NFC: HP Entry Level Lengkap Berkamera 50MP dan Baterai Awet

Kamis, 15 Juni 2023 | 13:35
way

realme C53 tampak depan, layar tetap jelas di bawah sinar matahari

Nextren.com - Setelah merilis realme C55 NFC bulan Maret 2023 lalu, vendor smartphone kawula muda itu mengumumkan akan merilis realme C53 NFC di Indonesia, tepatnya hari ini Kamis (15/6/2023).

realme C53 NFC yang ditargetkan menjadi game changer di pasar smartphone entry-level, membawa tiga peningkatan fitur yaitu desain tipis 7,49mm, charger 33 Watt, memori RAM total 12GB, serta memori penyimpanan 128GB.

Meski berada di kelas entry level, relame C53 NFC memang dibekali fitur penting yang dicari kawula muda saat ini.

Beberapa bekal pentingnya yaitu desain slim, layar super lega, NFC, baterai besar, kamera 50MP, memori penyimpanan 128GB, serta memori RAM 6GB plus 4GB extended RAM.

Lewat realme C53 NFC, mereka ingin membuktikan hadirnya peningkatan signifikan di realme C Series serta mempertahankan dominasinya di segmen entry-level, di kelas harga Rp 2 jutaan.

Spesifikasi penting realme C53 NFC● Charger 33W SUPERVOOC● Memori RAM hingga 12GB (6Gb+6GB) dan memori internal 128GB● Kamera 50MP AI● Bodi 7.49mm● Shiny Champion Design● Baterai 5000mAh● Layar 6.74 inchi 90Hz● Chipset Octa-core ● Slot memori microSD hingga 2TB

Isi paket penjualan

Kotak penjualan realme C53 NFC ini tampil khas dengan kotak warna kuning tua dan berukuran cukup besar, berisi aksesoris pendukung yang lengkap.

Inilah isi paket penjualan realme C53 NFC :

  • realme C53 NFC
  • Charger 33W SUPERVOOC
  • Kabel data USB Type C
  • Silicon Case transparan
  • Sim ejector
  • Manual dan kartu garansi
way
way

realme C53 NFC, Isi paket penjualan

Desain

Desain realme C53 NFC ini memang terbilang ramping meski dibekali baterai besar dan layar sangat lega. Dijuluki Shiny Champion Design, bodi yang setipis 7,49mm tampak menonjol di kelasnya.

Selain itu, pinggiran realme C53 NFC didesain dengan ujung bezel sedikit membulat yang membuatnya tampak gagah.

Jadi jangan khawatir menggenggamnya berlama-lama, karena terasa nyaman dan bahkan juga cukup ringan.

Di sisi belakang smartphone ini, ada tekstur garis emas dan efek cahaya keemasan menyerupai pita emas dan lampu sorot.

Desain realme C53 NFC yang berkilau itu tersedia dalam dua warna: Champion Gold dan Mighty Black.

Modul kamera belakang sedikit menonjol, yang akan pas saat softcase dipasang, sekaligus memberikan kenyamanan dari licin dan goresan.

Untuk membuat bagian belakang ini menarik, ternyata realme melakukan proses pelapisan gradien filamen emas dengan enam lapisan lapisan gradien dan lapisan optik. Tujuannya untuk menghasilkan efek gradien tiga zona dan tiga warna.

way
way

realme C53 NFC, port di sisi bawah dan ketebalannya 7,49mm

Kamera utama di belakang ada dua, dan ditaruh dalam modul kotak yang modern bersama lampu flash. Sedangkan kamera selfie ditaruh dengan desain tetesan air di bagian atas layar.

Sensor sidik jari diletakkan di samping, yang bisa diakses jempol dengan mudah meski digenggam satu tangan, serta dan bisa merespon dengan cepat untuk membuka kunci layar dan aplikasi lainnya. Sebuah cara cerdas untuk mengamankan data-data pribadi Anda.

Seperti smartphone realme lainnua, tombol power bisa diakses dengan menekan kombinasi tombol volume atas dan sensor sidik jari.

Adapun slot dual SIM, mikrofon utama, port USB Type-C, jack audio 3.5mm dan lubang speaker ada di sisi bawah.

Layar

realme C53 NFC dibekali layar sengat lega yaitu 6,74 inchi dengan refresh rate 90Hz, dengan desain tetesan air klasik untuk kamera selfie.

Layarnya hadir dengan rasio layar-ke-bodi sebesar 90,3% dan kecerahan hingga 450nits, sangat terang bahkan saat dipakai di siang hari bolong.

