Nextren.com -Tokopedia kemarin (13/4), membagikan keberhasilan mitra Tokopedia dengan peningkatan transaksi produk digital pada kuartal I 2023.
Peningkatan 5,5x lipat ini dialami oleh Mitra Tokopedia di area tertentu yaitu Minahasa(Sulawesi Utara), Raja Ampat (Papua Barat) dan Manokwari Selatan (Papua Barat).
Selain peningkatan tersebut, Tokopedia juga membagikan keberhasilan lainnya dari Mitra Tokopedia.
Mitra Tokopedia sendiri merupakan panggilan dari pengguna yang ingin menjual produk digital dan produk grosir.
Baca Juga: Tetap Aman Saat Transaksi Digital, Ini Tips Hindari Penipuan Lewat File APK dari Tokopedia
Melalui ekosistem Mitra Tokopedia, perusahaan mengupayakan keberlanjutan bisnis dengan mempertajam fokus menjadi platform dengan skala dan lingkup yang lebih spesifik.
Hal ini dilakukan demi terus menghasilkan dampak positif kepada seluruh pihak di dalam ekosistem secara jangka panjang.
Produk digital yang disediakan oleh Mitra Tokopedia ialah pulsa, paket data, game voucher, token listrik dan lainnya.
Mengeliminasi Produk Grosir
Dengan adanya peningkatan transaksi produk digital, Tokopedia mengeliminasi fitur pembelian produk grosir.
"Melihat data tersebut, kami memutuskan untuk menyesuaikan bisnis kami dengan mengeliminasi fitur pembelian Produk Grosir di aplikasi Mitra Tokopedia, dan fokus memfasilitasi individu dan pemilik usaha untuk menjual 21 jenis produk digitaldengan harga kompetitif, sehingga mereka bisa mendapatkan penghasilan lebih," ujarHead of Mitra Tokopedia, Carlo Yudhistira Praditya.
21 jenis Produk Digital tersebut dibagi atas tiga kategori.
Yaitu, pembelian, yang mencakup lima produk seperti Pulsa dan Voucher Game, Dompet Digital, yang mencakup 3 produk seperti Saldo Dompet Gojek dan Top Up GoPay, dan Pembayaran, yang mencakup 13 produk seperti Tagihan Tokopedia dan PDAM.
Selain karena peningkatan, fitur ini juga dieliminasi karena menyesuaikan dengan tujuan Tokopedia.
"Penyesuaian bisnis Mitra Tokopedia ini sejalan dengan tujuan grup perusahaan Tokopedia, yaitu grup GoTo, dalam membangun bisnis yang tetap bertumbuh secara jangka panjang," ungkap Carlo.
Dalam peningkatan transaksi produk digital ada peningkatan tajam rata-rata 4x lipat untuk transaksi biaya pendidikan, internet dan TV kabel, serta E-Samsat.
Baca Juga: Tokopedia Ungkap Tren Belanja Ramadan 2023, 3 Produk Ini Laku Keras!
Saat ini Mitra Tokopedia tersebar ke lebih 700 kota dan kabupaten di Indonesia. (*)