Spek layar realme C53 NFC ini membuat Anda bisa menikmati momen menonton video yang lebih mendalam dengan tampilan halus dan warna cemerlang.

Layarnya juga memiliki desain Mini Capsule, yang secara cerdas akan beradaptasi dengan layar dan akan melingkari kamera depan secara mini. Hal itu membuat desain tetesan air klasik di realme C53 NFC menjadi lebih menarik.

Untuk mengatur Mini Capsule di realme C53 NFC mudah saja, yaitu masuk ke menu Settings > Notification > Mini Capsule dengan 2 Skenario Fungsional.

Skenario 1. Battery Status dengan pilihan Fully charged (Lampu dinamis berwarna hijau), Charging (Cahaya dinamis berwarna biru) dan Low Battery (Lampu dinamis berwarna merah dengan baterai yang tersisa hanya 5%.

way
way

Tampilan antarmuka realme UI T Edition berbasis Android 13, lebih segar dan, simpel namun fungsional

Skenario 2. Step Status dengan menu Step Cahaya dinamis berwarna kuning. Saat waktu yang tetap yaitu pukul 21:00 setiap hari, notch dinamis akan memunculkan notifikasi jumlah langkah dan jarak berjalan pada hari itu.

Antarmukanya memakai realme UI T Edition yang berbasis Android 13, terasa lebih segar, simpel namun fungsional dan user friendly saat diatur.

Kombinasi layar yang terang dan tajam, serta antarmuka yang lancar, memberikan pengalaman menarik di smartphone kelas entry level ini.

Kamera

Bekal kamera utama realme C53 NFC terbilang mantap di kelasnya, yaitu kamera AI 50MP dengan bukaan f/1.8 dan lensa 5P.

Dengan resolusi kamera yang tinggi, detail yang jelas dan tajam bisa didapat dan menghasilkan foto dengan piksel besar hingga 8160*6144. Sangat memadai saat butuh untuk dicetak ukuran besar, ataupun saat kamu ingin menjual koleksi foto ke platform jual beli foto seperti Shutterstock.

Selain kamera utama 50MP, ada pula kamera berlensa B&W f/3.0 berdampingan dengan lampu flash yang menyatu dalam modul kotak yang modern. Sementara kamera selfie beresolusi 8MP, dengan bukaan lensa f/2.0 dan beragam fitur.

Di menu kameranya tersedia berbagai mode kamera di antaranya Mode 50MP, Video, Mode Malam, Panorama, Pro (Manual), Mode Portrait, Time Lapse, Slow Motion, HDR, QR Code, Filter, dan Slow Motion.

Ada pula dua filter terbaru yakni Secret Garden dan Sunny Holiday untuk menambah keseruan momen saat memotret dan membuat hasil foto lebih kreatif.

Di mode Pro, tersedia pengaturan ISO 100-1600 serta shutter speed 1/1000 hingga 1/5 detik. Yang menarik, titik fokus kamera bisa diatur secara manual sesuai kebutuhan.

Jadi memotret jarak dekat (Makro), jarak menengah ataupun pemandangan, bisa dilakukan lebih leluasa. Bahkan di Menu Portrait, depth of field bisa diatur secara manual mulai F0.95 hingga F16.

way
way

realme C53 NFC - Kamera utama 50MP, berdampingan dengan kamera BW dan lampu flash.

Bagaimana hasil kameranya?

Di kondisi cahaya cukup atau siang hari tentu bisa diandalkan, dengan hasil foto detil, tajam dan warna alami. Foto makro bisa didapat dengan mudah. Begitu pula rekaman videonya yang berkarakter mirip.

Oya tidak ada kamera super wide yang dismartphone ini,yang akan sedikit menyulitkan saat memotret di tempat sempit.

Di malam hari, kualitasnya memang agak menurun. Namun adanya Mode Malam sangat membantu hasil foto lebih tajam, dengan cara menahan kamera agar stabil.

Yang menarik adalah autofokusnya terbilang cepat mendeteksi obyek bergerak meski cahaya agak kurang. Kami mencobanya untuk memotret ikan yang terus bergerak dalam akuarium dengan pencahayaan lampu kecil.

Sementara rekaman video di malam hari dan kurang cahaya memang menurun ketajamannya, dan terasa agak goyang saat dipakai merekam video sambil bergerak. Kami mencobanya dengan merekam video sambil naik motor.

Hasil foto siang hari

Berikut hasil foto-foto di siang hari, dengan mode auto dan tanpa flash. Semuanya tanpa editing dan hanya diperkecil ukuran filenya agar mudah ditampilkan.

way
way

realme C53 NFC - hasil foto siang hari, mode Auto, tanpa flash

way
way

realme C53 NFC - hasil foto siang hari, mode Auto, tanpa flash

way
way

realme C53 NFC - hasil foto siang hari, mode Auto, tanpa flash

way
way

realme C53 NFC - hasil foto siang hari, mode Auto, tanpa flash

way
way

realme C53 NFC - hasil foto siang hari, mode Auto, tanpa flash

way
way

realme C53 NFC - hasil foto siang hari, mode Auto, tanpa flash

Hasil foto malam hari

Berikut hasil foto-foto di malam hari, dengan mode auto dan tanpa flash. Semuanya tanpa editing dan hanya diperkecil ukuran filenya agar mudah ditampilkan.

way
way

realme C53 NFC - hasil foto malam hari, cahaya minim, mode Auto, tanpa flash

way
way

realme C53 NFC - hasil foto malam hari, cahaya minim, mode Auto, tanpa flash

way
way

realme C53 NFC - hasil foto malam hari, cahaya minim, mode Auto, tanpa flash

way
way

realme C53 NFC - hasil foto malam hari, cahaya minim, mode Auto, tanpa flash

way
way

realme C53 NFC - hasil foto malam hari, cahaya minim, mode Auto, tanpa flash

way
way

realme C53 NFC - hasil foto malam hari, cahaya minim, mode Auto, tanpa flash

way
way

realme C53 NFC - hasil foto malam hari, cahaya minim, mode Auto, tanpa flash

Kinerja

realme C53 NFC dibekali prosesor T612 yang kuat dengan octa-core Cortex-A75x2 dan Cortex-A55x6, yang dibuat berbasis teknologi proses 12nm, dipadukan dengan GPU Mali- G57 1.82GHz yang memberikan skor benchmark Antutu 223.584.

Kinerjanya juga didukung memori RAM 6GB plus 6GB dengan fitur Dynamic RAM Expansion Technology, memberikan pengalaman seperti memori RAM 12GB.

Adapun memori internalnya sangat besar untuk kelas entry level, yaitu 128GB yang masih bisa ditambah lewat slot microSD hingga 2TB. Bayangkan, dengan memori internal 128GB, Anda bisa menyimpan 28.000+ foto dan menyimpan 450+ episode serial TV.

Seperti sudah dibahas di sisi layar, menonton video atau bermain game dengan detil tinggi sangat nyaman di hape ini. Refresh rate 90Hz membuat permainan gaming terasa lebih lancar dan mulus. Game-game populer seperti Mobile Legends dan PUBG bisa dimainkan dengan lancar di smartphone ini.

Sementara audionya didukung fitur UltraBoom Speaker yang memberikan pengalaman audio yang lebih menyenangkan.

Sesuai namanya, satu fitur penting di realme C53 NFC adalah NFC yang kini makin banyak dipakai untuk pembayaran digital.

Teknologi NFC yang dibenamkan mengadopsi teknologi antena umum NFC yang telah diriset sendiri untuk meningkatkan area gesekan NFC sebesar 2 kali lipat dan secara efektif meningkatkan tingkat akurasi gesekan.

Baterai

Baterai sebesar 5000mAh di realme C53 NFC didukung charger 33W. Dengan baterai 5000 mAh, masa pakai baterai bisa bertahan seharian penuh untuk beraktifitas. Bahkan bisa bertahan hingga 38 hari jika dalam keadaan standby, dan 36 jam menelepon.

Meski kapasitas baterainya besar, baterai realme C53 NFC bisa terisi hingga 50% dalam 31 menit. Pasalnya, ada algoritma penyetelan cerdas VCVT, sehingga realme C53 NFC dapat menyesuaikan tegangan dan arus, untuk meningkatkan efisiensi pengisian daya.

Keamanan pengisian daya dalam penggunaan sehari-hari juga diperhatikan, lewat sistem perlindungan overcharge, tegangan berlebih, arus berlebih, temperatur berlebih, dan kejadian ekstrem.

Untuk pasar Indonesia, realme C53 NFC tersedia dalam pilihan warna Champion Gold dan Mighty Black, dengan satu varian memori 6GB/128GB.

Pendapat kami

Untuk sebuah smartphone kelas entry level, tentu saja kita tidak bisa mendapatkan semua hal terbaik. Namun fitur penting tetap harus dimiliki agar bisa diandalkan saat dibutuhkan dalam aktifitas sehari-hari.

Menilik harganya di kelas entry level, maka realme C53 NFC ini cukup menarik menjadi pertimbangan, dengan layar super lega dan tajam, baterai awet, kamera 50MP, serta NFC yang praktis.

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya